Pembengkakan Pada Lidah, Mengapa ? – Penyebab dan Gejala

Global Estetik  – Lidah Anda adalah otot vital dan serbaguna yang membantu dalam pencernaan makanan dan membantu anda berbicara dengan benar. Anda mungkin tidak sering berpikir tentang kesehatan lidahanda, namun ada sejumlah kondisi yang bisa mempengaruhi otot ini. Peradangan lidah adalah salah satu kondisi tersebut.

Peradangan Lidah terjadi saat lidah menjadi bengkak dan mungkin berubah warna. Hal ini bisa membuat lidah tampil seolah mulus. Nama lain untuk radang lidah meliputi infeksi lidah, lidah halus, glossodynia, glossitis, dan sindrom lidah terbakar.

Apa yang menyebabkan timbulnya radang lidah?

Peradangan lidah jarang terjadi dengan sendirinya. Hal ini sering terjadi dalam konteks masalah kesehatan lainnya.

Reaksi alergi

Peradangan lidah bisa terjadi jika anda memiliki reaksi alergi terhadap pasta gigi, obat kumur, gigi palsu, krim gigi tiruan, atau retainer. Reaksi alergi terhadap obat tertentu juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Baca Juga :  Hindari Alkohol Jika Ingin Kesehatan Gigi Selalu Terjaga

Sindrom Sjogren

Kondisi ini berakibat pada penghancuran kelenjar ludah. Bila ini terjadi, anda bisa mengembangkan penyakit mulut kering, yang pada gilirannya bisa menyebabkan radang lidah.

Cedera

Pembengkakan Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Pembengkakan Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Luka bakar atau trauma di dalam mulut bisa menyebabkan radang lidah.

Kekurangan vitamin

Secara patologis tingkat rendah vitamin B-12 atau zat besi dapat menyebabkan timbulnya masalah pada lidah.

Kondisi kulit

Kondisi kulit tertentu bisa menyebabkan radang lidah. Lichen planus oral adalah penyakit radang yang menyebabkan luka, bengkak, dan kemerahan. Sifilis adalah infeksi menular seksual yang dapat hadir sebagai ruam tubuh. Pemphigus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kulit melepuh.

Infeksi

Infeksi yeast di mulut, juga dikenal sebagai sariawan, bisa menyebabkan radang lidah.

Baca Juga :  4 Alasan Dibalik Munculnya Masalah Gusi Berdarah

Mengomsumsi Makanan dan Minuman iritan

Alkohol, makanan pedas, atau tembakau bisa mengiritasi mulut dan menyebabkan radang pada lidah.

Apa saja gejala radang lidah?

Gejala radang lidah tergantung pada tingkat keparahan kondisi anda dan kondisi kesehatan yang menyebabkannya. Anda mungkin mengalami masalah dengan mengunyah, menelan, atau berbicara. Anda mungkin  saja mendapati lidah yang sakit, lembut, atau bengkak. Lidah Anda bisa berubah warna dan tampak pucat atau merah.

Gejala radang lidah yang sangat serius adalah saat anda mengalami pembengkakan parah. Ini bisa menghalangi jalan napas anda. Segera hubungi rumah sakit terdekat jika anda atau orang lain mengalami pembengkakan parah. Beberapa orang dengan kondisi ini tidak akan merasa sakit. Satu-satunya gejala mereka mungkin adalah hanya pada lidah yang bengkak.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat