Global Estetik  – Dokter pilihan anda akan memeriksa lidah anda untuk mendiagnosis radang pada lidah. Pemeriksaan mungkin menunjukkan bahwa papilla akan hilang. Papilla berukuran kecil, proyeksi seperti jari biasanya ditemukan di lidah. Dokter mungkin juga mencatat pembengkakan lidah.

Pembengkakan Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Pembengkakan Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Dokter mungkin bertanya tentang riwayat kesehatan anda dan trauma pada mulut atau lidah baru-baru ini untuk menentukan penyebabnya. Mereka mungkin bertanya tentang pasta gigi baru, makanan baru, atau pemicu lain yang mungkin menyebabkan onset inflamasi tiba-tiba.

Jika tidak ada penyebab pasti gejala, dokter mungkin melakukan tes lain untuk mengetahui penyebab radang lidah anda. Tes darah biasanya digunakan untuk melihat apakah anda memiliki kekurangan vitamin atau anemia (kadar zat besi rendah). Mereka juga bisa mengidentifikasi penyakit seperti sifilis.

Baca Juga :  [Paket Informasi Lengkap] FAQ Tentang Implan Gigi - Part 4

Dalam kasus yang jarang terjadi dimana dokter mencurigai lichen planus oral, dokter pilihan anda mungkin mengambil biopsi, atau sampel jaringan, untuk pengujian laboratorium.

Apa pilihan pengobatan untuk radang lidah?

Pengobatan peradangan lidah berfokus pada dua tujuan. Pertama, harus mengurangi peradangan dan nyeri. Kedua, pengobatan radang lidah harus menargetkan kondisi kesehatan yang mendasarinya yang menyebabkan masalah ini.

Dokter mungkin meresepkan obat anti-inflamasi atau menyarankan obat over-the-counter seperti ibuprofen. Obat-obat ini dapat membantu meminimalkan peradangan dan mengurangi rasa sakit saat dokter anda merawat kondisi yang mendasarinya.

Untuk mengobati kondisi yang menyebabkan radang lidah, dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti antibiotik, antijamur, atau antimikroba. Mereka juga dapat merekomendasikan perubahan pola makan atau gaya hidup seperti berhenti merokok dan menghindari alkohol. Dokter  mungkin juga menyarankan anda mengonsumsi suplemen seperti zat besi atau vitamin B-12.

Baca Juga :  Inlays dan Onlays - Manfaat dan Kelebihan

Kebersihan mulut yang baik juga bisa membantu mengurangi gejala radang lidah. Pastikan menyikat gigi dan floss setiap hari. Minta gigi anda diperiksa dan dibersihkan oleh dokter gigi secara teratur.

Kapan saya harus mencari perawatan medis?

Anda mungkin perlu atau mungkin tidak perlu menghubungi dokter jika anda memiliki gejala peradangan lidah. Pembengkakan dan radang pada lidah biasanya sembuh setelah beberapa hari. Jika gejala masih ada setelah 10 hari, hubungi dokter pilihan anda. Anda juga harus menghubungi dokter jika anda mengalami kesulitan menelan, bernapas, atau berbicara.

Pembengkakan lidah yang parah yang menghalangi jalan napas adalah keadaan darurat medis. Jika ini terjadi, Segera mencari bantuan medis darurat.