Perawatan Gigi Palsu Depok

Perawatan gigi palsu depok

Perawatan gigi palsu depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Kehilangan gigi dapat membuat kita kesulitan untuk beraktivitas dan tentu saja mengurangi rasa percaya diri. Memasang gigi palsu dapat menjadi jawaban atas permasalahan gigi anda. Bila anda menggunakan gigi palsu, sangat penting untuk anda mengetahui bagaimana cara merawat gigi palsu yang benar. Jika anda tidak merawatnya dengan baik maka dapat beresiko meningkatkan gangguan kesehatan mulut lain, seperti bau mulut, sariawan, hingga penyakit gusi.

Selain itu, gigi palsu yang tidak dirawat dengan benar juga dapat menyebabkan gigi palsu tersebut rusak, longgar, tidak nyaman ketika digunakan, berubah warna, dan bau. Seperti dengan gigi asli, gigi palsu juga memerlukan perawatan. Jika tumpukan kotoran dibiarkan terus menerus, maka semakin lama bukan hanya gigi palsu yang akan rusak, namun gigi asli juga gusi, dan jaringan lain di dalam rongga mulut.

 

Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan

Perawatan gigi palsu depok – Gigi palsu yang dapat dipasang dan dilepas sendiri sering disebut dengan gigi palsu lepasan. Jenis gigi palsu ini yang sering digunakan kebanyakan orang terutama untuk usia lanjut yang memiliki masalah dengan gigi ompong. Gigi palsu lepasan ini pada umumnya terbuat dari bahan seperti plasti, logam, atau akrilik. Ada gigi palsu yang dibuat khusus untuk gigi bagian atas, bawah, ataupun kedua sisi gigi.

Jenis ini juga biasa disebut dengan gigi palsu lepas pasang. Gigi palsu lepas pasang ini adalah tiruan yang dapat dilepas dan pasang sendiri oleh penggunanya. Pada umumnya, pengguna gigi palsu ini akan dilepas sebelum tidur lalu dibersihkan dan dikenakan kembali esok paginya.

Dengan menggunakan gigi palsu, seseorang yang kehilangan giginya dapat mengunyah makanan dan berbicara dengan baik kembali. Hal ini tentu saja meningkatkan kepercayaan diri dan penampilan meningkat. Agar gigi palsu anda tetap selalu terjaga kualitas dan kebersihannya, sangat penting untuk anda mengetahui bagaimana cara merawat gigi palsu jenis ini dengan tepat.

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk merawat gigi palsu lepasan anda dengan benar:

  • Rajin menggosok gigi palsu

Menggunakan gigi palsu cenderung digunakan seharian berada didalam mulut. Akibatnya, gigi palsu ini akan rentan dengan timbunan kontoran, sisa makanan, hingga bakteri. Untuk dapat menghindari permasalahan gigi dan mulut karena gigi palsu yang kotor, selalu pastikan bahwa anda menggosok gigi setiap hari. Berbeda ketika menyikat gigi asli, anda harus melepaskan gigi palsu terlebih dahulu sebelum menyikatnya.

Untuk menggosok gigi palsu ini, anda harus menggunakan sikat gigi dengan bahan yang lembut dan tidak mengikis, supaya tekstur gigi palsu tetap terjaga. Pada umumnya, dokter gigi akan merekomendasikan pembersih khusus gigi palsu untuk menyikat giginya. Dan penting untuk anda memastikan bahwa menggunakan pasta gigi khususu, bukan pasta gigi biasa karena kandungan di dalam pasta gigi ini berbeda.

  • Membersihkan gigi palsu setelah makan

Perawatan gigi palsu depok – Setelah selesai makan, kotoran dan sisa makanan akan lebih gampang untuk menempel di permukaan gigi palsu. Inilah mengapa anda perlu membersihkan gigi palsu secepat mungkin. Anda dapat membersihkan gigi palsu setelah makan dengan membilasnya menggunakan air. Jika sisa makanan yang menempel dipermukaan gigi sudah hilang, keringkan kembali secara perlahan dengan tissue atau handuk. Kemudian gigi palsu sudah dapat digunakan kembali.

  • Merendam gigi palsu pada saat malam hari

Jika anda akan tidur di malam hari, selalu pastikan bahwa anda melepas gigi palsu anda kemudian direndam dalam segelas air atau yang mengandung cairan khusus. Merawat gigi palsu dengan cara merendam ini dijamin akan menjaga bentuk gigi palsu agar tidak berubah. 

Kemudian, jika gigi palsu digunakan terlebih dibawa tidur, dapat berbahaya bagi kesehatan mulut. Karena bakteri, virus, jamur dapat berkembangbiak di dalam mulut. Hindari menggunakan air hangat atau panas pada saat merendam gigi palsu, karena jika suhu terlalu tinggi dapat berpotensi merusak bentuk gigi palsu ini.

  • Menjaga kebersihan mulut setelah melepas gigi palsu

Tidak hanya gigi palsu yang perlu dijaga kebersihannya, kondisi mulut juga perlu dijaga kebersihannya. Gigi dan mulut yang kotor bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri untuk berkembang biak. Jika sudah begini, penggunaan gigi palsu dapat menjadi kurang maksimal karena kebersihan didalam mulut terganggu. 

Maka dari itu, tetap pastikan kebersihan rongga mulut saat gigi palsu dilepaskan. Anda dapat berkumur dengan menggonakan mouthwash serta menyikat gigi jika masih ada beberapa gigi yang asli.

  • Memeriksakan gigi secara berkala ke dokter gigi

Selain merawat gigi palsu dirumah, hal yang tidak boleh dilewatkan dan penting adalah memeriksakan ke dokter gigi. Usahakan untuk memeriksakan gigi setidaknya 6 bulan sekali agar dokter dapat memeriksa kondisi gigi palsu dan rongga mulut anda.

Jika gigi palsu sudah terasa tidak nyaman atau sakit saat sedang digunakan, anda tidak perlu untuk menunggu 6 bulan untuk memeriksa dan bisa segera mengunjungi dokter gigi.

 

Cara Merawat Gigi Palsu Jenis Implan 

Perawatan gigi palsu depok – Ada sedikit perbedaan dengan gigi palsu lepasan, ada juga jenis gigi palsu yang dapat dipasang secara permanen dalam rongga mulut anda. Implan gigi dan dental bridge merupakan perawatan gigi palsu permanen.

Berbeda dengan jenis gigi palsu lepasan, gigi palsu permanen ini tidak dapat dilepas dan pasang, karena dalam pemasangannya direkatkan menggunakan semen gigi. Ada 3 macam gigi palsu permanen yang sering digunakan yaitu implant, crown, dan bridge.

Jenis gigi tiruan yang digunakan paling sering untuk mengganti gigi geraham adalah crown dengan bahan PFM. Untuk membuat gigi tiruan gigi bagian depan, maka digunakan all porcelain dan keramik karena mempertimbankan nilai keindahan dan kekuatan tekanan saat mengunyah. 

Jenis gigi palsu ini tidak dapat dilepas dan dipasang sendiri penggunanya dirumah. Maka dari itu, prosedur perawatan ini juga berbeda dengan gigi palsu lepasan. Namun, perawatan gigi palsu permanen ini tidak jauh berbeda dengan perawatan gigi asli anda. Berikut ini tips yang dapat anda lakukan:

  • Gosok gigi sehari 2 kali.

Selain menggosok gigi, sangat penting juga untuk membersihkan sela-sela gigi dnegan dental floss satu kali sehari.

  • Mengurangi konsumsi makanan tertentu.

Ada beberapa jenis makanan yang harus anda kurangi seperti makanan dengan tekstur keras atau terlalu berserat dapat merusak gigi palsu permanen

  • Rutin memeriksakan ke dokter gigi

Selalu mengikuti jadwal kunjungan dokter gigi untuk anda dapat memastikan kondisi gigi dan fungsi gigi palsu permanen anda.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof