[Part 2] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

[Part 2] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

Global Estetik – Jika lidah anda sakit, keluhan ini bisa sangat sulit untuk diabaikan. Ini mungkin mengganggu  saat anda berbicara atau makan, dan anda mungkin khawatir ada yang salah. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar penyebab lidah yang sakit bukanlah alasan yang terlalu berlebihan. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum, dan alasan yang membuat anda harus pergi ke dokter pilihan anda.

5. Sensitivitas makanan atau alergi

Yap – makanan tertentu bisa membuat lidah kitasakit. Anda mungkin memiliki apa yang disebut sindrom alergi oral. Kondisi ini juga dikenal sebagai sindrom tepung sariawan, dan ini paling sering disebabkan oleh buah-buahan mentah, sayuran, dan kacang pohon tertentu.

Seiring dengan lidah yang sakit, anda mungkin akan mengalami:

  • Sensasi Gatal Mulut
  • Tenggorokan gatal
  • Bengkak dengan bibir, mulut, atau lidah

Sindrom alergi oral lebih cenderung dimulai pada anak yang lebih besar, remaja, dan orang dewasa muda. Jika reaksi yang anda derita cukup parah, dokter mungkin menyarankan anda membawa injektor auto epinefrin.

6. Merokok
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Merokok – dan bahkan berhenti merokok – bisa menyebabkan rasa sakit pada lidah. Saat anda merokok, anda juga berisiko terkena kanker di mulut dan tenggorokan anda. Masalah lain yang dapat muncul di mulut anda akibat merokok meliputi:

  1. Gigi bernoda
  2. Bau mulut
  3. Kerusakan gigi dan kerugian
  4. Lidah berbulu dari bakteri dan pertumbuhan ragi
  5. Bintik coklat pada gusi
  6. Penebalan langit-langit dan pucat atau putih, pada atap mulu

Menghentikan merokok saat ini dapat mengurangi separuh risiko anda terkena kanker mulut dalam lima tahun, menurut sebuah laporan dari seorang ahli bedah A.S. untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

7. Kekurangan Vitamin dan Anemia
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Anda mungkin memiliki lidah yang lembut dan sakit jika tubuh anda kekurangan vitamin B-12, zat besi, atau folat. Jika anda kekurangan vitamin B-12, lidah mungkin juga berwarna merah kekuningan. Tingkat zinc yang rendah bisa menyebabkan lidah terbakar.

Gejala kekurangan vitamin lainnya meliputi:

  • kelelahan
  • pusing
  • detak jantung tidak teratur
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • kelemahan otot
  • mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki

Kekurangan vitamin umumnya berkembang dalam jangka waktu yang panjang – dari beberapa bulan sampai beberapa tahun. Pengobatan melibatkan makan makanan seimbang, mengonsumsi suplemen, dan terkadang mendapat suntikan vitamin.

8. Burning Tongue Syndrome

Apakah rasa sakit yang anda rasa lebih seperti terbakar? Sindroma lidah terbakar dapat menyebabkan sensasi ini pada lidah atau di area mulut lainnya, seperti bagian dalam pipi, gusi, bibir, atau langit-langit mulut. Anda bahkan mungkin merasa pada saat seperti anda telah makan makanan yang sangat panas dan telah menyiram lidah anda. Perasaan bisa terjadi tiba-tiba atau berkembang seiring berjalannya waktu. Gejala lainnya termasuk rasa haus atau mulut kering serta perubahan rasa atau kehilangan rasa.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat