Pasca Operasi Gigi Bungsu Depok

Pasca operasi gigi bungsu depok

Pasca operasi gigi bungsu depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Seperti yang kita ketahui bahwa saat gigi geraham atau bungsu ini tumbuh, sebagian orang akan merasakan sakit dan juga nyeri. Tentunya beberapa orang memiliki pengalaman akan rasa sakit yang di derita berbeda satu sama lain, bukan tidak mungkin untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan melakukan operasi pengangkatan gigi bungsu atau geraham hal ini biasa dikenal dengan sebutan odontektomi. 

Pasca operasi gigi bungsu depok – Saat ini mungkin saja kamu baru selesai melakukan operasi pengangkatan gigi geraham atau gigi bungsu, tapi kamu tahu ngga ternyata semuanya belum selesai disitu aja. Ada banyak hal yang mesti kamu ketahui terkait resiko apa saja yang akan timbul hingga bagaimana perawatan pasca operasi pengangkatan gigi bungsu atau geraham ini. 

Tips Pasca Operasi Gigi

Yuk kita simak, tips-tips apa saja yang bisa kamu lakukan setelah selesai melakukan operasi pengangkatan gigi geraham dan bungsu ini:

  1. Menggunakan kain kassa untuk menghentikan proses pendarahan

Kain kassa ini nantinya akan berfungsi untuk meredakan pendarahan yang terjadi akibat operasi gigi geraham atau bungsu ini, kamu bisa menggigit kain kasa atau kapas yang telah diberikan oleh dokter di bekas lokasi operasi ini. Selain itu kamu juga harus mengganti kain kasa atau kapas secara berkala hingga darah benar-benar berhenti. Hal yang perlu kamu ingat yaitu hindari untuk mengelupasi gumpalan darah yang ada di bekas operasi, karena ini berbahaya bisa saja kamu terkena infeksi kembali dan membuat proses penyembuhan ini akan jauh lebih lama. 

  1. Kompres rahang yang membengkak dengan air es atau es batu

Es batu atau air dingin juga bisa kamu gunakan untuk meredakan rasa nyeri dan juga bengkak, kamu bisa mengompres rahang di sisi bekas operasi ini dengan es batu ataupun air dingin. Tetapi setelah mengompres dengan air dingin dan dirasa belum kunjung reda juga, kamu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang biasanya telah diresepkan oleh dokter atau mungkin bisa saja obat pereda nyeri lainnya yang dijual bebas tanpa resep dokter misalnya seperti paracetamol dan lainnya. 

  1. Istirahat dan juga minum air yang cukup 

Ini merupakan point paling penting, kamu harus beristirahat sekitar 1 sampai dengan 2 hari setelah proses operasi. Selain itu kamu juga harus menghindari melakukan aktivitas fisik secara berlebihan setidaknya selama 1 minggu pasca operasi. Selain itu kamu juga bisa meminum air putih yang cukup kurang lebih 8 sampai dengan 13 gelas per harinya. Untuk minum kamu juga harus menghindari dulu menggunakan sedotan setidaknya selama 1 minggu, ini untuk mecegah gesekan antara sedotan dengan gigi karena mungkin saja sedotan ini bisa melukai gigi kita. 

  1. Makan makanan yang berstekstur lunak dan juga berair

Tips ke empat ini kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang berstekstur lunak, setidaknya 1 x 24 jam pasca operasi berlangsung. Kemudian pada hari berikutnya kamu bisa meningkatkan tekstur makanannya sedikit demi sedikit. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan-makanan yang terlalu keras, makanan yang memerlukan waktu lebih lama ketika mengunyahnya, serta makanan-makanan yang panas dan juga pedas. 

  1. Hindari minuman-minuman yang berbahaya bagi penyembuhan gigi

Ada juga beberapa minuman yang perlu kamu hindari misalnya minuman-minuman yang mengandung alcohol, kafein, soda ataupun air yang terlalu panas selama proses penyembuhan ini.

  1. Dilarang menyikat gigi selama 24 jam pertama pasca operasi

Pasca operasi nanti kamu disarankan untuk tidak menyikat gigi selama 24 jam pertama. Hal ini memang dianjurkan secara umum terutama oleh dokter, jadi seperti menyikat gigi, meludah ataupun menggunakan obat kumur selama 24 jam pasca operasi ini dilarang ya. Tetapi setelah lewat 24 jam ini, kamu mulai bisa menyikat gigi dengan sangat lembut dan penuh hati-hati terutama pada area bekas operasi. Selain itu kamu dianjurkan untuk berkumur dengan air garam setiap 2 jam sekali sehabis makan, setidaknya car aini dilakukan selama 1 minggu setelah operasi berlangsung. 

Tumbuh gigi  bungsu, kenapa perlu operasi?

Pasca operasi gigi bungsu depok – Gigi geraham atau biasa yang dikenal dengan sebutan gigi bungsu (wisdom teeth) atau terkadang dikenal dengan sebutan gigi geraham ketiga merupakan gigi yang tumbuh paling akhir dibandingkan gigi lainnya, yaitu biasanya pada rentang usia 17 tahun sampai dengan 22 tahun, bahkan terkadang gigi bungsu ini tak jarang ditemukan tumbuhnya bisa lebih dari rentang umur tersebut. Disebut dengan sebutan gigi bungsu, dikarenakan gigi ini tumbuh paling akhir dibandingkan gigi lainnya. 

Bukan hal yang aneh juga bila kamu mengalami pertumbuhan gigi geraham atau bungsu di usia 20 tahunan. Karena pada faktanya manusia memiliki tiga gigi molar atau geraham di setiap bagian rahang dan juga gigi geraham ketiga yang letaknya berada di ujung rahang, lazimnya memang baru tumbuh di usia sekitar 18 tahun. Itulah sebabnya gigi geraham atau gigi bungsu ini memang munculnya paling akhir.

Karena tumbuh sebagai gigi yang paling akhir tentunya, gigi geraham atau bungsu ini sering menyebabkan rasa sakit. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya tatanan gusi pada rahang yang sudah tetap sehingga rahang tidak bisa mnerima pertumbuhan gigi lain, karena ketika gigi lain akan tumbuh artinya rahang harus memberikan tempat pada gigi geraham bungsu itu.

Pada beberapa kasus pertumbuhan gigi geraham atau bungsu ini menimbulkan rasa sakit yang parah, sehingga membuat penderita tidak sanggup menahan rasa sakitnya. Untuk kasus-kasus seperti ini maka membutuhkan operasi gigi bungsu. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena operasi gigi bungsu ini termasuk prosedur yang aman dan juga kamu akan disarankan oleh dokter untuk melaksanakan prosedur ini. 

 

Tips menjaga kesehatan gigi 

Pasca operasi gigi bungsu depok – Menjaga kesehatan gigi tidak hanya dilakukan dengan sikat gigi secara rutin saja atau dengan scaling gigi, tetapi bisa juga dengan menjaga apa yang kita konsumsi yaitu makanan dan minuman yang kita konsumsi. Mulai saat ini konsumsi lah makanan dan minuman yang sehat.

Karena makanan dan minuman sehat ini tidak hanya akan menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat membatu memperkuat dan menyehatkan gigi. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi gigi dan tentunya juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit gigi. 

Perlu diketahui bahwa lemak, keju, yoghurt berprotein rendah, buah-buahan, sayur-sayuran, seledri, wijen, dan teh hijau serta makanan yang mengandung banyak protein ini  baik untuk tubuh. Selain itu untuk kamu yang sangat menyukai permen, maka kamu bisa mengurangi untuk mengkonsumsi permen karet. 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof