Penelitian Terbaru: Memeriksa Hubungan Posisi Gigi dengan Performa Atlet

Penelitian Terbaru: Memeriksa Hubungan Posisi Gigi dengan Performa Atlet

Global Estetik – Kurangnya jumlah gigi atau malposisi dapat menyebabkan masalah pada otot-otot mengunyah dan masalah pencernaan yang disebabkan oleh kesulitan mengunyah makanan dengan benar. Pau Gasol, salah satu pemain Basket terbaik di NBA mendapatkan tugas pertama yang harus dia hadapi ketika dia pindah ke Los Angeles Lakers, yakni menjalani perawatan ortodontik untuk memperbaiki kepadatan gigi (dan maloklusi terkait) untuk menghindari masalah keseimbangan dan ketidaknyamanan terus menerus di leher dan punggung yang terjadi saat ia bermain bersama Memphis Grizzlies.

Contoh lain dari ini adalah penandatanganan pemain sepak bola Aly Cissokho ke Milan, di mana para dokter menyimpulkan dalam pemeriksaan mereka bahwa pemain menderita maloklusi dan ini bisa memiliki konsekuensi tulang dan otot pada tulang belakang, meningkatkan risiko cedera.

Posisi Gigi dengan Performa Atlet- Global Estetik Dental Care
Posisi Gigi dengan Performa Atlet- Global Estetik Dental Care

Beberapa dari klaim ini mungkin tampak berlebihan, tetapi semuanya memiliki dukungan ilmiah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi Universitas Barcelona dengan Universitas Innsbruck (Austria), yang diterbitkan dalam Neuroscience Letters and Motor Control, “ada pengaruh timbal balik antara saraf trigeminal dan inti vestibular, yaitu , mereka yang bertanggung jawab untuk fungsi mengunyah dan keseimbangan, dan otot pengunyah dan leher rahim. Ketika ada kelelahan, keseimbangan dalam kondisi ketidakstabilan maksimum secara signifikan lebih tinggi di antara individu yang memiliki oklusi gigi yang buruk “.

Pencegahan adalah faktor penting lainnya. Untuk tujuan ini, pelindung mulut dibuat yang tidak hanya melindungi gigi dari pukulan potensial, tetapi juga membantu untuk menghindari patah tulang dan kelebihan beban yang atlet menderita selama situasi stres.

Pelindung mulut ini meredakan otot-otot yang berhubungan dengan mengunyah dan, dengan ekstensi, otot-otot punggung dan leher. Keuntungan potensial juga sedang dipelajari dengan meningkatkan jalan udara dengan memfasilitasi posisi rahang yang lebih maju. Tiger Woods dan  Cristiano Ronaldo adalah beberapa atlet elit yang telah menggunakan beberapa jenis sports splint untuk meningkatkan kinerja mereka.

Pemeriksaan gigi kini telah menjadi bagian penting dari pemeriksaan medis umum sebelum pemain utama bergabung ke sebuah klub baru, karena kesehatan tubuh dan mulut yang buruk atau maloklusi dapat mempengaruhi kinerja atlet.

Mulai musim 2017/2018 ini, Pardiñas Dental Medical Clinic, sebagai klinik referensi dari Club Deportivo de La Coruña yang bermain di La Liga, akan bertanggung jawab untuk pemeriksaan mulut para pemain tim pertama serta pemain baru mereka, karena kontrol kesehatan mulut telah dimasukkan ke dalam tuntutan klub terhadap para pemainnya untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat