Perawatan Gigi Untuk Ibu dan Sang Buah Hati – Bagian Ketiga

klinik gigi jakarta

Global Estetik – Saat menyusui dengan botol, anda harus mensterilkan botol dengan benar. Beberapa pengganti ASI mengandung gula dan anda harus membersihkan gigi bayi setelah diberi makan. Usahakan berhenti satu jam setelah menyusui sebelum membersihkan gigi bayi anda. Jangan sekali-kali menambahkan gula atau menaruh minuman manis ke dalam botol. Susu dan air merupakan minuman terbaik untuk gigi. Pemberian botol dengan minuman yang mengandung gula bisa menyebabkan ‘karies botol’ (dental decay). Bayi tidak dilahirkan dengan gigi manis dan hanya akan merasakan gula jika diberikan pada usia dini.

Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Penyapihan dini dari botol dapat membantu menghentikan bayi anda mengalami masalah gigi. Usahakan agar bayi anda minum susu atau air dari cangkir khusus pada saat mereka berusia sekitar 6 bulan, atau saat mereka dapat duduk dan dapat menyimpan barang sendiri.

Makanan seperti keju, pasta dan sayuran lebih baik daripada makanan manis. Makanan yang tidak mengandung gula lebih baik untuk gigi sang buah hati. Tanyakan kepada ahli kesehatan untuk mendapatkan lebih banyak saran tentang diet seimbang untuk bayi anda. Jika anak anda minum di antara waktu makan, penting untuk memberi mereka hanya air atau susu, bukan minuman manis atau asam, yang dapat menyebabkan pembusukan pada gigi susu mereka.

Kapan saya harus mulai membersihkan gigi bayi saya?

Bayi jelas tidak bisa membersihkan gigi mereka sendiri, dan anak-anak akan membutuhkan bantuan untuk memastikan mereka membersihkannya dengan sempurna sampai mereka berusia sekitar 7 tahun. Begitu gigi mulai tumbuh, anda harus mulai membersihkan gigi anak anda.

Bagaimana cara membersihkan gigi bayi saya?

Ketika gigi bayi pertama mulai muncul, anda harus mulai membersihkannya. Pada awalnya anda mungkin merasa lebih mudah menggunakan selembar kain kasa bersih atau kain yang melilit telunjuk anda. Ketika semakin banyak gigi yang muncul, anda perlu menggunakan sikat gigi khusus untuk bayi.

Baca Juga :  Apa Bisa Memerangi Lubang di Mulut dengan Minum Pil?
Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Gunakan pasta gigi berfluor dengan ukuran kacang polong dan pijat dengan lembut di sekitar gigi dan gusi. Hal ini dapat lebih mudah untuk membersihkan gigi mereka jika anda memeluk kepala bayi di pelukan anda di depan anda. Seiring bertambahnya usia anak anda, mungkin sulit melakukannya dengan cara ini, namun secara perlahan anda bisa memberi anak lebih banyak tanggung jawab untuk membersihkan gigi mereka. Penting untuk membersihkan gigi pada malam hari dan setidaknya satu kali pada siang hari, dengan pasta gigi berfluoride.

Baca Juga :  Veneer Porselen: Pilihan Terbaik dengan Perawatan Terbaik

Dapatkan saran  dokter gigi pilihan anda tentang produk yang tepat untuk digunakan dan kapan harus menyikat gigi. Tanyakan kepada dokter gigi atau dokter anda jika anda tidak yakin bagaimana cara merawat gigi bayi anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat