Penyebab Dibaliknya Munculnya Rasa Metalik di Mulut – Part 2

Penyebab Dibaliknya Munculnya Rasa Metalik di Mulut – Part 2

Global Estetik – Munculnya rasa logam atau metalik di mulut anda adalah sejenis kelainan rasa yang dikenal secara medis sebagai parageusia. Rasa tidak sedap ini bisa berkembang secara tiba-tiba atau dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk memahami apa yang menyebabkan masalah ini, anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana indra perasa bekerja.

Indra perasa anda dikendalikan oleh selera dan neuron sensoris penciuman. Neuron sensorik penciuman bertanggung jawab atas indra penciuman anda. Akhiran saraf akan mentransfer informasi dari citarasa selera dan neuron sensorik pencium ke otak, yang kemudian mengidentifikasi rasa secara spesifik. Banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem yang kompleks ini dan, pada gilirannya, menyebabkan sensasi logam di mulut. Simak terus artikel ini dan kunjungi part sebelumnya untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab dibalik munculnya distorsi rasa ini.

Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Masalah pada Sistem Saraf

Sistem saraf anda mengirim pesan ke seluruh tubuh, termasuk pesan tentang rasa. Gangguan atau cedera pada sistem sarag, seperti stroke atau Bell’s palsy, dapat mendistorsi pesan ini. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan atau terdistorsinya indra perasa.

 

Alergi makanan

Rasa logam juga telah diidentifikasi sebagai gejala beberapa alergi makanan. Jika anda mengalami sensasi rasa yang terdistorsi setelah memakan beberapa jenis makanan, seperti kerang atau kacang pohon, anda mungkin memiliki masalah dengan alergi makanan. Bicaralah dengan dokter pilihan anda jika anda yakin penyebab masalah ini adalah alergi makanan.

Bedah Telinga

Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Bagian tengah telinga dan operasi tabung telinga sering dilakukan karena infeksi telinga kronis, atau otitis media. Kadang-kadang, chorda tympani, struktur yang berada dekat dengan telinga bagian dalam yang mengendalikan rasa di belakang dua pertiga lidah, dapat rusak saat proses operasi. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya distorsi raasa atau parageusia. Satu studi kasus menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam indra perasa dengan manajemen pengobatan.

Kesehatan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menyebabkan masalah dengan disfungsi rasa. Pembersihan gigi teratur dan pengisian rongga bisa mengurangi risiko anda terkena masalah ini.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat