Penyakit Gusi Tidak Hanya Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 2

klinik gigi bandung

Penyakit Gusi Tidak Hanya Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 2

Global Estetik – Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan adanya hubungan antara adanya penyakit periodontal dan kejadian penyakit pernafasan termasuk pneumonia, COPD (gangguan pulminory obstruktif kronik) dan bronkitis akut. Jika tubuh sibuk melawan peradangan dan infeksi di daerah lain di tubuh, seperti mulut, kemampuannya melawan infeksi seperti PPOK atau bronkitis kemungkinan besar akan menjadi terbatas atau terganggu.

Penelitian yang lain juga  telah mengidentifikasi berbagai faktor risiko umum yang terkait dengan penyakit gusi serta penyakit jantung dan risiko stroke, termasuk usia, genetika, kebiasaan merokok, adanya diabetes, dan banyak lagi. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk memeriksa kemungkinan hubungan antara jenis bakteri dan peradangan kronis yang terjadi di mulut, dan bakteri yang terkumpul di arteri yang dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit jantung pada tubuh pasien.

Dampak penyakit gusi- Global Estetik Dental Care
Dampak penyakit gusi- Global Estetik Dental Care

 

Selain masalah pada pernafasan dan penyakit akut seperti stroke dan diabetes, menurut hasil sebuah penelitian baru-baru ini, wanita yang memiliki penyakit gusi aktif rata-rata membutuhkan waktu 2-3 bulan lebih lama untuk hamil daripada wanita yang tidak memiliki penyakit gusi. Spesialis kesuburan dan klinik IVF (in-vitro fertilization) sering meminta wanita yang mencoba untuk hamil atau yang mencoba IVF untuk menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki, atau secara aktif dalam pengobatan untuk memperbaiki masalah pada gusi mereka.

Hampir 40% wanita yang hamil terkena penyakit gusi di beberapa titik. Dalam banyak kasus dengan perawatan dan pemantauan ekstra oleh dokter gigi, penyakit gusi yang berhubungan dengan kehamilan akan hilang dengan sendirinya. Namun, wanita hamil yang memiliki penyakit gusi aktif lebih mungkin melahirkan bayi prematur atau memiliki bayi dengan berat lahir yang lebih rendah.

Dampak penyakit gusi- Global Estetik Dental Care
Dampak penyakit gusi- Global Estetik Dental Care

Jika hampir setengah dari semua orang dewasa memiliki beberapa masalah dengan jenis penyakit gusi, apa sebaiknya kita menyerah dan berharap bisa hidup bersamanya? TIDAK ! Penyakit gusi dapat diobati dan sebagian besar waktu dapat disembuhkan sepenuhnya. Dokter gigi pilihan anda sering dapat mendeteksi adanya penyakit gusi atau tanda yang mungkin berkembang sebelum anda melihat gejala untuk masalah ini, jadi pertahanan terbaik adalah menyerang masalah ini sebelum ia muncul dengan:

  1. Sikat gigi setiap hari untuk menghilangkan bakteri ini dari permukaan gigi, dan untuk membantu menghindari gigi berlubang.
  2. Floss setiap hari untuk menghilangkan bakteri dari antara gigi dan sekitar garis gusi.
  3. Pemeriksaan rutin dan pembersihan profesional oleh dokter gigi atau ahli kebersihan akan membantu menghilangkan plak, penumpukan (kalkulus) dan bakteri yang tidak dapat kita hindari selama rutinitas kebersihan mulut rutin di rumah.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat