Global Estetik – Penyebab gigi berlubang anak ada banyak macamnya. Gigi berlubang disebabkan oleh infeksi bakteri secara terus-menerus. Jika gigi berlubang anak berlangsung lama, maka proses pembusukan ini akan sangat berefek pada nafsu makan anak sebab anak akan sangat sulit menguyah dan membuat mereka kesakitan saat makan.

Secara tidak langsung anak dengan gigi berlubang akan mengalami masalah gizi yang pada akhirnya menggangu tumbuh kembangnya. Ada beberap faktor penyebab gigi berlubang anak dan berikut tips cara mengatasinya.

Penyebab Gigi Berlubang Anak

Inilah beberapa faktor penyebab gigi berlubang anak yang perlu diperhatikan pada orang tua:

Malas untuk menyikat gigi. anak-anak memang belum terbiasa untuk sikat gigi, tapi bukan berarti para orang tua perlu membiarkan gigi mereka tidak dibersihkan. Untuk yang satu ini orang tua harus mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi anak dengan benar, membiasakan, dan memberi pengertian akan dampak buruk jika tidak menyikat gigi.

Baca Juga :  Udah Rajin Sikat Gigi Kok Gigi Saya Masih Sensitif ya?

https://www.instagram.com/p/CB5IRk5Au9s/

Makan makanan manis dan lengket yang berlebihan. Faktor ini bisa menjadi penyebab utama gigi berlubang pada anak-anak, karena anak-anak memang sangat suka dengan makanan manis. Jika orang tua tidak mengawasi makanan mereka, maka akibatnya akan membuat gigi anak-anak akan berlubang.

Tidur setelah makan. Faktor ini tidak akan menjadi masalah jika sebelum tidur anak-anak dibiasakan untuk menyikat giginya, tetapi jika tidak maka faktor ini akan menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Perlu diketahui, setelah makan kondisi mulut akan bersifat asam, sehingga membutuhkan air liur yang banyak untuk menetralisir kondisi asam tersebut. Pada saat tidur, air liur yang diproduksi oleh mulut tidak terlalu banyak.

Baca Juga :  Menjaga Dental Implant untuk Jangka Waktu yang Lama

Waktu menyikat gigi yang tidak tepat. Kebiasaan kita adalah menyikat gigi saat mandi, baik itu mandi pagi atau sore. Biasanya pada saat mandi sore, anak-anak dibiasakan menyikat gigi mereka, padahal mereka belum makan malam, dan biasanya orang tua juga tidak menyuruh anak-anak mereka untuk mnyikat gigi mereka kembali setelah makan. Yang terjadi adalah sisa makanan akan tetap menempel pada gigi, dan kuman akan berkembang dengan mudah.

Oleh karenanya hindarilah hal-hal yang menyebabkan kerusakan pada gigi anak untuk memimalisir masalah di kemudian harinya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi klinik Global Estetik ya!