Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Selama Masa Kehamilan

klinik gigi bandung

Global Estetik – Nasihat yang paling sering diabaikan bagi wanita yang berencana hamil adalah mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan kesehatan gigi. Semakin banyak bukti yang menunjukkan korelasi kuat antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan namun kesehatan gigi masih kerap dipandang sebelah mata.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk mendiskusikan masalah kesehatan mulut yang mungkin Anda miliki sebelum kehamilan. Sebagai permulaan, kebiasaan kebersihan mulut yang baik sebelum, selama, dan setelah kehamilan Anda meliputi:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.
  • Flossing.
  • Mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Tips Kesehatan Gigi untuk Calon Ibu
  • Hindari prosedur kesehatan gigi selama trimester pertama dan paruh kedua trimester ketiga jika memungkinkan.
  • Tunda prosedur elektif, seperti pemutihan gigi profesional, sampai setelah bayi lahir.
  • Awasi infeksi gigi, abses, pendarahan gusi, atau sakit gigi selama kehamilan, dan cari pertolongan dengan segera jika Anda memiliki gejala masalah pada kesehatan gigi.
Kesehatan Mulut dan Kehamilan

Gaya hidup Anda, termasuk kebiasaan makan, olahraga, dan ya, kebiasaan kebersihan gigi akan berdampak pada kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda. Jika Anda tidak menjaga kesehatan gusi dan gigi, Anda berisiko terkena gingivitis gestasional, suatu kondisi di mana plak akan menumpuk di gigi dan mengiritasi gusi.

Ada peningkatan data yang menunjukkan bahwa gingivitis kerap dikaitkan dengan kelahiran prematur anak-anak yang kekurangan berat badan, dan wanita hamil dengan penyakit gusi untuk lebih cenderung melahirkan bayi secara prematur. Biasanya disarankan bahwa kunjungan kesehatan gigi pertama Anda saat hamil diadakan di antara bulan keempat dan keenam kehamilan.

Mempertahankan Kesehatan Gigi yang Baik Selama Kehamilan

Banyak wanita mengalami semacam morning sickness selama kehamilan mereka. Gejalan ini termasuk mual, muntah, dan mulas. Naluri pertama bagi banyak orang adalah menyikat gigi segera setelah muntah. Dari perspektif kesehatan gigi, ini harus dicegah. Asam yang tertinggal di mulut setelah muntah bisa sangat merusak enamel gigi jika gigi Anda disikat. Sebaliknya, bilas mulut Anda dengan air dan ikuti dengan obat kumur berfluoride. Tunggu sekitar satu jam dan kemudian gosok gigi.

Kesimpulan

Jika Anda perlu menemui dokter gigi segera, pastikan dia tahu bahwa Anda hamil. Bicaralah dengan dokter gigi Anda tentang stres yang Anda alami, operasi medis sebelumnya, dan obat-obatan yang Anda gunakan, karena ini akan mempengaruhi cara dokter gigi dalam memberi solusi bagi masalah Anda. Selain itu, dokter gigi mungkin akan ingin berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai perawatan pada gigi Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat