Pengaruh Vaping pada Kesehatan Gigi

dokter gigi depok

Pengaruh Vaping pada Kesehatan Gigi

Global Estetik – Menurut catatan Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan, ada sekita 60 juta perokok aktif di Indonesia dengan setidaknya minimal 10% yang kini beralih menggunakan rokok elektronik (e-), atau ‘vape‘. Kini, ada lebih banyak mantan perokok yang menggunakan e-rokok daripada perokok aktif saat ini, dan alasan utama yang diberikan untuk memilih vaping adalah untuk berhenti merokok tembakau.

Jika dilihat dari kacamata perawatan gigi, maka langkah vapers untuk berhenti merokok adalah langkah yang posiitf. Badan-badan kesehatan di Eropa dan seluruh dunia terus mempertahankan bahwa vaping hampir pasti lebih baik daripada merokok tembakau, meskipun hal itu terus memperkuat perilaku kebiasaan.

Sederhananya, tidak merokok tetap menjadi salah satu prinsip utama dalam perawatan gigi preventatif yang baik. Hal itu di samping juga diet sehat dan rutinitas pembersihan yang efisien dengan jadwal perawatan gigi rutin. Terlepas dari kenyataan bahwa vaping dapat dianggap kurang berbahaya daripada rokok, satu fakta tetap ada dalam kebiasaan ini: ada banyak hal yang tidak diketahui tentang vaping. Tidak ada cukup bukti dalam jangka panjang yang tersedia untuk memberikan gambaran lengkap tentang vaping dan pengaruhnya terhadap kesehatan mulut.

dokter gigi jakartaBeberapa studi menunjukkan bahwa vapers yang rutin menghisan e-rokok mereka dapat mencapai “konsentrasi yang sama dengan yang dihasilkan dari rokok tradisional”. Nikotin dapat memiliki berbagai efek lokal pada jaringan mulut. Hubungan antara penyakit periodontal dan kehilangan gigi telah terbukti, seperti halnya hubungan dengan berbagai penyakit sistemik yang dapat mengakhiri hidup.

Pasien yang vape juga mungkin mengalami batuk kering yang teratur atau mengeluh dengan masalah xerostomia. Sementara kiata masih menunggu penelitian jangka panjang, yang akan memungkinkan praktik dan protokol berbasis bukti, kami sangat merekomendasikan perawatan gigi harian yang bersifat preventif – ini adalah satu-satunya pendekatan yang harus diambil.

Mempelajari teknik menyikat gigi yang benar, menggunakan alat berkualitas tinggi dan meningkatkan rutinitas harian dengan produk tambahan yang tepat akan memungkinkan pasien menjaga kebersihan mulutnya dan  mengurangi risiko masalah di masa depan.

Dengan mulut yang segar dan senyum yang sehat, Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk memasukkan vape ke dalam mulut Anda dengan segala potensi bahaya yang dapat ditimbulkannya pada senyum indah nan sehat yang Anda miliki. Jika Anda ingin membahas vaping dan dampaknya pada kesehatan mulut secara lebih rinci, segera hubungi Klinik Global Estetik hari ini juga.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat