Penanganan Gigi Gingsul Di Klinik Gigi Terpercaya

dokter gigi depok

Penanganan Gigi Gingsul Di Klinik Gigi Terpercaya

Global Estetik – Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi. Nah, maloklusi gigi adalah kondisi gigi yang tumbuh tidak berada di tempat yang benar atau tidak sejajar. Gigi gingsul merupakan gigi taring yang terlambat tumbuhnya. Gigi taring mempunyai rentan waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh, sekitar 10 bulan dari jarak lepasnya gigi taring dari gigi susu hingga gigi taring permanen. Gigi taring yang terlambat tumbuh dikarenakan oleh frase pergantian yang lama sekali sehingga jatah tempat untuk gigi taring baru diambil oleh gigi-gigi lain yang ada di sekitarnya.

Akhirnya, ketika gigi taring mulai muncul ke permukaaan, ternyata tempat tumbuh untuk gigi telah habis. Hal tersebut menjadi gigi taring harus tetap keluar ke permukaan, maka jadilah gigi gingsul. Nah, gigi gingsul bisa terjadi berdasarkan faktor keturunan.

Penanganan gigi gingsul bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan mengunakan kawat gigi atau behel. Prosedur pemasangan kawat gigi bertujuan untuk memperbaiki atau merapikan posisi gigi tersebut. Penggunaan behel pun bisa dilakukan tanpa harus mencabut gigi terlebih dahulu.

Pencabutan gigi sebelum memasang behel dimaksudkan untuk mengurangi kepadatant gigi yang tumbuh dan memberikan ruang untuk gigi gingsul. Dengan demikian, nantinya gigi gigsul bisa kembali ke posisi yang seharusnya sudah dibehel. Dokter pun akan melakukan perbaikan pada bentuk gigi.

Meski tergolong aman, pencabutan gigi tetap mempunyai risiko. Salah satunya risikonya adalah infeksi, gusi bengkak, dan pendarahan. Untuk menghindari terjadinya komplikasi, lebih baik Anda bisa menceritakan riwayat kesehatan Anda kepada dokter ahli sebelum pencabutan gigi dilakukan. Dokter gigi akan menyuntikkan obat bius terlebih dahulu di sekitar gigi yang akan dicabut. Jadi, Anda tidak perlu merasa takut akan rasa sakit selama proses pencabutan gigi. Sesudah pencabutan gigi, pemasangan behel dilakukan di area gigi sesudah pulih selama kurun waktu 7 hingga 14 hari pasca pencabutan.

Selama proses pemulihan, disarankan supaya Anda melakukan hal-hal yang kami sampaikan di bawah ini guna meringankan rasa sakit, menghindari infeksi, dan mempercepat proses pencabutan.

  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit
  • Sesudah pencabutan, kompres area gigi yang dicabut menggunakan es batu yang dilapisi dengan handuk kecil.
  • Mengurangi pendarahan, silakan gigit kain kasa yang diberikan oleh dokter gigi secara lembut dengan sedikit tekanan.
  • Batasi aktivitas selama 1 hingga 2 hari pasca pencabutan gigi.
  • Jangan membuang ludah dan berkurum atau minum menggunakan sedotan selama 24 jam sesudah pencabutan.
  • Konsumsi makanan lembut dan jangan merokok.
  • Sikat gigi namun hindari area gigi yang dicabut.

Sesudah area gigi pulih, dokter akan memasang behel untuk mengembalikan gigi gingsul ke posisi yang sempurna. Sekian waktu, gigi gingsul akan bergesar dan sejajar dengan rapi di kanan serta kirinya. Nah, jika Anda bermasalah dengan gigi gingsul dan ingin memperbaikinya, kunjungi klinik gigi depok Global Estetik.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat