Global Estetik – Sebelum berjalan jauh membahas perawatan gigi ompong pada anak, para orang tua harus tahu bahwa umumnya pertumbuhan gigi yang dialami manusia terjadi sebanyak dua kali. Pertama akan tumbuh gigi susu yang mulai terjadi pada usia 6 bulan. Gigi susu tersebut akan mulai tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen ketika anak berusia 5 tahun. Tetapi pertumbuhan gigi permanen tersebut memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 1 sampai 6 bulan setelah gigi susu sudah copot. 

Perawatan Gigi Ompong Pada Anak

Ada sebagian anak yang bahkan memiliki waktu pertumbuhan gigi permanennya berlangsung tahunan. Hal tersebut akan membuat anak mengalami gigi yang ompong. Walaupun seperti itu, dokter mengatakan keadaan gigi ompong pada anak merupakan hal yang normal tidak perlu dikhawatirkan.

Yang perlu orang tua lakukan saat mengetahui gigi susu sudah mulai tanggal adalah mengingatkan anak untuk tidak boleh menarik giginya dengan paksa. Hal tersebut bisa membuat infeksi terjadi pada akar gigi. Anak hanya boleh menggoyang goyang giginya tersebut supaa bisa mempermudah penanggalan gigi susunya. Bila gigi yang akan copot mengalami nyeri maka sebaiknya orang tua harus membawa anak pergi ke dokter gigi segera.

Perawatan Gigi Ompong Pada Anak Penyebab Gigi Anak Rusakgigi anak rusak Sebetulnya cara untuk merawat gigi penuh dengan gigi ompong sebetulnya sama saja. Yaitu dengan membersihkannya dengannya rutin, paling tidak menyikatnya sebanyak dua kali sehari, [ada pagi dan malam sebelum tidur. Hal yang perlu orang tua perhatikan bila gigi permanen anak tidak kunjung muncul maka sebaiknya untuk segera pergi ke dokter gigi. Agar dokter menganalisa apa penyebab serta memberi solusi terhadap masalah tersebut.

Ketika dokter memeriksa keadaan gigi anak, dokter akan melakukan foto sinar X untuk mengetahui kelengkapan benih gigi anak. Bila masih terdapat benih gigi, maka sebaiknya orang tua menunggu sampai waktu gigi permanen tersebut muncul dan tumbuh. Tetapi bila masalah gigi ompong tersebut karena disebabkan hal lainnya misalnya gusinya yang keras. Maka dokter akan memberi sayatan kecil agar mempermudah pertumbuhan gigi permanennya.

Di atas merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anak mengalami gigi ompong yang harus diketahui para orang tua. Agar dapat selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, sebaiknya orang tua membawa si kecil untuk rutin melakukan cek kesehatan gigi pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Bila anak alami masih gigi dan mulut maka sebaiknya segera membawanya ke dokter gigi dengan cepat. Dengan begitu dokter akan memberikan solusi yang tepat untuk segala masalah yang terjadi pada gigi anak. Ingat, perawatan gigi ompong pada anak harus dilakukan secara seksama ya!

Baca Juga :  Pengaruh Vaping pada Kesehatan Gigi