5 Alasan Dibalik Penyebab Gigi Sensitif

dokter gigi bandung Penyebab Gigi Sensitif

5 Alasan Dibalik Penyebab Gigi Sensitif

Global Estetik – Gigi menjadi sensitif dan ngilu, dikarenakan terkikisnya lapisan email sehingga menyebabkan lapisan di dalamnya terbuka dan terkontaminasi. Selain itu dapat juga disebabkan karena permukaan akar gigi yang terbuka, yang seharusnya tertutup gusi.

Akar gigi merupakan bagian yang sangat sensitif seperti halnya dentin. Karena didalamnya terdapat ribuan saraf kecil yang terhubung dengan saraf pusat gigi. Maka dari itu, sedikit saja terkena paparan baik itu panas atau dingin dapat menimbulkan rasa ngilu. Bahkan terkena hebusan angin saja akan menimbulkan rasa ngilu. Selain itu penyebab gigi sensitif diantaranya adalah:

Penyebab Gigi Sensitif
  • Gigi yang berlubang. Gigi yang memilki lubang sedalam dentin atau sudah mencapai permukaan dentin akan menyebabkan rasa ngilu.
  • Menyikat Gigi Terlalu Keras. Kebiasaan menyikat gigi yang salah sangat berpengaruh bagi kesehatan gigi dan gusi. Apalagi menyikat gigi dengan tekanan yang kuat, akan menyebabkan permukaan gusi menipis dan menghilang, sehingga menyebabkan terbukanya permukaan akar gigi.

penyebab gigi sensitif

  • Penumpukan Plak dan Karang Gigi. Plak dan karang gigi yang menempel dapat juga menyebabkan gusi tidak lagi menutupi permukaan akar gigi, karena tempatnya diambil alih oleh plak dan karang gigi tersebut.
  • Peradangan Gusi. Peradangan gusi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya plak dan karang gigi tadi. Gusi yang meradang akan kehilangan perlekatannya pada gigi, sehingga permukaan akar gigi menjadi terbuka.
  • Efek Samping dari Bleaching. Salah satu teknik bleaching yang sering diterapkan adalah dengan cara mengikis permukaan email dan diberi cairan pelapisan agar terlihat lebih putih dan mengkilat. Permukaan email yang terkikis, lama kelamaan akan semakin menipis sehingga menyebabkan terbukanya lapisan dentin.

Itulah beberapa penyebab gigi sensitif yang umumnya terjadi pada penderita gigi sensitif. Yang kebanyakan terjadi pada orang tua, dengan pola kebersihan mulut (oral hygiene) yang dari awal salah. Maka dari itu rawatlah dengan baik kesehatan mulut. Di postingan berikutnya saya akan menjelaskan cara yang tepat menjaga oral hygiene.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat