Penyakit yang Rentan Dialami Jika Tubuh Kekurangan Serat

Penyakit yang Rentan Dialami Jika Tubuh Kekurangan Serat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita harus mengonsumsi makanan yang seimbang antara kandungan gizi, serat dan vitaminnya. Jika terdapat salah satu kebutuhan yang tidak tercukupi maka dapat membuat tubuh tidak berfungsi sempurna dan membuat tubuh rentan terkena berbagai jenis penyakit. Misalnya ketika tubuh mengalami kekurangan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah tubuh dari berbagai penyakit dan membantu kerja bakteri baik di dalam usus. Selain manfaat tersebut, berikut berbagai penyakit yang mengintai jika tubuh kekurangan serat.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung dan kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat. Perlu diketahui, makanan yang mengandung serat dapat membantu menjaga fungsi tubuh berjalan dengan baik dan menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat larut, maka pengosongan perut akan berlangsung lebih lama sehingga seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang juga dapat membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah sehingga menurunkan risiko tubuh mengalami berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Diabetes

Penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menyebutkan jika mengonsumsi serat larut sebesar 50 gram setiap harinya bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah yang terdapat dalam tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat menurunkan risiko seseorang mengalami diabetes. Sebaliknya jika asupan serat dalam tubuh tidak mencukupi, maka tubuh rentan terkena diabetes.

Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah suatu kondisi seseorang sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas atau bahkan tidak bisa sama sekali. Konstipasi atau sembelit ini disebabkan karena asupan serat yang ada di dalam tubuh tidak mencukupi. Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti alpukat, apel dan pir.

Selain buah dan sayur, makanan yang kaya serat dapat Anda temukan pada jenis makanan lainnya seperti gandum, oat, sereal gandum, ubi jalar, kentang, buah bit, bawang, kacang merah, kedelai dan kacang polong. Jadi jika Anda tidak ingin mengalami penyakit tersebut, maka konsumsi serat yang seimbang setiap hari.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat