Global Estetik –¬†Kebanyakan orang akan mengalami pendarahan di lidah dari waktu ke waktu. Lokasi lidah inimembuatnya rentan terhadap cedera. Lidah anda bisa terluka karena perbuatan kita sendiri, seperti:

  • menggigitnya
  • penggunaan kawat gigi
  • gigi palsu
  • mahkota
  • gigi patah
  • terapi radiasi
  • makanan tajam

Biasanya, pendarahan dengan jumlah yang sedikit tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi ada alasan lain mengapa lidah anda mungkin berdarah. Sementara sebagian besar tidak serius, beberapa gejala harus diawasi dan mungkin memrlukan kunjungan ke dokter pilihan anda.

Kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan lidah menjadi berdarah terbentang dari masalah kecil yang sembuh dengan sendirinya hingga kondisi yang memerlukan perawatan medis. Baca lebih lanjut artikel di bawah untuk mengetahui kemungkinan penyebab dari masalah ini.

Candiasis Mulut

Infeksi jamur, seperti kandidiasis atau sariawan, sering terjadi. Thrush paling sering terlihat pada bayi, pasien dengan penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, dan paseien yang menggunakan antibiotik.

Pendarahan di Lidah, Kenali, Cegah dan Hindari- Global Estetik Dental Care

Pendarahan di Lidah, Kenali, Cegah dan Hindari- Global Estetik Dental Care

Sakit tenggorokan dan infeksi ragi oral lainnya menyebabkan bintik-bintik putih atau kuning-putih yang menyakitkan atau luka terbuka di mulut dan bagian belakang tenggorokan. Mereka bisa mengganggu proses mengonsumsi makanan dan menelan. Dalam kebanyakan keadaan, sariawan tidak serius. Tapi dokter harus diberi tahu saat bayi dan pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu menunjukkan gejala kondisinya.

Baca Juga :  Inlays dan Onlays - Definisi

Infeksi jamur oral biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan visual. Krim antijamur digunakan untuk mengobati sariawan dan infeksi jamur lainnya. Jika infeksi lebih menyebar, dokter mungkin meresepkan obat antijamur oral.

Masalah pada Pembuluh Darah

Perdarahan dari lidah bisa disebabkan oleh malformasi pembuluh darah, yang disebut hemangioma. Hal ini juga bisa terjadi karena kelainan sistem limfe, seperti limfangioma dan higromas kistik. Kondisi ini sering ditemukan di kepala dan leher – dan di mulut.

Baca Juga :  Pastikan Anak Anda Mendapatkan Perawatan Gigi Terbaik yang Juga BPA Free

Dalam kebanyakan kasus, bayi terlahir dengan kondisi ini. Sekitar 90 persen dari malformasi ini akan berkembang sebelum anak-anak mencapai usia 2 tahun. Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh kesalahan dalam pengembangan sistem vaskular. Lebih jarang, hal itu terjadi karena cedera pada wanita selama kehamilan.

Malformasi pembuluh darah dan kelainan sistem limfe didiagnosis dengan pemeriksaan visual. Terlepas dari bunyi nama mereka yang mengkhawatirkan, tumor dan lesi ini tidak pernah berbahaya atau bersifat kanker. Mereka biasanya tidak menimbulkan ketidaknyamanan. Jika mereka tidak enak dilihat atau merepotkan, mereka tidak memerlukan perawatan.