Perawatan Gigi Goyang Splinting Jakarta Selatan

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan

Yuk Simak!

globalestetik.com Gigi goyang merupakan keluhan umum yang sering dirasakan oleh pasien yang biasanya dinamakan dengan penyakit periodontal. Gangguan atau kerusakan pada gigi mengakibatkan seseorang sulit dalam mengkonsumsi makanan seperti mengunyah makanan, sehingga untuk menghadapi masalah tersebut solusinya yaitu dengan pergi ke dokter gigi dan berkonsultasi dengan dokter.

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan – Gangguan gigi atau gigi goyang dapat diakibatkan oleh penurunan yang tinggi pada tulang alveolar yang memperluas jaringan periodontal yang manamerupakan kombinasi dari keduanya. Di samping itu gigi goyang merupakan masalah yang sering timbul karena perawatan gigi yang kurang baik atau karena gangguan yang mungkin terjadi pada gigi. Salah satu jenis perawatan periodontal yang dapat digunakan adalah teknik pemasangan splinting gigi untuk gigi goyang.

Pemasangan splint gigi merupakan teknik perawatan gigi yang mampu mendukung solusi penyembuhan gigi berupa alat penghubung gigi satu dengan beberapa gigi sehingga membentuk satu kesatuan. Sehingga dengan dipasangnya splinting gigi akan menguatkan gigi yang goyang terhadap gigi sekitarnya, dan dapat dilakukan secara permanen dengan melakukan restorasi atau rekonstruksi perawatan periodontal. 

Faktor apa yang menyebabkan terjadinya gigi goyang?

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan – Terjadinya gigi goyang dapat disebabkan oleh beberapa factor. Faktor- faktor yang menyebabkan gigi goyang adalah:

  • Periodontitis

Periodontitis merupakan penyakit yang menyerang struktur jaringan periodontal gigi. Gangguan pada struktur ini akan mengganggu stabilitas gigi, salah satunya ditandai dengan goyangan gigi.

  • Terjadinya penurunan yang tinggi pada tulang alveolar

Selain itu, tremor gigi juga dapat terjadi pada jaringan periodontal yang sehat, yang menyebabkan penurunan tinggi tulang alveolar dan pembesaran jaringan periodontal. Dalam terapi periodontal, splint gigi digunakan ketika level tulang alveolar berkurang dan gigi menjadi longgar agar gigi bisa digerakkan secara normal.

  • Jaringan penguat atau ligamentum periodontal yang mengalami pelebaran

  • Trauma 

  • Terjadinya infeksi

 

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan – Setelah diketahui sebab terjadinya gigi goyang seperti infeksi pada gigi dan gusi maka pengobatan dengan antibiotik dapat diberikan untuk mencegah resiko gigi goyang semakin berat. Splinting gigi yang permanen dapat digunakan untuk gigi yang beresiko mengalami kegoyangan yang terus meningkat, seperti akibat penurunan penyangga gigi. Untuk tekniknya satu orang dengan orang lain akan berbeda karena tergantung dengan dokter gigi yang merawat Anda. Dalam melakukan perawatan gigi ke dokter, dokter akan memastikan penyebab gigi yang mengalami gangguan, lalu mengevaluasi kondisi gigi Anda, serta akan memastikan perlu dilakukan tindakan splinting ataukah tidak.

Apabila ternyata Anda mengalami masalah gigi berupa gigi goyang maka akan dilakukan splinting yang bersifat sementara dengan ditunjang perawatan periodontal, bila 2 bulan tidak ada perubahan atau semakin beresiko maka dapat dapat diganti tindakan splint permanen. Untuk biaya, Anda bisa menanyakan langsung dengan dokter gigi atau asisten dokter gigi atau rumah sakit pelayanan kesehatan gigi. 

Jenis splint gigi

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan – Splint gigi mempunyai jenis yang beragam, berikut jenis-jenis splint gigi:

  • Splint gigi ekstra koroner. Teknik ini digunakan untuk mahkota luar gigi (penutup yang menutupi gigi yang rusak). Metode ini dilakukan dengan menempelkan bahan splint ke kelompok gigi dengan mengikatnya ke email, untuk membuat gigi lebih keras dan lebih stabil.  
  • Splint gigi intrakoroner. Teknik ini digunakan untuk mahkota. Tindakan yang dilakukan ialah sebuah tabung kecil dibuat di dalam gigi dan belat logam keras berbentuk khusus kemudian dimasukkan dan dilekatkan pada gigi.
  • Splint gigi permanen atau tetap. Dengan metode ini, gigi yang goyang dapat diatasi melalui direstorasi secara permanen dan gigi yang terkena dapat dimahkotai.
  • Splint gigi dengan pelindung gigitan. Jika Anda memiliki kebiasaan menggertakkan gigi dan memiliki gigi yang longgar, Anda dapat mencabutnya dan menggunakannyac.

Pemasangan splinting gigi dimaksudkan untuk digunakan hanya sebagai terapi tambahan dalam pengobatan penyakit periodontal. Sebelum splinting, penyebab pergerakan gigi atau pergerakan patologis yang terjadi harus ditentukan. Langkah pertama etiologi pergerakan gigi harus ditentukan, seperti adanya oklusi traumatis atau perkembangan penyakit periodontal atau etiologi lainnya.

Sway kemudian dievaluasi untuk menentukan apakah sway telah dikurangi sebelum melewati sprint. Namun, jika periodontiti adalah penyebabnya, peradangan harus dikontrol sebelum memutuskan untuk menggunakan splint gigi. Hal ini dikarenakan peradangan dapat menyebabkan mobilitas di bawah kondisi tekanan oklusal normal dan dukungan periodontal. Ketika gigi dipasang splint, semua gigi dalam kelompok belat berbagi kekuatan oklusal dengan semua gigi dengan beban yang sama. Kekakuan splint dan jumlah gigi yang digunakan akan menentukan proses distribusi tekanan.

Perawatan gigi goyang splinting jakarta selatan – Ada berbagai jenis splint gigi di pasaran. Berdasarkan banyak referensi, ada dua indikasi dilakukannya pemasangan splint periodontal untuk gigi yang goyang yaitu ketidaknyamanan pasien dan penurunan fungsi pengunyahan dan oklusal. Sehingga solusi yang dapat dilakukan ialah dengan pemasangan splint gigi sementara atau pemasangan splint gigi permanen.

Pemasangan splint gigi dapat dilakukan sebagai tahap pertama perawatan periodontal atau sebelum operasi. Pemasangan splint gigi yang bersifat sementara digunakan untuk mengurangi trauma selama perawatan. Lalu pemasangan splint gigi yang bersifat permanen digunakan untuk gigi yang cenderung mengalami peningkatan mobilitas atau gerakan yang menyebabkan kelonggaran gigi.  Kemudian splint gigi unilateral merupakan metode pemasangan splint gigi yang dilakukan dengan metode membentangkan belat di dua atau lebih gigi di satu sisi rahang.

Pemasangan splint ini tujuan utamanya untuk menahan tekanan mesiodistal. Selanjutnya splint gigi bilateral dilakukan dengan metode memasang splint dua atau lebih segmen lengkung dan dapat menahan tekanan dari segala arah. Terakhir splint permanen cekat internal adalah splint permanen yang paling efektif dan tahan lama. Splint ini menggunakan metode menggabungkan dari restorasi yang sifatnya kaku dan direkatkan melalui proses penyemenan.

Splint permanen cekat internal bentuknya ada yang beberapa mahkota, tatahan dan mahkota. Jumlah gigi yang diperlukan untuk menstabilkan gigi yang goyang tergantung pada derajat dan arah gigi yang goyang. Jumlah gigi tetap yang termasuk dalam splint tergantung pada kondisi pasien. Namun, pemasangan splint ggigi akan mempersulit prosedur pembersihan mulut pada pengguna. Sehingga untuk memastikan splint dapat bertahan secara berkesinambungan maka, pasien harus menjaga kebersihan gigi dan menjaga kesehatan mulut setelah memakai gigi tiruan.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640 

Telpon Klinik :  085813313640 

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2 

 

Penulis oleh Drg Arnof