Paket Informasi Ringkas tentang Ortodontik Anak

Paket Informasi Ringkas tentang Ortodontik Anak

Global Estetik – Memberi anak anda perawatan ortodontik dini lebih dari sekedar masalah estetika atau kecantikan. Dokter Gigi telah merekomendasikan agar orang tua membawa anak-anak mereka untuk pemeriksaan ortodontik pertama mereka tidak lebih dari usia tujuh tahun.

Mencari bantuan profesional saat anak masih muda memungkinkan ahli ortodontik untuk membimbing pertumbuhan rahang anak, mengarahkan gigi anak ke posisi yang lebih baik dan menurunkan risiko cedera jika anak memiliki gigi yang menonjol.

Tahukah anda bahwa gigi yang terlalu padat atau bengkok dapat mencegah anak anda membersihkan giginya dengan benar? Gigitan yang buruk juga bisa menyiksa rahang anak anda, menurunkan gigi dan menyebabkan lebih banyak masalah gigi di masa depan.

Konsultasi Pertama

Selama konsultasi awal, ahli ortodontik pilihan anda akan mengambil catatan awal termasuk satu set foto, dua x-ray dan cetakan untuk membuat model gigi. Ahli ortodontik akan menganalisis data, mulai merencanakan perawatan dan benar-benar membahasnya dengan anda dan sang anak pada kunjungan anda berikutnya. Selama konsultasi pertama, dorong anak anda untuk mengajukan pertanyaan dan diskusikan masalah apa pun yang dia hadapi dengan ahli ortodontik.

Pilihan Treatment Ortodontik untuk Anak

Tergantung pada tingkat keparahan masalah penyelarasan gigi dan masalah gigitan, ahli ortodontik mungkin menyarankan satu atau kombinasi treatment ortodontik untuk memperbaiki gigitannya.

  • Kawat gigi bekerja dengan memberi tekanan pada gigi dan rahang untuk memindahkannya ke posisi yang diinginkan. Kawat gigi terdiri dari bracket (logam atau keramik), tabung dan kabel dan tentu saja modul karet berwarna dan elastis.
  • Headgears adalah jenis alat yang memiliki inner bow yang duduk dengan nyaman di dalam mulut dan busur luar yang dipas-kan di sekitar kepala atau leher untuk memandu arah gerakan gigi dan pertumbuhan rahang. Kebutuhan untuk mengenakan headtopar dan masker wajah berbeda dan ahli ortodontik akan meresepkannya sesuai kebutuhan.
  • Peralatan fungsional adalah alat khusus yang digunakan pada anak yang sedang tumbuh. Mereka memanfaatkan otot-ototnya untuk mengubah posisi rahang atas atau bawah.
  • Peralatan aktif yang dapat dilepas dapat memindahkan gigi atau sekelompok gigi pada kasus tertentu namun pada tingkat yang lebih rendah daripada peralatan tetap.
  • Pengaman harus digunakan untuk menjaga gigi pada posisi yang benar begitu kawat gigi dilepaskan. Karena rahang dan gigi terus berubah sepanjang hidup, memakai retainer sangat diperlukan. Alat ini bisa diperbaiki atau dilepas, tergantung pada kasus anak.
  • Pembedahan oral diperlukan bila ada kebutuhan untuk mengangkat gigi tertentu demi perawatan ortodontik, tergantung kebutuhan ruang untuk menyelaraskan gigi atau memposisikan rahang dengan benar.
Bagikan Ke Teman:

Leave comment

Mall ITC Depok

Lantai Mezanine No. 1

0811 140 832

Call Center

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat