Global Estetik – Minum segelas air dingin atau menikmati sajian es krim adalah cara yang menyegarkan untuk menikmati waktu liburan, sampai kontak dengan makanan dan minuman dingin itu menyebabkan rasa sakit yang menusuk dan berdenyut yang membuat gigi Anda sakit. Ada banyak penyebab sakit gigi. Hanya dokter gigi yang dapat menentukan apakah masalahnya disebabkan oleh gigi sensitif, rongga, atau sesuatu yang lebih luas seperti abses atau infeksi. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari timbulnya masalah sakit gigi:

Rongga Gigi

Penyebab Umum Sakit Gigi- Global Estetik Dental Care

Penyebab Umum Sakit Gigi- Global Estetik Dental Care

Kerusakan gigi adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri gigi. Rongga dapat menyebabkan kepekaan terhadap makanan panas atau dingin. Sementara pasta gigi untuk gigi sensitif dapat membantu, jika rasa sakit berlanjut, Anda mungkin memiliki pembusukan yang dalam yang telah menyebar ke pulpa gigi. Bicaralah dengan dokter gigi Anda dan pertahankan jadwal rutin untuk kunjungan ke dokter gigi.

Gigi Sensitif

Gigi yang sensitif terhadap makanan panas dan dingin mungkin memiliki kerusakan gigi, email gigi yang aus, atau akar yang terbuka. Ketika lapisan pelindung gigi dari email terkikis, dentin (jaringan tulang gigi) akan rentan dan membuat gigi menjadi sensitif.

Gigi yang Retak

Rasa sakit yang tajam dan menyengat (kadang-kadang digambarkan sebagai “sengatan listrik”) bisa menunjukkan gigi yang retak atau sumbing. Gigi retak disebabkan oleh kecelakaan, cedera atau dari mengunyah benda-benda keras seperti es. Kunjungi dokter gigi Anda untuk bantuan seputar cedera gigi tersebut.

Tambalan yang Longgar

Rasa sakit yang tajam ketika menggigit makanan dapat menunjukkan pengapuran yang longgar dan ini juga dapat menyebabkan sakit gigi yang parah.

Infeksi/Abses

Penyebab Umum Sakit Gigi- Global Estetik Dental Care

Penyebab Umum Sakit Gigi- Global Estetik Dental Care

Ketika akar gigi terinfeksi, ia dapat mengembangkan abses. Ini bisa menyebabkan gigi terasa “panas” karena peradangan yang mengganggu syaraf. Tergantung pada tingkat kerusakan, saluran akar mungkin diperlukan untuk memperbaiki gigi. Infeksi yang tidak diobati dapat menjadi serius jika menyebar ke tulang rahang atau jaringan lainnya.

Bruxism

Bruxism adalah istilah medis untuk menggertakkan gigi. Banyak orang dewasa yang menggertakkan giginya ketika mereka tidur, menyebabkan sakit di rahang dan gigi atas. Bruxism dapat mengiskis enamel gigi, yang dapat menyebabkan gigi berlubang atau retak. Dokter gigi dapat membuat pelindung mulut khusus untuk melindungi gigi pasien bruxism saat tidur.

Dengan mengetahui masalah-masalah umum yang membuat gigi Anda sakit, Anda dapat mengambil tindakan yang cocok, salah satunya dengan mengunjungi dokter gigi.