Perawatan Gigi Untuk Ibu dan Sang Buah Hati – Bagian Kedua

Perawatan Gigi Untuk Ibu dan Sang Buah Hati – Bagian Kedua

Global Estetik – Si buah hati akan mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan dan akan berlanjut sampai semua 20 gigi susu tumbuh. Pada usia sekitar 6 tahun, gigi permanen akan mulai muncul. Ini akan berlanjut sampai semua gigi permanen, kecuali gigi geraham bungsu yang akan tumbuh pada usia sekitar 14 tahun.

Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Perawatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Kebanyakan anak menderita rasa tidak nyaman saat proses pertumbuhan gigi. Bayi mungkin memiliki suhu tinggi saat tumbuh gigi dan pipinya mungkin terlihat merah dan menjadi hangat saat disentuh. Ada gel khusus untuk penumbuhan gigi khusus yang bisa anda gunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit. Ada beberapa yang mengandung analgesik ringan (obat penghilang rasa sakit). Anda bisa mengoleskan gel dengan jari anda, dan memijatnya dengan lembut ke gusi si buah hati.

Sebaiknya diskusikan dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum membawanya untuk pemeriksaan pertamanya, tapi anda bisa membawa bayi anda ke pemeriksaan rutin anda sendiri. Ini bisa membantu bayi untuk terbiasa dengan lingkungan sekitar. Dokter gigi akan dapat menawarkan saran dan resep obat-obatan untuk mengatasi nyeri gigi, dan dengan senang hati menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin anda miliki. Pemeriksaan bayi sendiri dapat dimulai kapan saja dari sekitar 6 bulan atau dari saat gigi mulai muncul.

Apakah menyusui mempengaruhi gigi bayi saya?

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, dan dianjurkan agar anda memberi ASI bayi anda selama enam bulan pertama kehidupannya. Pada usia enam bulan, bayi bisa mulai makan makanan padat. Anda harus tetap menyusui, atau memberi pengganti ASI (atau keduanya), setelah enam bulan pertama.

Perlu ada penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah, dalam beberapa kasus, gula alami dalam ASI menyebabkan kerusakan pada bayi. Namun, sudah diterima secara luas bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Jika gigi anda tetap bersih, kerusakan gigi tidak mungkin menjadi masalah.  Jika anak anda telah merusak giginya, segera hubungi dokter gigi anda. Gigi yang rusak seringkali akan berubah warna dari waktu ke waktu.

Bagaimana jika bayi mengisap jempolnya atau membutuhkan boneka?

Jika bisa, hindari menggunakan dummy, soother atau dot dan hentikan mengisap jempol. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada bagaimana gigi tumbuh dan berkembang. Dan ini mungkin memerlukan perawatan dengan behel saat anak bertambah tua. Jika bayi anda membutuhkan dummy, soother atau dot, ada ‘ortodontik’ yang mengurangi risiko masalah ini. Jadi jika bayi anda memang ingin menggunakan boneka, pastikan anda memilih yang ortodontik.

Jangan sekali-kali mencelupkan boneka dummy, soother, dot atau teething ke sirup buah, madu, jus buah atau apapun yang mengandung gula, terutama menjelang tidur. Gula dan asam yang berbahaya dapat menyerang gigi bayi anda yang baru terbentuk dan dapat menyebabkan pembusukan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat