[Part 1] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

[Part 1] Beberapa Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah

Global Estetik – Jika lidah anda sakit, keluhan ini bisa sangat sulit untuk diabaikan. Ini mungkin mengganggu  saat anda berbicara atau makan, dan anda mungkin khawatir ada yang salah. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar penyebab lidah yang sakit bukanlah alasan yang terlalu berlebihan. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum, dan alasan yang membuat anda harus pergi ke dokter pilihan anda.

1. Trauma

Menggigit keras lidah anda bisa sangat menyakitkan. Mengonsumsi sesuatu yang sangat panas bisa membakar lidah dan bahkan melepuh. Menggiling gigi atau mengepalkannya bisa menyebabkan nyeri pada tepi luar lidah anda. Sama seperti saat anda menggedor lengan atau kaki anda, rasa sakit akibat trauma tidak segera hilang begitu saja. Apapun masalahnya, luka pada lidah mungkin membuatnya terasa sakit dan tidak nyaman sampai kerusakan sepenuhnya sembuh.

2. Infeksi

Anda bisa mengembangkan apa yang disebut pembesaran papila di lidah anda. Benjolan putih atau merah ini kadang disebut benjolan benjolan atau papillitis lingual sementara. Ini berarti anda memiliki lidah yang bengkak, dan terasa menyakitkan. Mereka biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Oral thrush adalah sejenis infeksi jamur yang bisa menyebabkan rasa sakit pada lidah. Anda mungkin melihat bercak putih yang terlihat seperti keju cottage di lidah. Infeksi ini lebih sering terjadi pada bayi dan orang dewasa yang lebih tua, terutama mereka yang memakai gigi palsu atau mempunyai masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Anda mungkin juga mengembangkan sariawan jika anda baru saja menggunakan antibiotik. Hal ini juga dapat terjadi pada orang yang menggunakan inhaler steroid untuk mengelola asma mereka.

Infeksi lain juga bisa memberi anda msalah pada lidah, seperti:

  • tangan, kaki, dan mulut
  • human papillomavirus
  • sifilis
3. Ulkus Mulut
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care
Penyebab Munculnya Masalah atau Sakit Pada Lidah- Global Estetik Dental Care

Rasa sakit lidah mungkin terfokus di sekitar tempat tertentu. Jika anda membuka mulut untuk melihat, anda mungkin melihat ulkus bulat atau oval atau sakit mirip dengan sariawan. Mungkin keputihan dalam penampilan atau kadang-kadang merah, kuning, atau abu-abu.

Bintik-bintik ini bisa berkembang karena sejumlah alasan, seperti:

  • menggigit lidah atau kerusakan lainnya
  • makan sesuatu yang keras atau tajam
  • mengalami stres atau kecemasan
  • makan makanan tertentu
  • berhenti merokok
  • mengalami perubahan hormon

Masalah ini biasanya sembuh setelah satu atau dua minggu tanpa pengobatan. Anda mungkin perlu mengonsumsi obat sakit over-the-counter untuk membantu meringankan ketidaknyamanan. Anda mungkin juga ingin menghindari makan seperti makanan pedas yang bisa mengganggu lidah lebih jauh.

4. Obat tertentu

Apakah anda menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid, seperti naproxen (Aleve), atau beta-blocker? Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa obat ini dapat membuat lidah anda sakit karena menyebabkan bisul. Obat kumur juga bisa mengganggu lidah anda dan membuatnya terasa sakit.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat