Penyebab Dibaliknya Munculnya Rasa Metalik di Mulut – Part 1

Penyebab Dibaliknya Munculnya Rasa Metalik di Mulut – Part 1

Global Estetik – Munculnya rasa logam atau metalik di mulut anda adalah sejenis kelainan rasa yang dikenal secara medis sebagai parageusia. Rasa tidak sedap ini bisa berkembang secara tiba-tiba atau dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk memahami apa yang menyebabkan masalah ini, anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana indra perasa bekerja.

Indra perasa anda dikendalikan oleh selera dan neuron sensoris penciuman. Neuron sensorik penciuman bertanggung jawab atas indra penciuman anda. Akhiran saraf akan mentransfer informasi dari citarasa selera dan neuron sensorik pencium ke otak, yang kemudian mengidentifikasi rasa secara spesifik. Banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem yang kompleks ini dan, pada gilirannya, menyebabkan sensasi logam di mulut.

Penyebab
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Penggunaan Obat

Ada banyak kemungkinan penyebab timbulnya sensasi rasa logam di mulut. Sensasi rasa yang menyimpang ini adalah efek samping yang umum dari obat tertentu. Obat-obatan ini meliputi:

  1. Antibiotik, seperti klaritromisin (Biaxin) atau metronidazol (Flagyl)
  2. Obat tekanan darah, seperti captopril (capoten)
  3. Pengobatan glaukoma, seperti methazolamide (Neptazane)
  4. Obat osteoporosis

Sinus

Indra perasa anda juga terkait erat dengan indera penciuman. Bila indera penciuman anda terdistorsi, itu bisa berdampak pada masalah dibagian yang lainnya. Masalah seperti sinus adalah penyebab umum munculnya rasa logam di mulut. Masalah sinus bisa disebabkan oleh:

  • Alergi
  • Flu biasa
  • Infeksi sinus
  • Infeksi saluran pernafasan bagian atas lainnya

Radiasi

Menurut American Cancer Society, beberapa jenis kemoterapi dan radiasi dapat menyebabkan munculnya sensasi logam. Efek samping ini kadang-kadang disebut “mulut kemo.” Studi menunjukkan bahwa suplemen vitamin tertentu, seperti vitamin D atau zinc, dapat membantu mencegah distorsi rasa pada pasien yang tengah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi. Hal ini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin tertentu mungkin merupakan penyumbang distorsi pada indra perasa tersebut.

Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care
Munculnya Rasa Metalik di Mulut- Global Estetik Dental Care

Kehamilan

Beberapa wanita hamil melaporkan bahwa mereka juga acapkali merasakan sensasi logam, terutama di awal masa kehamilan mereka. Penyebabnya tidak diketahui, namun beberapa percaya hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang dialami pada awal kehamilan. Yang lain telah dikaitkan dengan peningkatan indera penciuman, gejala yang umumnya terkait dengan kehamilan, sebagai penyebabnya.

 

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat