Penjelasan Boleh Tidaknya Cabut Gigi Ketika Menstruasi

dokter gigi jakarta

Penjelasan Boleh Tidaknya Cabut Gigi Ketika Menstruasi

Global Estetik – Mungkin anda sering sekali mendengar dimana orang mengatakan ketika menstruasi kita tidak dianjurkan untuk melakukan cabut gigi. Dengan adanya kabar yang tersebar tersebut, lalu bagaimana pendapat para dokter mengenai cabut gigi ketika menstruasi ini? Berikut ini telah kami rangkum bagaimana pendapat para dokter gigi mengenai kabar yang tersebar di masyarakat ini.

Dengan adanya kabar ini, tentu akan mempengaruhi bayak orang sehingga mereka ragu untuk melakukan tindakan pencabutan gigi. Padahal, ada kondisi tertentu yang mengharuskan seseorang mencabut giginya, sehingga tidak membuat kesehatannya terganggu. Sebagai jawaban dari kabar tersebut, melakukan cabut gigi ketika menstruasi ternyata boleh dilakukan dan hal ini juga tidak menyebabkan kebutaan.

Perlu menjadi perhatian anda adalah ketika menstruasi terjadi, adanya perubahan hormon yang mempengaruhi peningkatan kadar estrogen dan juga progesteron akan membuat gusi anda rentan mengalami pendarahan. Dan untuk memperkecil kemungkinan tersebut maka perlu dilakukan penundaan hingga minggu terakhir menstruasi, tepatnya di hari ke 22 hingga 28 dari menstruasi.

klinik gigi jakarta
Penjelasan Boleh Tidaknya Cabut Gigi Ketika Menstruasi – Global Estetik Dental Care

Dalam melakukan pencabutan gigi saat menstruasi memang sangat perlu berhati-hati, karena kondisi rongga mulut perempuan dipengaruhi dengan perubahan hormonal oleh siklus menstruasi. Selain menstruasi, ada beberapa hal yang juga mempengaruhi perubahan hormon pada wanita. Diantaranya, masa pubertas, kehamilan, penggunaan pil KB dan menopause.

Selama wanita mengalami menstruasi, rongga mulutnya akan mengalami beberapa perubahan meliputi pembengkakan gusi, pembengkakan kelenjar ludah, sariawan dan perdarahan di bagian gusi. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon, sehingga wanita rawan terkena racun dari plak gigi yang menumpuk.

Seperti yang dijelaskan oleh dokter gigi Rina Permatasari, Sp KG. dimana pada wanita haid tidak ada kontraindikasi bila mencabut gigi, sehingga tidak ada larangan untuk melakukan cabut gigi ketika menstruasi.

Jadi, dengan adanya pembahasan diatas diharapkan anda mengetahui bagaimana penjelasan mengenai boleh tidaknya mencabut gigi saat wanita mesntruasi. Dan anda bisa turut memberi penjelasan kepada orang yang belum mengetahui informasi ini, dan sekian semoga artikel ini bisa menjadikan referensi untuk anda meningkatkan keyakinan anda mengenai kesehatan gigi anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat