[Paket Informasi Ringkas Lengkap] Sindrom Mulut Terbakar – Bagian 1

dokter gigi depok

[Paket Informasi Ringkas Lengkap] Sindrom Mulut Terbakar – Bagian 1

Global Estetik – Pernahkah Anda mendengar Sindrom Mulut Terbakar (Burning Mouth Syndrome) ? Ini adalah nama medis untuk sensasi terbakar yang dialami beberapa orang di dalam mulut mereka. Gambar dengan tulisan ini mungkin terlihat lucu, tapi bukan masalah yang dapat ditertawakan bagi mereka yang mengalaminya. Hal ini dapat mempengaruhi jaringan di dalam mulut dan tidak memiliki penyebab yang dapat dilihat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi langka ini.

Apa itu Sindrom Mulut Terbakar ?
Sindrom Mulut Terbakar- Global Estetik Dental Care
Sindrom Mulut Terbakar- Global Estetik Dental Care

Sindrom Mulut Terbakar, seperti namanya, adalah kondisi yang bisa menyebabkan lidah, gusi, pipi, bibir, atau tenggorokan terasa seolah terbakar. Tidak ada penyebab tunggal untuk kondisi ini dan, sayangnya, profesional kesehatan gigi saat ini tidak memiliki cara untuk mengujinya. Karena kenyataan bahwa hal ini berbeda dalam setiap orang yang dihadapinya, dan sindrom ini dapat terjadi karena kondisi lain atau yang tampaknya terjadi dengan sendirinya, kondisi ini kadang sulit dikenali atau diobati.

Apa saja gejala Sindrom Mulut Terbakar ?

Kondisi ini memiliki spektrum iritasi dari mati rasa total, sedikit menggelitik, hingga terasa panas. Ini mempengaruhi orang secara berbeda dan dengan demikian bisa sulit untuk didiagnosis. Perubahan rasa juga bisa terjadi dengan Sindrom Mulut Terbakar, seperti rasa metalik yang intens di mulut atau kehilangan rasa sama sekali. Penderita sindrom ini mungkin juga mengalami perasaan kering di mulut, lidah, atau tenggorokan mereka, ditambah dengan rasa haus yang tinggi.

Berapa Lama Kondisi ini Akan Bertahan?

Karena kondisinya sangat bervariasi, sindrom ini bisa mempengaruhi seseorang hanya beberapa hari atau selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Tergantung pada apakah flare atas kondisi ini disebabkan oleh kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti ulkus mulut, atau jika itu terjadi sendiri, yang juga dapat berperan dalam tingkat keparahan, durasi, dan perawatannya.

Kondisi apa yang sudah ada sebelumnya bisa memicu Sindrom Mulut Terbakar ?

Ada sejumlah kondisi dan zat yang berbeda yang dapat menyebabkan masalah ini, banyak di antaranya termasuk dalam daftar ini:

  • kekurangan gizi
  • gigi palsu yang tidak pas
  • reaksi alergi terhadap gel oral
  • Bahan Perekat untuk gigi palsu atau filling
  • Berbagai jenis makanan
  • Trauma jaringan
  • asam lambung refluks
  • ulkus oral
  • infeksi jamur oral
  • Dan bahkan stres dan kegelisahan bisa memicu munculnya Sindrom Mulut Terbakar.
Apakah kondisi ini memerlukan perhatian medis?

Sementara beberapa kasus Burning Mouth Syndrome menghilang dengan sendirinya, sebagian besar telah didokumentasikan untuk bertahan dalam waktu yang lama dan semua harus dipantau oleh ahli kesehatan gigi dan kesehatan. Jika anda merasa kesemutan, sakit atau gejala potensial lainnya yang terkait dengan Sindrom Mulut Terbakar, Anda harus segera mengingatkan praktisi kesehatan dan dokter gigi pilihan anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat