Pembengkakan di Langit-langit Mulut – Penyebab

Pembengkakan di Langit-langit Mulut – Penyebab

Global Estetik – Menemukan penyebab dan alasan untuk bengkaknya langit-langit mulut anda bisa menjadi lebih mudah jika anda memahami penyebab yang mungkin terjadi. Ini termasuk:

Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care
Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care

Trauma
Trauma mulut bisa terjadi dengan beberapa cara:

  1. Mengkonsumsi makanan yang terlalu panas bisa membakar kulit halus langit-langit keras mulut. Hal ini bisa menyebabkan lecet atau kulit terbakar.
  2. Mengonsumsi makanan keras, seperti keripik tortilla, permen keras, dan buah dan sayuran yang kuat, bisa melukai langit-langit mulut anda.
  3. Mengikis langit-langit bisa menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Luka Mulut
Sebelum menjadi bintik atau lecet yang jelas, cold sores dan sariawan bisa menyebabkan pembengkakan di langit-langit mulut anda. Stres dan perubahan hormonal bisa memicu sakit kepala. Banyak sariawan tumbuh di pipi atau gusi di dekat gigi anda, tapi tidak jarang mereka muncul di langit-langit mulut anda juga.

Virus yang umum disebut virus herpes simpleks menyebabkan cold sores. Kebanyakan dari masalah ini berlangsung sekitar satu minggu dan hilang tanpa perlunya pengobatan. Biasanya, sariawan jenis ini muncul di bibir anda, tapi mungkin juga timbul di langit-langit mulut anda.

Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care
Pembengkakan di Langit-langit Mulut- Global Estetik Dental Care

Ketidakseimbangan elektrolit
Elektrolit adalah mineral dalam cairan tubuh, darah, dan urin. Mempertahankan kadar elektrolit yang memadai sangat penting untuk fungsi tubuh yang tepat. Bila kadar elektrolit menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi, anda mungkin mengalami sejumlah gejala, termasuk pembengkakan di langit-langit mulut anda.

Konsumsi alkohol
Orang yang bertipikal peminum berat dan mengalami mabuk di hari berikutnya mungkin akan merasakan pembengkakan dan ketidaknyamanan di atap mulut mereka. Itu karena alkohol mendorong tubuh anda untuk melepaskan lebih banyak air seni, yang bisa membuat anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering. Mulut kering yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan atau masalah di langit-langit mulut.

Kanker mulut dan kondisi serius lainnya
Dalam kasus yang jarang terjadi, pembengkakan di langit-langit mulut anda mungkin merupakan gejala dari masalah kesehatan yang serius, seperti kanker mulut. Begitu juga jika pembengkakan di langit-langit mulut disertai dengan masalah di perut, bisa jadi ini merupakan tanda hepatitis.

 

Comment on "Pembengkakan di Langit-langit Mulut – Penyebab"

  1. Ali

    Cara menghilangkanya bagaimana?

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat