Pasang Gigi Palsu Depok

Pasang gigi palsu depok

Pasang gigi palsu depok

 

Pasang Gigi Palsu Depok

Pasang gigi palsu depok – Gigi yang tanggal atau ompong bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya penyakit gusi (periodontitis). cedera atau trauma pada rongga mulut, ataupun faktor penuaan. Apa pun penyebabnya, gigi yang ompong harus segera digantikan dengan gigi palsu karena berfungsi sebagai pengganti fungsi gigi asli.

Apa itu gigi palsu?

Pasang gigi palsu depok – Gigi palsu merupakan gigi tiruan yang bisa dilepas pasang untuk menggantikan gigi asli yang hilang, biasanya disebut gigi palsu lepasan (removable denture). Pemasangan gigi palsu merupakan salah satu prosedur dalam merapikan gigi dan dapat menjadi opsi jika ada banyak gigi yang hilang. Gigi palsu dapat dibuat semirip mungkin dengan gigi asli. 

Harga Pasang Gigi Palsu di Depok – Tak hanya untuk estetika, gigi palsu juga berfungsi untuk mengembalikan kemampuan mengunyah atau berbicara secara normal. Gigi lepasan umumnya lebih direkomendasikan dibandingkan gigi permanen karena harganya yang jauh lebih murah dan prosedur pemasangannya yang relatif lebih cepat. Selain memiliki fungsi yang sama dengan gigi asli, gigi palsu mampu mengembalikan bentuk asli pipi dan mulut. Selain itu, senyuman akan tampak lebih indah dipandang serta membuat kemampuan bicara menjadi lebih baik.

Jenis gigi palsu dan bagaimana pemasangannya?

Pasang Gigi Palsu Murah di Depok – Langkah pertama dalam menentukan jenis gigi palsu akan disesuaikan dengan kondisi rongga mulut pasien. Karena berkaitan dengan mulut dan gigi secara menyeluruh, maka harus dilakukan oleh dokter ahli. Secara umum, gigi palsu dibedakan menjadi dua, yaitu lepas pasang dan permanen. Berikut adalah gigi palsu lepasan berdasarkan jenisnya :

  • Gigi tiruan lengkap

Gigi tiruan lengkap merupakan gigi palsu untuk menggantikan semua gigi yang hilang, baik itu gigi bagian atas, gigi bagian bawah, maupun keduanya. Jenis gigi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk mengatasi gigi ompong pada usia lanjut.

  • Gigi tiruan sebagian

Gigi tiruan sebagian merupakan gigi palsu untuk menggantikan dan mengisi celah pada satu atau lebih gigi yang hilang. Jenis gigi ini biasanya menggunakan material plastik, nilon, atau pelat logam yang dikaitan dengan gigi asli yang masih tersisa.

Gigi palsu juga dapat dibedakan berdasarkan bahan dasarnya, yaitu :

A. Gigi berbahan dasar akrilik

Gigi jenis ini biasa dipasang pada gigi geraham kiri dan kanan atas. Gigi berbahan dasar akrilik termasuk dalam gigi tiruan Sebagian, dipasang menggunakan kawat untuk menyambungkan gigi-gigi yang masih tersisa pada rahang dan biasanya dipasang apabila hanya 1-2 gigi saja yang hilang.

B. Gigi berbahan lentur

Gigi berbahan valplast bersifat lentur. Umumnya digunakan untuk gigi geraham kiri dan kanan bagian bawah. Jenis gigi ini tidak membutuhkan kawat untuk menempel pada gusi, dan warnanya pun lebih mudah disesuaikan dengan warna gusi, serta bentuknya lebih tipis daripada gigi berbahan akrilik.

Berikutnya adalah jenis gigi palsu permanen :

A. Dental implant

Dental implant ditempatkan pada gigi menggunakan sekrup implant yang lebih dulu ditanam dalam rahang melalui prosedur operasi pembedahan. Gigi palsu permanen dapat digunakan untuk mengganti satu gigi, atau seluruh gigi yang tanggal.

B. Dental bridge

Jenis gigi palsu dental bridge digunakan untuk menggantikan gigi geraham bagian bawah. Prosedurnya dilakukan dengan merekatkan gigi palsu dengan gigi-gigi asli di sebelahnya.

Apa saja persiapan sebelum pemasangan gigi palsu?

Pasang gigi palsu depok – Sebelum pasang gigi palsu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bedah mulut. Dokter akan memeriksa bagaimana keadaan gusi dan tulang penyokong gigi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat. Dokter akan meminta pasien untuk melakukan rontgen gigi ataupun film panoramik. Kemudian dokter juga akan menanyakan riwayat medis secara menyeluruh. Sampaikan kepada dokter abila memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang rutin meminum obat jenis apa pun.

Apabila ditemukan masalah pada tulang rahang, dokter akan lebih dahulu menjalankan prosedur bedah mulut untuk memperbaiki dan mencegah masalah yang mungkin terjadi pada gigi palsu nantinya. Jika kondisi gigi dan mulut sudah dalam keadaan baikdokter baru akan melanjutkan prosedur pemasangan gigi palsu.

 

Prosedur pemasangan gigi palsu

Pasang gigi palsu depok – Setiap jenis gigi palsu memiliki prosedur pemasangan yang berbeda. Berikut ini prosedur umum yang dilakukan pada pada pemasangan gigi palsu :

  • Pemasangan gigi tiruan lengkap

Gigi palsu lengkap dipasang setelah semua gigi dicabut. Proses ini dapat dilakukan baik setelah menunggu beberapa waktu (konvensional) atau dilakukan segera setelah cabut gigi. Apabila menggunakan metode konvensional, dokter akan menunggu hingga gusi dan tulang penyokong gigi sembuh terlebih dulu untuk menyesuaikan keadaan gigi palsu. Proses ini berlangsung sekitar 2–3 bulan. Selama kurun waktu tersebut, dokter akan memberikan gigi buatan sementara agar lebih mudah mengunyah dan menggigit makanan.

Pada metode pemasangan segera setelah cabut gigi, dokter bisa langsung membuat gigi tiruan setelah semua gigi atas dan bawah dicabut. Metode ini memerlukan waktu penyesuaian dan kunjungan ke dokter gigi yang lebih sering karena gusi dan tulang penyokong gigi dapat menyusut serta berubah bentuk dengan cepat. Kondisi ini dapat berlangsung hingga enam bulan sejak gigi dicabut. Maka dari itu, gigi palsu ini perlu sering disesuaikan atau diganti tergantung hasil konsultasi dengan dokter gigi.

  • Pemasangan gigi tiruan sebagian

Gigi palsu sebagian terdiri dari satu atau lebih gigi pengganti yang melekat pada plastik berwarna merah muda yang mirip dengan gusi. Kerangka logam ditempatkan untuk menahan gigi buatan tetap berada pada tempatnya. Ini berfungsi sebagai pengait agar lebih mudah melepas dan memasang gigi palsu. Sebelum memasang gigi palsu, dokter akan mencetak gigi dan tulang penyokong gigi menggunakan lilin khusus cetakan tersebut harus dicobakan beberapa kali agar gigi palsu nantinya benar-benar pas dan nyaman ketika digunakan. Ketika pertama kali menggunakan gigi palsu sebagian, biasanya akan terasa agak aneh dan seperti ada yang mengganjal pada rongga mulut dan akan menghilang dengan sendirinya seiring waktu, kurang lebih beberapa minggu.

Hal-hal yang dilakukan setelah prosedur pemasangan gigi palsu

Pasang gigi palsu depok – Gigi palsu harus dirawat agar fungsinya tetap optimal dan awet digunakan. Berikut ini adalah beberapa Langkah yang harus diperhatikan setelah memasang gigi palsu.

  • Lepas dan segera cuci gigi tiruan dengan air mengalir setelah makan agar terbebas dari plak dan sisa makanan yang menempel.
  • Gigi palsu dialasi dengan lap, kain, atau tisu untuk menghindari gigi pecah atau terjatuh ke tempat yang tidak bersih ketika mencuci.
  • Jangan menekuk plastik atau pengait agar tidak rusak saat membersihkannya.
  • Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang tidak abrasif.
  • Bersihkan gigi tiruan sesuai dengan alur gigi dan gusi.
  • Rendam gigi tiruan dalam larutan khusus atau air bersih semalaman untuk menjaga kelembapan gigi. Jangan gunakan air panas karena dapat mengubah bentuknya menjadi melengkung.

 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok di Dalam Gedung ITC-nya yaa..)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof