Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Kesehatan Gigi yang Sehat

klinik gigi depok

Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Kesehatan Gigi yang Sehat

Masa Kehamilan

Global Estetik – Nutrisi sang ibu yang baik akan sangat penting untuk perkembangan kesehatan mulut bayi selama masa kehamilan. Gigi primer (susu) anak-anak akan mulai terbentuk pada sekitar minggu keenam dari masa kehamilan, dan mulai termineralisasi pada sekitar bulan ketiga hingga keempat kehamilan; diet sang ibu harus mencukupi dalam semua nutrisi, terutama kalsium, fosfor, dan protein untuk memfasilitasi proses ini.

Pedoman lain untuk nutrisi ibu selama kehamilan yang sehat meliputi:

  • Asupan bebas dari semua kelompok makanan: biji-bijian, buah-buahan, sayuran, sumber protein dan produk susu;
  • Suplemen zat besi yang memungkinkan (atas rekomendasi dokter) untuk mengimbangi kekurangan zat besi yang umum terjadi pada masa kehamilan;
  • Asam folat yang mencukupi (dari roti yang diperkaya, sayuran berdaun hijau dan / atau suplemen) semuanya selama masa subur seorang wanita untuk membantu mencegah cacat saat kelahiran.

dokter gigi jakartaDefisit nutrisi dapat menyebabkan cacat dalam perkembangan gigi, dan aliran dan komposisi saliva. Kekurangan protein dan kalori, Vitamin A, C, D, dan yodium, dan kelebihan dalam fluoride dan Vitamin D, semuanya telah terbukti mempengaruhi perkembangan gigi manusia.

Anak-anak

Gigi anak-anak terus berkembang dan termineralisasi dari sebelum kelahiran (gigi susu) hingga remaja (gigi molar ketiga permanen – gigi geraham bungsu). Selain itu, jaringan lain dalam tubuh terus didaur ulang, dan selalu membutuhkan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan baru.

Pola makan yang sehat akan memastikan mineralisasi yang tepat dan pertumbuhan jaringan gigi dan tulang. Selain itu, gigi yang baru tumbuh akan rentan terhadap karies gigi yang diawali dengan seringnya mengonsumsi gula sederhana dalam makanan.

Begitu gigi tumbuh ke dalam mulut, mineralisasi permukaan akan terus dipengaruhi oleh air liur, makanan, cairan, pasta gigi, dan pembilasan dengan cairan fluoride. Di masa kanak-kanak, risiko diet utama akan cenderung menjadi kontak oral yang konstan dari makanan yang mengandung gula alami dalam botol atau cangkir sippy.

Dalam masa ini, orang tua memegang peran penting dalam pilihan asupan nutrisi, oleh karenanya, para orang tua harus paham benar dengan konsep nutrisi berimbang yang akan menjadi kunci bagi tidak hanya perkembangan gigi dan mulut yang sehat, tetapi juga perkembangan tubuh si anak.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat