Pentingnya Teknologi CAD dan CAM Dalam Praktik Dokter Gigi

dokter gigi bandung

Pentingnya Teknologi CAD dan CAM Dalam Praktik Dokter Gigi

Global Estetik – Memang tidak akan ada habisnya bila membahas perkembangan teknologi, di mana peningkatan teknologi ini berpengaruh pada berbagai aspek dan salah satunya Kedokteran Gigi. Salah satu teknologi yang paling berkembang saat ini yakni Penggunaan komputer aided desain dan juga computer aided Manufacturing, atau beberapa orang meningkatnya dengan sebutan teknologi CAD dan CAM.

Teknologi ini memanfaatkan perangkat pemindaian tiga dimensi yang saat ini telah memiliki berbagai macam spesifikasi, di mana spesifikasi tersebut sangat menguntungkan sehingga keakuratan pemindaian semakin maksimal.

Teknologi CAD dan CAM dalam dunia kedokteran kiki didefinisikan sebagai salah satu proses merancang serta membuat perangkat Kedokteran Gigi. Di mana proses ini mencakup custom made dengan bantuan komputer, dan proses yang dilakukan sistem ini melibatkan semua cabang kedokteran seperti dental restoratif, dental prosthetic, prosedur dental implant, dan juga orthodontic. Pada sistem CAD dan CAM ini menawarkan alternatif pembuatan restorasi gigi indirect dan gigi tiruan cekat.

klinik gigi bandung
Pentingnya Teknologi CAD dan CAM Dalam Praktik Dokter Gigi – Global Estetik Dental Care

Saat ini penggunaan teknologi CAD dan CAM ini telah menjadi pilihan dokter gigi dalam membuat restorasi dengan melakukan pemindaian langsung, sehingga memungkinkan dokter gigi dan juga laboratorium untuk bekerja lebih sinergis dengan teknologi digital ini. Beberapa pilihan teknologi untuk kedokteran ini tersedia banyak di pasaran, di antaranya E4D, Itero, lava cos, dan juga cerec.

Banyak sekali dokter gigi yang sebelumnya tidak berminat dalam penggunaan teknologi ini, namun sekarang mulai mempertimbangkan dalam penggunaan teknologi karena berdasarkan perspektif klinis, keuntungan, dan juga marketingnya. Dimana dari keuntungan tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Ekonomi

Penggunaan teknologi ini memang membutuhkan investasi yang cukup besar, namun berdasarkan hitungan jangka panjang maka metode ini mampu menjadi solusi yang paling efektif dalam mengatasi penggunaan teknologi yang berdampak pada kenaikan biaya perawatan.

2. Estetik serta kontrol

Teknologi ini menawarkan restorasi dengan estetik yang sangat baik, sehingga kekuatan dan durabilitas yang menyanyi prosedur konvensional memudahkan dokter gigi dalam mengerjakan berbagai kasus rumit.

Dengan memanfaatkan teknologi CAD dan CAM, maka dokter bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam perawatan gigi pasien.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat