Global Estetik – Orang tua perlu menyadari bahwa masalah gigi timbul beriringan dengan tumbuhnya gigi. Hal yang menjadi penyebab gigi anak rusak adalah yang penting untuk diperhatikan orang tua. Jadi sejak si kecil memiliki gigi maka sejak itu para orang tua harus merawat dan menjaga gigi si kecil dengan penerapan kebiasaan baik dan juga mencegah makanan yang dimakannya untuk merusak gigi.

Perawatan gigi sedini mungkin adalah hal yang perlu dilakukan oleh orang tua. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi yang sering terjadi pada anak-anak. Memperkenalkan dokter gigi kepada si kecil sejak dini dapat membantu mengatasi masalah yang sering timbul seputar giginya. Bila gigi si kecil sudah terawat dengan baik, maka gigi mereka niscaya akan terlihat sehat dan bebas masalah ketika mereka beranjak dewasa.

Penyebab Gigi Anak Rusak Tanpa Kropos dan Berlubang

Kerusakan gigi terjadi akibat perawatan yang tidak tepat. Gigi yang tidak dibersihkan, lama-lama akan ditutupi lapisan yang disebut plak. Kondisi ini bisa diperparah jika si kecil sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Sebab, bakteri yang terdapat pada plak akan bereaksi dengan gula dan tepung, kemudian akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan pelindung gigi, kondisi ini tentunya hanya akan berakhir pada satu hal: gigi yang rusak.

Baca Juga :  Tips Menyikat Gigi ala Dokter Gigi - Part 2

https://www.instagram.com/p/CCu3TyBgwbs/

Penyebab Gigi Anak Rusak dan Keropos

Anda pasti pernah melihat anak kecil dengan gigi yang hitam dan bahkan keropos. Tak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia pun para dokter gigi melihat kenaikan jumlah kasus gigi rusak pada bayi dengan usia 12 bulan atau lebih. Selain gigi berlubang, banyak juga kasus kerusakan email gigi pada anak-anak.

Email adalah lapisan luar yang melindungi gigi. Ada anak-anak yang emailnya kurang bagus sehingga mereka lebih rentan mengalami gigi sensitif dan gigi berlubang. Masalah pada lapisan email gigi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misal: penyakit yang diderita dan obat yang dikonsumsi saat mengandung, kelahiran prematur, atau penyakit yang diderita saat bayi.

Baca Juga :  Penyebab Gigi Berlubang Anak dan Tips Mengatasinya

Namun penyebab paling sering dari kerusakan gigi pada bayi adalah pemberian susu dengan botol, baik itu susu formula maupun ASI. Kedua jenis susu tersebut sama-sama mengandung laktosa, satu jenis gula yang bersama plak gigi akan menyebabkan pengikisan lapisan email hingga akhirnya menjadi penyebab gigi anak rusak dan berlubang.

Hal ini akan terjadi jika Anda para orang tua sering membiarkan anak tidur sambil minum susu dengan botol. Meningkatnya konsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi seperti sari buah juga berperan dalam menjadi penyebab gigi anak rusak.

Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi di Global Estetik untuk mendapatkan manfaat perawatan kedokteran gigi anak. Hubungi via WA yang tertera di situs ya!