Penyebab Munculnya Mucocele pada Area Mulut

Penyebab Munculnya Mucocele

Penyebab Munculnya Mucocele pada Area Mulut

Global Estetik – Salah satu hal yang selalu diperingatkan dokter kepada pasien adalah tentang munculnya benjolan baru dan tidak jelas atau pembengkakan. Dan jika Anda atau anak Anda menderita mucocele, Anda harus memeriksakannya ke dokter gigi karena penyebab munculnya mucocele biasanya akan beragam.

Kemungkinannya adalah masalah ini mungkin adalah kista yang tidak berbahaya yang dikenal sebagai mucocele, tetapi paling aman untuk mengakses perawatan gigi umum untuk memastikannya. Dalam nada yang sama, jika Anda mengunjungi ahli kesehatan gigi secara teratur maka kemungkinannya adalah benjolan tersebut akan terlihat dari  awal.

Penyebab Muncuknya Mucocele

Untuk memahami apa yang menyebabkan mucocele, pertama-tama Anda harus memahami aksi kelenjar ludah di mulut. Air liur adalah komponen yang sangat penting, karena ia bertindak sebagai semacam obat kumur alami, membantu menjaga lidah, gigi gusi dan jaringan lunak dilumasi dan membilas zat berbahaya seperti partikel makanan dan bakteri.

Tiga kelenjar air liur ini diposisikan di sekitar mulut dan mengirimkan air liur melalui tabung kecil yang dikenal sebagai tube dan saluran ini dapat menjadi tersumbat atau rusak, terutama jika Anda memiliki kebiasaan menggigit pipi atau bibir bawah Anda. Tabrakan yang tidak disengaja pada wajah juga bisa merusak saluran air liur dan begitu telah rusak atau tersumbat, lendir dapat berkumpul dan membentuk benjolan padat.

View this post on Instagram

Sebelumnya kamu masih ingatkan mucocele itu apa? Mucocele merupakan penyakit dimana terjadi penyumbatan pada saluran air liur yang terletak di bibir ataupun mulut yang menyebabkan terjadinya pengumpulan cairan. Nah berikut penyebabnya . . . . . #mucocele #sariawan #benjolan #gigipalsulepasan #gigipalsu #gigipalsupermanen #gigipalsujakarta #dirumahaja #kawatgigi #ortho #braces #behelgigijakarta #behelgigibandung #behelgigidepok #behelgigi #doktergigijakarta #doktergigijakartaselatan #doktergigijakael #doktergigijakartatimur #doktergigijaktim #doktergigijakartabarat #doktergigijakbar #doktergigidepok #doktergigibandung #doktergigibogor #klinikgigijakarta #klinikgigidepok #klinikgigibandung #klinikgigijakartaselatan #klinikgigijakartatimur

A post shared by Globalestetik.com (@globalestetikdentalcare) on

Mucoceles biasanya muncul di gusi, atap mulut, di bawah lidah atau di dalam bibir bawah. Penyebab munculnya Mucocele yang tumbuh di lantai mulut disebut ranula dan jarang tetapi, karena akan lebih besar, mucocele ini dapat menghambat bicara, menelan dan makan. Kebanyakan mucoceles biasanya akan menunjukkan karakteristik berikut:

  1. Tidak sakit dan bisa digerakkan
  2. Berbentuk kubah, lembut dan bulat
  3. Warnanya semi-transparan, mutiara atau kebiru-biruan
  4. Ukurannya berkisar dari 2 hingga 10 milimeter
Perawatan dari Penyebab Munculnya Mucocele

Berita baiknya adalah bahwa Mucoceles akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun, kadang-kadang, mereka akan membengkak dan menjadi lebih besar dan sangat penting bahwa pasien tidak mencoba untuk membuka atau mengobati mucocele ini sendiri, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi. Alangkah lebih baiknya menunggu analisa dokter tentang penyebab munculnya mucocele.

Jika Anda menemukan mucocele, pastikan ntuk berkonsultasi dengan dokter gigi di Global Estetik segera. Perawatan dari masalah ini biasanya melibatkan salah satu dari dua pendekatan berikut:

Mengangkat kelenjar air liur
Dokter gigi akan mematikan rasa di daerah tersebut menggunakan anestesi lokal dan kemudian menggunakan pisau bedah atau laser untuk mengangkat kelenjar tersebut.

Membentuk saluran air liur baru
Ini adalah teknik yang sedikit lebih kompleks yang dikenal sebagai marsupialisasi, dan melibatkan beberapa tahap:

  • Dokter gigi akan mendisinfeksi area yang dirawat
  • Menususk tembus melalui mucocele dan mengikat simpul di dalamnya
  • Memeras air liur
  • Setelah seminggu, jahitan akan dilepas

Pastikan untuk selalu berkonsultasi pada ahlinya dan mengetahi penyebab munculnya mucocele sebelum gegabah mengambil tindakan. Kunjungi klinik Global Estetik untuk informasi lebih lengkap.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat