Paket Lengkap Pengetahuan Tentang Implan Gigi – Tipe Implan

Paket Lengkap Pengetahuan Tentang Implan Gigi – Tipe Implan

Global Estetik – Terdapat lebih dari 60 perusahaan produsen implan gigi dan / atau bahan yang digunakan untuk membuat restorasi yang ditempatkan di atasnya. Akibatnya, dokter gigi kini memiliki banyak pilihan untuk mengidentifikasi perawatan yang tepat untuk kebutuhan pasien secara individual. Namun, perlu diketahui bahwa jika anda menjalani prosedur implan oleh satu dokter gigi, kemudian menemui dokter gigi yang berbeda untuk diperbaiki, dokter gigi baru anda mungkin memiliki pengalaman terbatas dengan, atau mungkin tidak memiliki akses ke, komponen material yang digunakan oleh dokter gigi sebelumnya. Jadi sangat krusial untuk memilih klinik dokter gigi yang telah berpengalaman dalam meng-handle segala masalah dan tantangan dalam dunia kedokteran gigi.

Implan gigi biasanya dikategorikan berdasarkan jenis prosedur yang digunakan untuk menempatkannya:

  • Implan Dua Tahap: Prosedur dua tahap melibatkan pembedahan untuk menempatkan implan ke dalam tulang rahang dan menutup (menjahit) jaringan gusi. Beberapa bulan setelah penyembuhan, operasi kecil dilakukan untuk mengoleskan abutment dan restorasi sementara.
    • Endosteal (Endosseous) Implants: Ditempatkan di tulang rahang, endosteals adalah tipe yang paling sering digunakan untuk prosedur implan dua tahap. Ditempatkan terutama sebagai alternatif untuk jembatan atau gigi tiruan yang dapat dilepas, implan endosteal mencakup jenis sekrup (ulir), jenis silinder (halus) atau tipe berbilah.

      Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
      Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
  • Implan Satu Tahap : Prosedur satu tahap melibatkan pembedahan menempatkan implan yang lebih panjang ke dalam rahang sehingga berada pada tulang rahang, dengan tingkat teratas menyatu dengan jaringan gusi, setelah jaringan gusi ditutup (dijahit), proses ini akan meninggalkan kepala implan yang terlihat. Akibatnya, setelah beberapa bulan penyembuhan, abutment dan restorasi sementara bisa dipasang tanpa perlu dilakukannya operasi minor untuk mengekspos kepala implan.
    • Implan Subperiosteal: Ditempatkan pada tulang rahang dalam jaringan gusi, dengan pos implan logam yang terpapar menahan restorasi, subperiosti adalah tipe yang paling sering digunakan untuk prosedur implan gigi tahap tunggal. Subperiostaring terutama digunakan untuk menahan gigi palsu di tempat pada pasien dengan standar tulang yang tidak mencukupi.

      Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
      Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
Tipe Permukaan
Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care

Meskipun kebanyakan implan gigi terbuat dari titanium, permukaan – yang mempengaruhi integrasi jangka panjang dan stabilitas pengobatan – dapat bervariasi. Permukaan berpori berkontribusi pada kontak dengan tulang yang cenderung lebih besar daripada permukaan titanium biasa. Permukaan lainnya termasuk permukaan kasar atau terukir dan kasar, permukaan titanium microgrooved atau plasma serta lapisan hidroksiapatit yang disemprot plasma.

Konektor

Implan juga bisa dikategorikan berdasarkan bentuk / jenis kepala mereka. Semua implan memerlukan restorasi dan abutment untuk dilekatkan atau disekrupkan ke kepala. Untuk tujuan ini, ada tiga tipe konektor utama:

Konektor Hex Internal: Berbentuk seperti segi enam, konektor hexagonal internal adalah lubang di kepala implan tempat restorasi / abutment disekrup.

Konektor Hex Eksternal: Juga berbentuk seperti segi enam, konektor ini berada di atas kepala implan.

Konektor Octagon Internal: Berbentuk seperti oktagon, konektor oktagon internal memiliki lubang di kepala implan dimana restorasi / abutment disekrup.

Ukuran Implan

Cara lain untuk mengkategorikan implan didasarkan pada ukurannya (juga disebut platform), yang menentukan di mana mereka biasanya dapat ditempatkan di mulut. Namun, setiap kasus akan berbeda, dan kebutuhan jarak dan kemampuan tulang individu mungkin menentukan penggunaan ukuran yang berbeda.

Platform Standar: Ukuran implan gigi standar berdiameter 3,5 mm sampai 4,2 mm. Implan yang relatif pendek dan sempit ini paling sering ditempatkan di bagian depan mulut.

Wide Platform: Implan implan platform lebar berkisar dari 4,5 mm sampai 6 mm dan ditempatkan terutama di bagian belakang mulut.

Mini Implan: Ukuran implan gigi implan mini berukuran 2 mm sampai 3,5 mm dan ditempatkan terutama pada pasien dengan ruang yang tidak mencukupi antara akar gigi mereka untuk mengakomodasi ukuran yang lebih besar. Mereka juga dapat ditempatkan saat pasien memiliki kepadatan tulang yang tidak mencukupi.

Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care
Tipe Implan Gigi- Global Estetik Dental Care

 

 

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat