Pembengkakan di Langit-langit Mulut – Treatment dan Pencegahan

Pembengkakan di Langit-langit Mulut – Treatment dan Pencegahan

Global Estetik – Pengobatan terbaik bagi masalah yang diderita dalam pembengkakan langit-langit mulut akan tergantung pada penyebab pembengkakan itu sendiri. Setiap penyebab yang menimbulkan masalah memiliki pendekatan yang berbeda dalam penanganannya. Berikut kiat-kiat treatment bagi penyebab timbulnya rasa tidak nyaman di langit-langit mulut anda.

Trauma
Jika anda secara tidak sengaja membakar bagian dari langit-langi mulut anda, segera bilas mulut anda dengan air dingin. Jika anda akhirnya mengalami lecet yang menyakitkan, hubungi dokter pilihan anda secepatnya. Obat kumur khusus pengobatan dapat menjadi garis pertama dalam pengobatan untuk luka bakar yang tidak sembuh dengan cepat. Beberapa gel dan pasta oral juga bisa diterapkan pada area yang terbakar parah.

Ketidakseimbangan elektrolit
Jika anda mengalami dehidrasi, minum beberapa ons cairan mungkin akan mengurangi impact yang diberikan dehidrasi pada mulut anda. Pada kasus dehidrasi berat, anda mungkin perlu segera mencari perawatan medis darurat.

Luka atau lecet
Baik sariawan dan cold sores biasanya hilang sendiri dalam seminggu sampai 10 hari. Selama waktu itu, gel pereda nyeri yang terdapat di apotek dapat membantu mengurangi iritasi dan rasa sakit yang ditimbulkan.

Kanker
Jika kanker menyebabkan gejala pada langit-langit mulut anda, dokter gigi pilihan anda akan mengarahkan anda ke ahli onkologi. Bersama-sama, anda akan mengeksplorasi berbagai pilihan pengobatan, termasuk operasi, kemoterapi, dan radiasi.

Pencegahan

Hampir tidak mungkin kita dapat mencegah semua penyebab pembengkakan di langit-langit mulut, namun ingatlah hal-hal ini jika anda rentan terhadap masalah ini:

Biarkan makanan dingin
Jangan makan sepotong pizza yang terlalu panas atau menyesap kopi yang mendidih. Keduanya bisa membakar kulit halus di mulut anda.

Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care
Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care

Kunyah dengan hati-hati
Makanan keras tidak hanya melukai gigi anda, tapi bisa merusak gusi dan kulit anda di langit-langit mulut anda. Makan dengan gigitan kecil, dan kunyah dengan lembut.

Hindari stress
Luka sariawan mungkin lebih cenderung muncul pada saat stres tinggi. Ambil langkah untuk menghilangkan stres. Ini bisa termasuk olahraga, meditasi, dan pernapasan dalam. Jika anda membutuhkan lebih banyak bantuan untuk mengatasi stres, carilah bantuan dari terapis profesional.

Dalam banyak kasus, pembengkakan atau pembengkakan yang anda alami akan hilang dengan sendirinya. Penyebab yang lebih parah untuk pembengkakan atap mulut anda, seperti kanker, sangat jarang terjadi. Lebih mungkin anda telah mengganggu kulit halus pada langit-langit keras anda. Seiring pulihnya masalah, ingatlah untuk memberi waktu pada bagain yang terkena dampat untuk sembuh. Jangan makan makanan yang sangat panas atau keras sementara anda masih sensitif, dan hindari makanan yang mengiritasi langit-langit mulut anda. Jika pembengkakan tidak hilang dalam lima hari sampai seminggu, Segera temui dokter gigi pilihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat