PASANG GIGI KELINCI BOGOR

 

 

Veneer gigi kelinci bogor – Veneer gigi menjadi sebuah pilihan untuk mempercantik tampilan gigi. Bahkan, sebagian orang memasang veneer gigi hanya untuk mengikuti tren membuat gigi kelinci.  Veneer gigi bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi. Seperti, gigi yang mengalami perubahan warna menjadi gelap, hipokalsifikasi enamel menyebabkan munculnya warna bercak putih pada gigi, gigi renggang, gigi depan memiliki kelainan bentuk konus, gigi yang patah sebagian, gigi depan yang posisinya mundur ke belakang, gigi yang miring, dan lain sebagainya.

 

pasang gigi kelinci bogor

pasang gigi kelinci bogor

 

Veneer gigi kelinci bogor – Perlu diketahui bahwa veneer gigi ini harus dipasang secara profesional oleh ahlinya yaitu dokter gigi. Banyak beredar dari cerita orang-orang yang sembarangan memasang veneer gigi dengan hasil berantakan.

Apa sebenernya tentang veneer gigi?

Veneer gigi adalah sebuah lapisan tipis yang dipasang pada permukaan gigi wsecara permanen untuk memperbaiki tampilan gigi menjadi lebih cantik untuk dipandang. Tujuan penggunaan veneer gigi yaitu untuk mengembalikan tingkat rasa percaya diri seseorang. Veneer gigi terbuat dari bahan lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi bagian permukaan depan gigi. Pemasangan veneer gigi disarankan terlebih dahulu melakukan konsultasi di klinik gigi. Sangat disarankan bagi pasien untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu agar dapat mengenali permasalahan gigi yang dialami. Dengan begitu, dokter akan memberikan prosedur perawatan gigi yang terbaik dan cocok untuk pasien.

Penggunaan veneer gigi untuk apa saja?

Veneer dapat digunakan pada gigi yang mengalami kondisi seperti:

  1. Diskolorisasi gigi akibat terkena flourosis tetrasiklin, devitalisasi gigi, dan proses menua.
  2. Maloklusi pada gigi.
  3. Kerusakan permukaan gigi, misalnya retak kecil akibat trauma.
  4. Hipoplasia email atau bentuk gigi tidak wajar.
  5. Gigi renggang antara gigi yang lain.
  6. Fraktur pada tepi gigi.
  7. Gigi aus namun masih ada email yang masih tersisa.

Selain itu, saat ini veneer banyak diminati untuk membuat gigi kelinci atau mengikuti tren saja. Konsultasikan pada dokter apakah prosedur tersebut dapat digunakan pada gigi Anda.

Macam-macam veneer pada gigi

Beberapa macam veneer gigi terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan veneer itu sendiri. Kedua macam itu meliputi porselen dan resin komposit. Veneer yang berbahan resin memiliki keunggulan lebih murah, kemungkinan dalam pertemuan yang singkat, dan lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan. Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan yaitu ketahanannya hanya sampai 5 tahun, mudah patah, dan bisa berubah warna dengan sendirinya. Bahan kedua yaitu porselen. Bahan ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya ketahanannya lebih lama hingga 20 tahun, tidak mudah berubah warna, dan lebih tahan dari retak atau patah. Kekurangan dari veneer bahan porselen yaitu harganya tergolong lebih mahal, pertemuan yang diperlukan lebih banyak, dan lebih sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Teknik Pengerjaan Veneer Gigi

Veneer gigi dilakukan dengan dua teknik pengerjaan, yakni teknik direct dan teknik indirect. Direct atau yang biasa disebut veneer komposit, yaitu jenis veneer yang dapat dilakukan dalam rentang waktu singkat atau dalam kata lain, sehari saja. Setelah melakukan konsultasi ke dokter gigi, permukaan gigi pasien akan sedikit diasah dan veneer gigi langsung dibentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan oleh pasien. Sedangkan, mekanisme perawatan indirect veneer dilakukan dalam jangka waktu lebih lama. Hasil gigi yang telah diasah akan dicetak dan dikirimkan ke laboratorium untuk dibuatkan veneer yang berbahan porcelain. Lalu, untuk gigi yang sudah diasah akan dibuatkan veneer sementara, sambil menunggu veneer porselen dari laboratorium. Biasanya lama pengerjaan veneer di laboratorium kurang lebih sampai dengan satu minggu.

Perbedaan keduanya terletak pada bahan dan jangka waktu ketahanannya. Bahan porselen lebih baik untuk menolak noda dan dapat bertahan kurang lebih 15 tahun. Sedangkan, direct veneer hanya dapat bertahan sekitar 5 tahun.

6 Jenis Gigi Yang Tidak Boleh Pasang Veneer

Meskipun veneer gigi terkenal sebagai perawatan untuk mendapatkan gigi yang sempurna, namun tidak semua orang boleh memasang veener. Ada 6 jenis gigi yang tidak boleh dipasang veneer. Apa saja itu?

  1. Gigi yang memiliki lapisan enamel sedikit.
  2. Gigi yang posisinya maju kedepan.
  3. Gigi yang renggang terlalu jauh dengan gigi lainnya.
  4. Gigi dengan kesehatan rongga mulut yang kurang baik.
  5. Gigi berjejal, bertumpuk depan belakang, atau ekstrem.
  6. Gigi yang sering menggigit benda keras.

Enam poin di atas adalah sebuah kontraindikasi untuk pemasangan veneer gigi.

 

pasang gigi kelinci di bogor

pasang gigi kelinci di bogor

 

Dampak Negatif Pemasangan Veneer Gigi Yang Sembarangan

  1. Sisa-sisa makanan yang menyangkut dan menempel di gusi sulit untuk disikat, sehingga menyebabkan bakteri mudah masuk.
  2. Gusi berdarah, ketika bakteri mudah berkembang biak akibat veneer yang berantakan bisa terjadi peradangan gusi (gingivitis). Tanda-tandanya pada gusi tampak bengkak memerah dan mudah berdarah saat disikat. Masalah peradangan ini dapat berakibat pada kondisi yang lebih serius yaitu infeksi gusi.
  3. Pasien mengalami pendarahan gusi spontan. Setelah dilakukan pemeriksaan, selain karena penumpukan kotoran pada gusi, ternyata tepi lapisan pada veneer yang dipasang juga terlalu tajam.
  4. Bau mulut. Apa yang terjadi bila kotoran dalam mulut sulit dibersihkan akibat veneer berantakan? Dampaknya yang terjadi adalah bau mulut (halitosis).
  5. Gigi berantakan. Karena pemasangan veneer yang sembarangan, akhirnya membuat formasi gigi menjadi berantakan. Banyak contoh veneer yang melorot, menimbulkan gigi gingsul, hingga sulit dipakai mengunyah karena bentuk yang tidak sesuai.

Efek Samping Pemasangan Veneer Gigi

Di samping memberikan manfaat pada tampilan gigi yang lebih optimal, tidak bisa dipungkiri bahwa pemasangan veneer ini juga memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek samping veneer gigi yang perlu untuk diwaspadai:

  1. Warna Gigi Asli Menjadi Tidak Merata

Warna veneer gigi tergantung pada warna dasar gigi asli. Oleh karena itu, warna alami gigi menentukan warna dan jenis veneer apa yang akan dipasang. Pemasangan veneer pada gigi dapat mengalami perubahan warna atau munculnya noda di tepian gigi. Hal ini disebabkan oleh kelembaban saat dokter memasang veneer.

  1. Warna Veneer Tidak Bisa Diperbaiki Kembali Jika Sudah Terpasang

Dokter gigi tidak bisa memperbaiki warna veneer setelah dilakukan pemasangan. Warna asli veneer biasanya bisa bertahan dalam jangka waktu 5-10 tahun setelah pemasangan. Pastikan kamu memasang veneer di dokter gigi yang sudah berpengalaman, agar tidak menyesal di kemudian hari. Dengan begitu, hasilnya akan optimal dan merasa aman dan nyaman saat pemasangan veneer.

  1. Bisa Terjadi Permasalahan saat Pemasangan Veneer

Permasalahan saat pemasangan veneer bisa saja terjadi. Misalnya, posisi lapisan veneer tidak sesuai dapat memicu kerusakan gigi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan munculnya pembusukan pada bagian luar tepi veneer. Lapisan veneer bisa berlendir atau bertekstur kasar. Hal ini bisa menyebabkan benang gigi masuk ke tepi veneer yang mengakibatkan sulit untuk membersihkan gigi dan menyebabkan gusi lebih rentan teriritasi.

  1. Gigi Jadi Sensitif

Pemasangan veneer mengharuskan dokter untuk mengikis enamel gigi dari permukaan gigi. Lapisan enamel yang wajib dikikis ini bisa membuat gigi jadi sensitif. Gigi sensitif bisa menyebabkan ngilu pada gigi saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin atau panas. Kondisi ini bisa mematikan jaringan gigi. Hal ini dikarenakan lapisan enamel gigi terlalu banyak dikikis. Veneer gigi yang terbuat dari bahan porselen bisa mudah retak. Gigi yang dipasang veneer dapat rusak jika mengunyah atau menggigit benda atau makanan keras. Hal ini memberikan tekanan terlalu banyak pada lapisan veneer, sehingga gigi menjadi longgar atau rontok.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584            

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof