PERAWATAN ACNE FACIAL

globalestetik.com – Wajah terlihat bersih dengan berbagai cara. Salah satu perawatan yang paling banyak dipilih adalah facial. Namun, perawatan wajah untuk kulit berjerawat memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Ada yang mengatakan perawatan jerawat wajah baik-baik saja, yang lain mengatakan itu suatu keharusan. Untuk mempelajari lebih lanjut, sekarang saya akan menjawab kekhawatiran Anda tentang kacamata medis untuk jerawat di wajah.

Perawatan facial wajah merupakan salah satu perawatan kulit yang paling umum dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Manfaat perawatan ini dipercaya ampuh untuk mencegah masalah kulit tertentu seperti jerawat dan komedo. Namun, Anda harus tahu apa yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah facial untuk menghindari risiko efek samping.

Perawatan Acne Facial

Perawatan Acne Facial

Facial Wajah

Perawatan Acne Facial – Perawatan facial wajah sangat bervariasi dan bergantung pada masing-masing klinik kecantikan yang Anda kunjungi. Pada umumnya bahan-bahan yang digunakan dalam perawatan wajah disesuaikan dengan jenis kulit. Pada kasus kulit berjerawat misalnya, perawatan wajah bisa dipadukan dengan chemical peeling asam salisilat.

Perawatan wajah biasanya dimulai dengan pembersihan wajah, steaming kulit, pengangkatan sel kulit mati dan komedo, pemijatan dan pengaplikasian masker. Langkah ini tentunya disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan kulit masing-masing. Perawatan wajah sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, perawatan wajah bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Namun frekuensi perawatan wajah dapat dilakukan sesuai dengan masalah kulit yang Anda miliki. Misalnya, jika kulit Anda terlihat keruh, banyak komedo, atau hiperpigmentasi, segera lakukan facial. Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, perawatan ini wajib dilakukan. Memang banyak cara tradisional untuk mengatasi masalah jerawat, namun jika semakin parah dan ingin lebih praktis, tidak ada salahnya mencoba perawatan wajah berjerawat ini.

Jenis facial ini tentunya berbeda dengan facial biasa karena teknik pemijatan dihindari pada facial berjerawat. Dalam perawatan wajah berjerawat, fokusnya adalah mengangkat sel kulit mati menggunakan metode pengelupasan asam glikolat. Setelah itu muncul metode untuk membersihkan komedo dan pori-pori pada wajah .

 

Manfaat Facial untuk Kulit Yang Berjerawat

Perawatan Acne Facial – Perawatan facial wajah ini untuk kulit berjerawat sebenarnya memiliki banyak manfaat. Hal ini dikarenakan proses pengangkatan (penghilangan) komedo saat facial dapat mengurangi resiko munculnya jerawat komedo baru di wajah Anda. Mengoleskan masker di akhir perawatan juga membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Facial tidak dianjurkan hanya karena jerawat sedang meradang karena dapat menyebabkan peradangan dan flek pada kulit wajah.

Perawatan facial wajah biasanya dilakukan untuk membersihkan kulit lebih dalam dengan menghilangkan komedo dan sel kulit mati yang terbentuk di permukaan. Jadi, jika penyebab jerawat di wajah adalah faktor hormonal dan penyebab lainnya, perawatan wajah berjerawat akan kurang efektif. Selain itu efek pada wajah bersifat sementara, sehingga harus diulang bila perlu.

 

Pahami Dulu Jenis Bekas Jerawat

Perawatan Acne Facial – Ada bekas jerawat yang perlu diketahui dari artikel Daily Health. Beberapa bersifat permanen dan dapat hilang seiring waktu, termasuk:

  • Noda atau makula Ini adalah titik merah datar tempat bekas jerawat. Mereka bertahan selama beberapa minggu dan pergi dengan sendirinya.
  • Perubahan pada warna kulit. Terkadang bekas jerawat membuat kulit berubah warna, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi. Perubahan warna kulit dapat terlihat beberapa bulan setelah lesi jerawat sembuh.
  • jaringan parut. Beberapa jenis jerawat yang sulit hilang dapat meninggalkan bekas luka yang terlihat seperti pertumbuhan jaringan yang membesar dan terangkat. Bekas jerawat ini bisa disebut sebagai keloid atau bekas luka hipertrofik dan disebabkan oleh produksi kolagen yang berlebihan di kulit.
  • Masalah kehilangan jaringan  yang lebih umum daripada jaringan parut adalah bekas jerawat, yang diakibatkan oleh hilangnya jaringan. Bekas jerawat ini disebut bekas luka pemecah es, bekas luka fibrotik tertekan, bekas luka lunak, atrofi makula atau atrofi makula folikel. Mereka biasanya tampak cekung dan terlihat seperti lubang di kulit.

 

Jenis Treatment Atasi Bekas Jerawat

Perawatan Acne Facial – Mengambil tindakan khusus untuk mengobati bekas jerawat adalah pilihan Anda sendiri, jadi dokter Anda tidak akan memaksa Anda untuk melakukannya. Banyak orang memilih prosedur ini karena merupakan prosedur khusus yang dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Pastikan Anda memeriksakannya terlebih dahulu ke rumah sakit dan mendiskusikannya dengan dokter kulit sebelum melakukan tindakan apapun. Perawatan berikut dapat dilakukan:

  • Perawatan Dermabrasi. Perawatan penghilangan bekas luka ini efektif dan menggunakan sikat cepat atau alat lain untuk melapisi kembali kulit dan menghilangkan atau mengurangi kedalaman bekas luka. Anda biasanya memerlukan beberapa hari untuk pulih dari prosedur ini.
  • Perawatan Mikrodermabrasi. Untuk jenis dermabrasi yang tidak terlalu intens, alih-alih menggunakan sikat cepat, dokter kulit menggunakan semprotan yang mengandung kristal halus untuk menghilangkan kulit superfisial. Mungkin diperlukan lebih dari satu perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat sepenuhnya.
  • Perawatan Pengelupasan kimiawi atau chemical peels. Ini dapat mengurangi bekas jerawat superfisial dan hiperpigmentasi pasca inflamasi di sekitar lesi jerawat yang sembuh. Pengelupasan ini dapat dilakukan oleh dokter, perawat, atau ahli kecantikan medis dan melibatkan penggunaan bahan kimia pada kulit untuk menghilangkan lapisan luarnya. Kulit kemudian memiliki warna yang lebih halus dan lebih merata. Anda mungkin juga melihat kemerahan dan penskalaan selama beberapa hari.
  • Perawatan yang menggunakan Asam retinoat. Beberapa bekas luka tidak boleh diobati dengan perawatan penghilangan bekas luka jerawat konvensional. Sebaliknya, krim asam retinoat yang dioleskan langsung ke bekas luka dapat membantu mengurangi tampilannya, terutama pada kasus bekas luka keloid.
  • Perawatan dengan Laser. Dokter kulit dapat menggunakan laser untuk menghilangkan kontur lapisan luar kulit, terutama area dengan bekas jerawat. Laser dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan di sekitar lesi jerawat yang sembuh. Tergantung pada jenis bekas jerawat, laser yang berbeda digunakan. Lebih dari satu perawatan laser biasanya diperlukan.
  • Penyuntikan Filler atau Tambalan. Zat seperti kolagen, asam hialuronat atau lemak dapat digunakan untuk “mengisi” bekas jerawat jenis tertentu, terutama yang menyebabkan kulit melemah. Karena pengisi kemudian diserap ke dalam kulit, Anda perlu mengulangi suntikan pengisi ini. Biasanya setiap beberapa bulan sekali tergantung jenis produk yang digunakan.
  • Perawatan Punch Excixions atau Operasi penindikan. Jenis operasi kulit ini menghilangkan bekas jerawat dengan cara menoreh atau memotong bekas luka satu per satu. Lubang yang ditinggalkan dengan menggunakan sayatan ini dapat diperbaiki dengan jahitan/cangkok kulit. Teknik ini sering digunakan untuk mengobati bekas jerawat yang tidak merata.  
  • Perawatan dengan Cangkok kulit. Dalam cangkok kulit, dokter menggunakan sepotong kecil kulit normal untuk mengisi area kulit yang terluka. Cangkok kulit biasanya diambil dari kulit di belakang telinga. Teknik ini juga bisa digunakan saat perawatan penghilangan bekas jerawat seperti:  Dermabrasi, meninggalkan lubang besar di kulit.

 

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584