[Part 3] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

[Part 3] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

Global Estetik – Jika lidah anda sakit, keluhan ini bisa sangat sulit untuk diabaikan. Ini mungkin mengganggu  saat anda berbicara atau makan, dan anda mungkin khawatir ada yang salah. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar penyebab lidah yang sakit bukanlah alasan yang terlalu berlebihan. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum, dan alasan yang membuat anda harus pergi ke dokter pilihan anda.

9. Neuralgia
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Neuralgia diakibatkan oleh iritasi syaraf atau kerusakan. Mungkin alasan orang mengalami sakit lidah berulang jika tidak ada penyebab lain yang jelas, seperti trauma atau infeksi. Jenis rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini sangat kuat, seperti sengatan listrik. Anda mungkin merasakannya di lidah atau di tenggorokan, amandel, atau telinga. Bisa dipicu dengan menelan dan bisa terjadi pada penderita kanker tenggorokan atau leher. Jika tidak, penyebabnya tidak selalu diketahui.

Jika anda akhirnya mengalami kondisi ini, anda mungkin perlu minum obat untuk mengatasi rasa sakit saraf atau mendiskusikan opsi operasi dengan dokter pilihan anda.

10. Lichen planus

Liken planus adalah masalah kulit kronis yang menyebabkan sesuatu dari ruam gatal pada kulit anda ke bercak putih dan nyeri di lidah anda. Kasus lebih ringan gangguan ini mungkin tidak menyebabkan ketidaknyamanan sama sekali. Gejala lainnya termasuk bercak merah atau putih di mulut anda atau sensasi terbakar saat makan atau minum.

11. Penyakit Behcet

Penyakit Behcet menyebabkan pembengkakan pembuluh darah ke seluruh tubuh. Ini adalah alasan langka untuk sakit lidah, tapi bisa menyebabkan luka mulut yang terlihat seperti sariawan. Luka ini mulai berputar, menimbulkan area iritasi. Mereka bisa bertahan dari satu sampai tiga minggu dan mungkin akan kembali dengan waktu.

Gejala lain dari kondisi ini meliputi:

  • Luka dan benjolan seperti jerawat pada kulit
  • Peradangan di mata
  • Nyeri sendi
  • Masalah pencernaan
12. Glossitis Moeller

Glossitis Moeller juga disebut glossitis atrofi atau bahkan lidah “botak” atau “mulus”. Kondisi ini merupakan jenis radang lidah. Hal itu bisa menyebabkan rasa sakit, iritasi, atau sensasi terbakar. Lidah penderitanya bisa menjadi halus dan bahkan mengilap dalam penampilan karena taste bud mengalami atrofi. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan kekurangan gizi, seperti kekurangan vitamin B-12 atau anemia, atau bahkan penyakit celiac.

Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Hubungi dokter atau dokter gigi pilihan anda jika anda melihat adanya perubahan pada lidah anda. Perubahan ini mungkin mencakup sesuatu dari perubahan warna, benjolan, dan luka rasa sakit yang berlanjut selama dua minggu atau lebih.

Dalam banyak kasus, rasa sakit bukanlah alasan untuk khawatir, namun dokter anda dapat membantu Anda menyingkirkan penyebab ketidaknyamanan lidah yang lebih langka, seperti pemfigus vulgaris atau kanker mulut. Dokter nantinya juga dapat memberi resep obat untuk menangani sariawan, infeksi, atau masalah lain yang terkendali sehingga anda merasa lebih baik dengan segera.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat