Penyebab Dibaliknya Munculnya Rasa Metalik di Mulut – Part 3

Global Estetik – Munculnya rasa logam atau metalik di mulut anda adalah sejenis kelainan rasa yang dikenal secara medis sebagai parageusia. Rasa tidak sedap ini bisa berkembang secara tiba-tiba atau dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk memahami apa yang menyebabkan masalah ini, anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana indra perasa bekerja.

Indra perasa anda dikendalikan oleh selera dan neuron sensoris penciuman. Neuron sensorik penciuman bertanggung jawab atas indra penciuman anda. Akhiran saraf akan mentransfer informasi dari citarasa selera dan neuron sensorik pencium ke otak, yang kemudian mengidentifikasi rasa secara spesifik. Banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem yang kompleks ini dan, pada gilirannya, menyebabkan sensasi logam di mulut. Simak terus artikel ini dan kunjungi part sebelumnya untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab dibalik munculnya distorsi rasa ini.

Haruskah ke Dokter ?

Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Sensasi munculnya rasa logam di mulut Anda akan sering hilang begitu penyebabnya telah diobati, terutama jika penyebabnya bersifat sementara. Anda harus segeera menghubungi dokter pilihan anda jika rasa tidak enak itu tetap ada. Dokter nantinya akan sering mengarahkan pasiennya ke ahli otolaringologi, yang juga dikenal sebagai dokter telinga, hidung, dan tenggorokan. Ahli otolaringologi mungkin akan menganjurkan tes rasa untuk membantu menentukan penyebab dan tingkat kelainan rasa. Uji rasa mengukur respons seseorang terhadap bahan kimia yang berbeda. Dokter juga mungkin juga meminta anda melakukan studi pencitraan untuk melihat kondisi sinus anda.

Baca Juga :  Operasi Pencabutan Gigi Geraham Bungsu [Bagian Ketiga]

Kehilangan rasa bisa menjadi masalah serius. Rasa sangat penting untuk mengidentifikasi makanan. Rasa juga membantu anda merasa kenyang setelah makan. Distorsi pada indra perasa bisa menyebabkan malnutrisi, penurunan berat badan, penambahan berat badan, atau depresi. Bagi orang yang harus tetap berpegang pada diet tertentu, seperti diabetes, terdistorsinya indra perasa bisa membuatnya menantang untuk memakan makanan yang tidak dibutuhkan. Ini juga bisa menjadi tanda peringatan bagi beberapa penyakit, termasuk penyakit Parkinson atau Alzheimer.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Para Atlet

Pencegahan

Sayangnya, seringkali hanya sedikit yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya sensasi rasa logam di mulut. Jika masalah sinus harus disalahkan, distorsi rasa akan hilang begitu masalah sinus itu sembuh. Jika distorsi rasa disebabkan oleh pengobatan, bicarakan dengan dokter anda tentang pilihan alternatif untuk obat tersebut.

Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Menemukan cara untuk menutupi rasa logam dapat membantu saat anda menunggunya hilang, terutama jika ini disebabkan oleh kemoterapi, kehamilan, atau perawatan jangka panjang lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan sementara distorsi rasa:

  1. Kunyah permen karet bebas gula atau permen
  2. Sikat gigi anda setelah makan
  3. Coba dengan makanan, bumbu, dan bumbu yang berbeda
  4. Gunakan piring nonmetalik, peralatan masak, dan peralatan makan
  5. Minum banyak air
  6. Hindari merokok

Ada juga obat yang bisa meningkatkan rasa setelah perkembangan parosmia (distorsi bau) atau operasi telinga. Bicarakan opsi ini dengan dokter pilihan anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengambilan pilihan ini.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat