Paket Lengkap Pengetahuan Tentang Implan Gigi – Prosedur Penanaman Implan

Global Estetik – Jika setelah berkonsultasi dengan dokter gigi pilihan anda dan ia telah menganggap bahwa anda cukup sehat dan siap menjalani operasi penempatan implan gigi, dokter gigi akan mendiskusikan pilihan sedasi sebelum hari operasi. Dokter gigi anda juga akan menjelaskan apa yang dapat anda harapkan selama operasi implan dan selama pemulihan. Jika dokter gigi anda telah meresepkan sedasi oral untuk operasi Anda, anda akan minum obat penenang sekitar satu jam sebelum prosedur dilaksanakan.

Jika anda seorang perokok, dokter gigi pilihan anda akan menyarankan anda untuk berhenti merokok, karena perokok menghadapi risiko kegagalan lebih besar daripada pasien yang bukan perokok. Merokok dapat mempengaruhi proses osseointegration, proses dimana implan gigi ditanam ke dalam tulang rahang.

Prosedur

Restorasi implan gigi hari ini hampir tidak dapat dibedakan dari gigi asli. Penampilan ini dibantu sebagian oleh hubungan struktural dan fungsional antara implan dan tulang yang hidup. Prosedur ini biasanya dilakukan dalam satu kunjungan ke klinik dokter gigi tetapi tetap membutuhkan periode osseointegration.

Osseointegration adalah proses dimana implan tertanam ke tulang rahang. Implan osseointegrasi memakan waktu antara tiga sampai enam bulan untuk tertanam sempurna dan sembuh, dan pada saat inilah dokter gigi pilihan anda dapat menyelesaikan prosedur dengan menempatkan mahkota gigi. Jika osseointegrasi tidak terjadi secara sempurna maka implan akan dinyatakan gagal.

Baca Juga :  Potensi Kehilangan Gigi saat Menekuni Kegiatan Berolahraga

Implantasi gigi, yang dilakukan untuk mengganti gigi yang hilang, bisa dilakukan kapanpun setelah remaja atau saat pertumbuhan tulang selesai. Kondisi medis tertentu, seperti diabetes aktif, kanker atau penyakit periodontal, mungkin memerlukan perawatan tambahan sebelum prosedur dapat dilakukan.

Menyiapkan Rahang untuk Prosedur Implan

Restorasi implan gigi biasanya terdiri dari sekrup bahan titanium dan mahkota. Lubang berdiameter kecil (lubang pilot) dibor di lokasi edentulous (di mana tidak ada gigi) pada tulang rahang untuk memandu sekrup titanium yang akan menahan implan. Untuk menghindari kerusakan vital pada rahangdan struktur wajah seperti saraf alveolar inferior di rahang bawah, dokter gigi harus menggunakan keterampilan dan keahlian mereka saat mengebor lubang pilot dan mengukur ukuran tulang rahang. Dalam banyak kasus, dokter gigi menggunakan panduan bedah yang dibuat berdasarkan CT scan saat menempatkan implan.

Baca Juga :  Hari Gini Masih Takut ke Dokter Gigi? Wihh Gak Banget Deh..

Penempatan Implan

Setelah lubang pilot awal telah dibor di lokasi yang sesuai, perlahan lubah itu akan melalui proses pelebaran untuk memungkinkan penempatan sekrup implan. Setelah berada di tempat, jaringan gusi sekitarnya diamankan di atas implan dan sekrup penutup pelindung ditempatkan di atas untuk memungkinkan lokasi operasi untuk sembuh dan mengkatalisasi proses osseointegrasi. Setelah sampai enam bulan masa penyembuhan, dokter gigi anda akan memeriksa implan dan memasang abutment (yang memegang mahkota atau pengganti gigi). Dalam beberapa kasus, abutment dapat dipasang selama prosedur awal. Bila abutment sudah diaplikasikan, dokter gigi anda kemudian akan menciptakan mahkota gigi sementara. Mahkota sementara berfungsi sebagai template di mana gusi tumbuh dan terbentuk dengan sendirinya dengan cara alami. Prosesnya selesai saat mahkota gigi sementara diganti dengan mahkota  gigi permanen.

Tags:
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat