Pasang Behel Anak Harus Dilakukan Pada Saat yang Tepat

dokter gigi jakarta pasang behel anak

Pasang Behel Anak Harus Dilakukan Pada Saat yang Tepat

Global Estetik – Banyak orang tua yang tidak tahu bahwa behel sebenarnya adalah alat untuk mengoreksi letak gigi yang tidak beraturan jadi periode pasang behel anak juga perlu dipertimbangkan. Perawatan ini juga menyesuaikan rahang atas dan rahang bawah, dengan cara membuat tekanan selama periode tertentu dan bertahap mengubah gigi ke arah tertentu, dengan cara: mengatur, mendorong dan menahan pergerakan gigi.

Kelainan gigi bisa akibat faktor bawaan atau keturunan. Misalnya,  si kecil mewarisi gigi besar dari ayah, tapi rahangnya kecil seperti ibunya. Alhasil, gigi berjejalan menempati ruang rahang yang sempit. Bisa karena pertumbuhan rahang atas tidak seimbang dengan rahang bawah.

Kelaian gigi bisa karena faktor lingkungan. Misal, gigi tanggal sebelum waktunya karena berlubang atau mengalami kecelakaan. Kebiasaan buruk seperti mengisap ibu jari atau mengisap dot bisa membuat gigi tongos atau gigi depan renggang.

Waktu Paling Tepat untuk Pasang Behel Anak

pasang behel anakKapan anak boleh pasang behel? Dr. drg. Yosi Kusuma Eriwati, MSi, staf pengajar  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menjelaskan, “Behel bisa dipasang kapan saja, selama gigi anak sudah tumbuh.”

Pemasangan behel dilihat dari kebutuhan. Dokter gigi anak akan mengevaluasi kondisi gigi anak. “Pemakaian behel untuk mengarahkan pertumbuhan gigi atau melebarkan gusi, sehingga memberi ruang pada gigi yang akan tumbuh,”  papar drg. Yosi. Behel pada anak seyogyanya untuk perawatan gigi; bukan untuk penampilan.

Untuk anak usia 7 tahun, digunakan behel removable atau yang bisa pasang-lepas sesuai keinginan anak. Pada usia ini, masalah gigi biasanya mulai muncul. Seperti, gigi berlubang karena  makanan manis dan malas gosok gigi, atau gigi tanggal karena benturan.

Di usia ini pula, gigi susu mulai tanggal digantikan gigi tetap. Orangtua harus memerhatikan munculnya gigi tetap di bagian depan dan geraham belakang, karena lapisan gigi ini memiliki ukuran paling besar dan memerlukan lebih banyak ruang.

Kemudahan merawat behel removable. Cukup dilepas dan rendam di air saat anak tidur supaya plat behel tidak rusak. Penggunaan behel saat anak berusia 9 tahun ke atas berfungsi  membuat gigi lebih rata dan menahan gigi susu supaya tidak bertambah besar. Inilah mengapa sangat krusial untuk mengetahui timing terbaik untuk pasang behel anak.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat