Global Estetik – Di dunia yang serba sempurna, setiap gigi yang telah menjalani prosedur saluran akar harus segera “dimahkotai”. Dunia nyata, semua molar harus dimahkotai tidak peduli apapun itu, dan gigi lainnya harus dievaluasi untuk mahkota tergantung pada gigi dan kondisinya.

Mengapa molar harus dipasangi mahkota?

Seperti disebutkan, idealnya semua gigi harus dimahkotai setelah menjalani prosedur saluran akar. Molar sangat penting dalam kehidupan kita. Ini karena mereka memiliki banyak tonjolan dan akar berbeda yang terkait dengan cusp tersebut.  Jika gigi dimahkotai maka itu akan benar-benar membungkus cusp gigi dan membantu mendistribusikan kekuatan menggigit secara lebih merata. Ini juga membantu memegang gigi bersama ketika pengisian atau penumpukan terjadi.

Pentingnya Menjaga Mahkota Gigi- Global Estetik Dental Care

Pentingnya Menjaga Mahkota Gigi- Global Estetik Dental Care

Mengapa gigi pada umumnya harus dipasangi mahkota?

Prosedur saluran akar melibatkan pengangkatan jaringan saraf atau pulpa gigi. Suplai darah gigi yang biasanya menyediakan nutrisi dan kelembaban. Setelah saraf / pulpa hilang, gigi mulai “mengering” dan menjadi lebih rapuh. Selain untuk mengakses saraf / pulpa, dokter gigi harus mengebor sedikit dari bagian gigi untuk membuka semua semua jalan menuju akar. Pengangkatan struktur gigi ini juga membuat gigi menjadi lebih lemah.

Baca Juga :  [Paket Informasi Lengkap] Memisahkan Fakta dan Mitos dari Sleep Apnea - Definisi & Fakta
Seberapa cepat seharusnya gigi harus dipasang mahkota setelah prosedur saluran akar?

Ini adalah pertanyaan yang harus didiskusikan dengan dokter gigi pilihan anda. Itu juga akan tergantung pada banyak faktor seperti vitalitas gigi sebelum mendapat saluran akar, apakah gigi nekrotik (mati), infeksi, abses? Sebagai aturan praktis, banyak dokter akan menunggu minimal 3 bulan dan maksimum 9-12 bulan sebelum pemasangan mahkota. Alasan untuk menunggu 3 bulan untuk kebanyakan kasus adalah bahwa terapi saluran akar tidak pernah 100% selesai dan dokter pastinya ingin memastikan gigi telah merespon dengan baik terhadap proses perawatan. Dokter tidak ingin memasang mahkota jika gigi nantinya berakhir membutuhkan kerja ekstra atau bahkan harus menjadi korban ekstraksi.