[Part 1] Lika Liku Munculnya Bintik Aneh di Lidah Anda

Global Estetik – Bintik di lidah bisa terasa tidak nyaman, tapi biasanya tidak serius. Mereka sering sembuh tanpa pengobatan. Beberapa titik di lidah, mungkin menandakan masalah mendasar yang serius yang memerlukan perhatian medis segera. Anda mungkin bisa mengidentifikasi penyebab beberapa titik dengan mudah, namun ada juga yang perlu diperiksa lebih lanjut. Baca terus untuk mengetahui tentang berbagai jenis bintik, seperti apa penampilan mereka, dan kapan anda harus menemui dokter pilihan anda.

Lidah Berbulu
Munculnya Bintik Aneh di Lidah - Global Estetik Dental Care
Munculnya Bintik Aneh di Lidah – Global Estetik Dental Care

Kondisi ini akan muncul sebagai bercak hitam, abu-abu, atau coklat yang terlihat seperti rambutnya tumbuh. Lidah berbulu hitam bisa mulai keluar sebagai titik kecil dan tumbuh melapisi sebagian besar bagian atas lidah. Ini adalah penumpukan sel kulit mati yang gagal mengelupas sebagaimana mestinya. Ini bisa jadi karena kebiasaan oral, obat-obatan, atau penggunaan rokok yang buruk bagi kesehatan.

Risiko mengembangkan lidah berbulu hitam meningkat seiring bertambahnya usia dan pria mendapatkannya lebih sering daripada wanita. Apa pun yang anda masukkan ke dalam mulut anda dapat mengubah warna bintik-bintik, termasuk makanan, kafein, dan obat kumur. Bakteri dan ragi bisa bertahan sehingga menyebabkan bintik-bintik mulai terlihat seperti rambut.

Baca Juga :  Inilah Mengapa Kualitas Material Terbaik Dibutuhkan dalam Prosedur Implan Gigi

Gejala lainnya termasuk sensasi menggelitik atau terbakar pada lidah atau atap mulut. Anda mungkin juga memiliki bau mulut yang menyengat.

Gunakan sikat gigi anda di lidah atau scraper lidah setiap hari untuk mengobati lidah berbulu hitam di rumah. Itu akan membantu membersihkannya dalam beberapa minggu. Sebagian besar waktu, lidah berbulu hitam hilang tanpa intervensi medis. Jika tidak, dokter gigi atau dokter bisa menggunakan alat khusus untuk mengikis lidah anda. Konsisten dalam penggunaan sikat gigi dan scraper lidah akan mencegahnya untuk kembali.

Lidah Geografis

Lidah geografik tampak mulus, bintik merah dengan bentuk tidak teratur di bagian samping atau atas lidah. Bintik-bintik itu bisa berubah ukuran, bentuk, dan lokasi. Penyebabnya tidak diketahui. Ini tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya, tapi butuh beberapa minggu atau bulan. Dalam beberapa kasus, ini bisa berlangsung bertahun-tahun.

Baca Juga :  Rekonstruksi Mulut Total - Perawatan yang Biasanya Dikombinasikan [2]

Anda mungkin mengalami rasa sakit atau sensasi terbakar, terutama setelah mengonsumsi makanan :

  • pedas
  • asin
  • asam
  • panas
Leukoplakia
Munculnya Bintik Aneh di Lidah - Global Estetik Dental Care
Munculnya Bintik Aneh di Lidah – Global Estetik Dental Care

Kondisi ini menyebabkan bintik-bintik putih atau abu-abu yang tidak beraturan terbentuk di lidah. Penyebabnya tidak diketahui, tapi sangat terkait dengan merokok atau menggunakan tembakau tanpa asap. Ini juga terkait dengan penyalahgunaan alkohol dan dapat dikaitkan dengan trauma berulang pada lidah anda, seperti trauma yang terkait dengan gigi palsu.

Dalam sebagian besar kasus, leukoplakia termasuk jinak. Leukoplakia kadang kala mengandung sel prakanker atau kanker, jadi penting untuk menemui segera menemui dokter anda. Biopsi dapat menentukan apakah ada kekhawatiran yang berlanjut. Leukoplakia juga bisa muncul di gusi dan pipi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat