Penyakit Gusi Tidak Hanya Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 1

dokter gigi depok

Penyakit Gusi Tidak Hanya Berdampak Pada Kesehatan Gigi dan Mulut – Part 1

Global Estetik – Mari luangkan waktu untuk memberi penghormatan kepada salah satu bagian tubuh manusia yang paling banyak bekerja namun jarang dihargai: gusi kita. Anda mendengar betapa pentingnya menyikat gigi, dan bagaimana memiliki gigi sehat merupakan tujuan penting bagi kita semua. Dengan semua pembicaraan tentang gigi dan tulang ini, terkadang kita melupakan gusi, yang tugas utamanya adalah memegang gigi dengan kuat, melindungi mereka dari unsur-unsur jahat, dan menjaga agar seluruh mulut kita tetap sehat dan sehat. Singkatnya, kita membutuhkan gusi sehat agar memiliki gigi sehat, dan tubuh yang sehat juga.

Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care
Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care

Kita tahu bahwa gusi seringkali kurang diberi perhatian yang cukup karena pada tahun 2012, sebuah laporan CDC menemukan bahwa lebih dari 47% orang dewasa memiliki beberapa jenis penyakit gusi. Tingkat itu meningkat hingga 70% pada pasien diatas usia 65 tahun.

Penyakit gusi disebabkan oleh dua hal: 1. adanya bakteri di mulut dan 2. tempat bakteri itu berkumpul dan tinggal. Paling sering, bakteri membentuk pada penumpukan (kalkulus) sekitar dan di bawah garis gusi. Penumpukan ini menyebabkan peradangan dan iritasi, memicu respons kekebalan oleh tubuh. Bentuk paling ringan dari penyakit gusi (periodontal) disebut gingivitis. Jika tidak terkendali, kondisinya bisa membuat “kantong” periodontal atau daerah di mana bakteri bisa mengumpulkan lebih dalam di bawah gusi. Gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, di mana bakteri, radang dan respons terus-menerus tubuh benar-benar dapat memecah hubungan antara gusi dan gigi.

Dalam banyak kasus, pada tahap awal penyakit gusi mungkin tidak mengalami rasa sakit atau mungkin memiliki gejala ringan yang mudah diabaikan. Beberapa gejala yang lebih parah meliputi:

  • Bau mulut yang tidak kunjung hilang
  • Gusi merah atau bengkak
  • Gusi yang lembut atau berdarah
  • Nyeri saat mengunyah
  • Gigi longgar
  • Gigi sensitif
  • Gusi Mundur atau gigi yang tampak lebih lama

Penyakit gusi yang tidak diobati bisa mengakibatkan kehilangan gigi, tapi tidak berhenti di situ saja. Penyakit gusi dapat memiliki dampak besar pada sistem tubuh lainnya dan telah dikaitkan dengan masalah kesehatan serius lainnya, atau dapat membuat kondisi tertentu dalam tubuh pasien menjadi lebih buruk.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat