Penelitian Baru Membuktikan Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal

Penelitian Baru Membuktikan Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal

Global Estetik – Temuan baru dari University of Birmingham menunjukkan bahwa pasien dengan pasien penyakit ginjal kronis dan periodontitis (penyakit gusi berat) memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang memiliki penyakit ginjal kronis saja. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Periodontology, menambah bukti bahwa kesehatan mulut yang buruk dikaitkan dengan penyakit kronis lainnya.

Data dari 13.734 peserta di Survei Kesehatan dan Gizi Kesehatan Nasional (NHANES III) yang berbasis di AS dianalisis untuk menunjukkan bahwa individu dengan periodontitis dan penyakit ginjal kronis memiliki tingkat kematian penyebab kematian 41% pada 10 tahun, dibandingkan dengan 32 % untuk mereka dengan penyakit ginjal kronis saja.

Untuk memasukkan ini ke dalam konteks, peningkatan angka kematian 10 tahun yang terkait dengan diabetes pada pasien dengan penyakit ginjal kronis, yang bebas dari periodontitis, adalah dari 32% pada non-diabetes hingga 43% pada penderita diabetes.

Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal- Global Estetik Dental Care
Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal- Global Estetik Dental Care

Periodontitis adalah penyakit kronis yang tidak menular, dan dalam bentuknya yang paling parah adalah penyakit manusia keenam yang paling umum, yang mempengaruhi 11,2% populasi dunia.

Penyakit kronis yang tidak menular, seperti penyakit ginjal, semakin umum, sebagian disebabkan oleh populasi yang menua dan peningkatan gaya hidup tidak sehat dan konsumsi makanan olahan. Dampak mereka terhadap beban penyakit global dan ekonomi kesehatan sangat penting, dan bukti menunjukkan bahwa 92% orang dewasa yang berumur lebih tua memiliki setidaknya satu penyakit kronis.

Profesor Iain Chapple, dari Universitas Birmingham, menjelaskan, “Penting untuk dicatat bahwa kesehatan mulut bukan hanya tentang gigi. Mulut adalah pintu ke tubuh, bukan organ yang terpisah, dan merupakan jalur akses bakteri masuk ke dalam aliran darah melalui gusi. Banyak orang dengan penyakit gusi tidak menyadarinya, mungkin mereka hanya memiliki darah di ludah mereka setelah menyikat gigi, tapi kerusakan gusi yang tidak terkendali ini kemudian menjadi area berisiko tinggi bagi bagian tubuh lainnya. “

Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal- Global Estetik Dental Care
Periodontitis Memiliki Hubungan dengan Penyakit Ginjal- Global Estetik Dental Care

Setelah penelitian ini, tim sekarang tengah berusaha menyelidiki hubungan antara penyakit gusi dan ginjal dalam tahap lebih lanjut, untuk mengidentifikasi apakah hubungan tersebut menjadi penyebabnya, dan jika demikian, apakah mengobati penyakit gusi dan menjaga kesehatan mulut dapat memperbaiki kesehatan keseluruhan pasien dengan penyakit ginjal.

Profesor Chapple mengunkapkan, “Mungkin diagnosis penyakit gusi dapat memberi kesempatan deteksi dini masalah lain, di mana pata profesional gigi dapat menerapkan pendekatan berbasis risiko yang ditargetkan untuk skrining terhadap penyakit kronis lainnya.”

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat