[Part 2] Konsep Kesehatan Gigi Pada Pasien Dewasa dan Anak-Anak

klinik gigi bandung

[Part 2] Konsep Kesehatan Gigi Pada Pasien Dewasa dan Anak-Anak

Global Estetik – Berbagai penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah menyimpulkan pentingnya mulai memperkenalkan anak-anak di awal kehidupan mereka dengan kebersihan gigi dan perawatan mulut yang baik. Menurut penelitian, penyakit masa kanak-kanak kronis yang paling umum adalah kerusakan gigi, mempengaruhi 50 persen anak-anak kelas satu dan 80 persen remaja di usia 17 tahun. Perawatan dini mencegah masalah yang memengaruhi kesehatan anak, kesejahteraan, citra diri, dan pencapaian secara keseluruhan.

The National Institute of Dental & Craniofacial Research di Amerika Serikat memperkirakan bahwa anak-anak akan kehilangan 52 juta jam sekolah setiap tahun karena masalah kesehatan mulut dan sekitar 12,5 juta hari kegiatan terbatas setiap tahun akibat masalah pada gigi. Karena ada kerugian yang signifikan dalam kinerja akademis mereka, Klinik Global Estetik menjadikan prioritas kesehatan mulut anak-anak sebagai salah satu perhatian pertama kami.

Konsep Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Konsep Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Orangtua bertanggung jawab untuk memastikan anak-anak mereka mempraktekkan kebersihan gigi yang baik. Orang tua harus memperkenalkan perawatan mulut yang tepat di awal kehidupan seorang anak – sedini bayi. American Dental Hygiene Association menyatakan bahwa perawatan rutin kebersihan mulut yang baik untuk anak-anak meliputi:

  • Secara seksama bersihkan gusi bayi Anda setelah setiap kali menyusui dengan kain bayi yang dibasahi air. Ini akan merangsang jaringan gusi dan mengangkat sisa makanan.
  • Dengan lembut menyikat gigi bayi Anda yang erupsi dengan sikat gigi kecil berbulu lembut dan menggunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong.
  • Mengajarkan anak Anda pada usia 2 atau 3 tahun tentang teknik menyikat gigi yang baik dan kemudian mengajarkan mereka cara menyikat gigi dan membersihkan dengan lembut sampai usia 7 atau 8 tahun.
  • Pastikan kunjungan rutin dengan dokter gigi mereka untuk memeriksa gigi berlubang dan untuk mencegah kemungkinan masalah perkembangan.
  • Mendorong anak Anda untuk mendiskusikan ketakutan apa pun yang mungkin mereka miliki tentang kunjungan ke dokter gigi, tetapi usahakan untuk tidak menyebutkan kata-kata seperti “rasa sakit” atau “sakit hati,” karena ini dapat menanamkan kemungkinan rasa sakit dalam proses berpikir anak.
  • Menentukan apakah pasokan air yang melayani rumah Anda mengandung fluoride; jika tidak, diskusikan pilihan suplemen dengan dokter gigi atau ahli kebersihan gigi Anda.
  • Tanyakan kepada ahli kesehatan gigi atau dokter gigi pilihan Anda tentang aplikasi sealant untuk melindungi permukaan gigi anak Anda dan tentang kerusakan gigi botol, yang terjadi ketika gigi sering terpapar cairan gula.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat