OPERASI GIGI GERAHAM BOGOR

 

 

Operasi gigi geraham bogor – Setelah menginjak usia 21 tahun, seseorang biasanya memiliki 32 gigi, termasuk gigi geraham bungsu. Namun, masalah kesehatan terkadang akan muncul selama proses tumbuhnya gigi geraham bungsu.Gigi geraham ketiga ini biasanya tumbuh pada masa akhir remaja atau usia kurang lebih 20 tahunan.Ketika gigi geraham bungsu bermasalah, dokter biasanya menganjurkan operasi untuk mencegah komplikasi kesehatan lainnya.

Operasi gigi bungsu bogor – Operasi gigi geraham bungsu, biasanya dokter menggunakan teknik pembedahan dan diakhiri dengan tindakan penjahitan.Dalam posisi gigi yang sulit dijangkau, gigi geraham bungsu perlu dilakukan pembelahan beberapa bagian dengan bur, lalu diangkat per bagiannya.Semakin tinggi tingkat kesulitan dan semakin lama pengerjaannya, maka semakin besar pula pembengkakan sekitar gigi, saat proses penyembuhan. Namun, hal ini termasuk wajar dan tidak perlu panik.Dokter gigi akan memberikan resep obat golongan antibiotik dan antinyeri untuk mengatasi hal tersebut.Estimasi masa penyembuhan luka setelah operasi gigi geraham bungsu adalah sekitar satu minggu. Namun, untuk pemulihan tulangnya kurang lebih satu bulan.Pada awal proses pemulihan, daerah bekas pencabutan gigi akan berisi darah beku sehingga perdarahan akan terhenti.Kemudian, gusi akan mulai tumbuh mengisi dari dasar luka sampai menutup sempurna ke permukaan gusi.Biasanya satu minggu setelah operasi gigi, dilakukan cek kontrol, sekaligus lepas jahitan. Karena, gusi bekas luka biasanya sudah menutup sempurna ke permukaan gusi. Pada beberapa kasus, benang bisa hilang atau terlepas sendiri. Hal ini biasa terjadi. Karena, proses pemulihan yang berlangsung dengan baik sangat bergantung pada kepatuhan pasien terhadap anjuran-anjuran yang sudah diberikan oleh dokter gigi.

 

operasi gigi geraham bogor

operasi gigi geraham bogor

 

Operasi gigi bungsu bpjs bogor – Dokter gigi dan ahli bedah terkadang juga memiliki pertimbangan medis khusus bagi penderita saat operasi gigi geraham bungsu yang perlu penanganan bius total. Bius total saat operasi gigi geraham bungsu dapat diberikan melalui hirup atau cairan infus. Setelah itu, tim ahli bedah akan melakukan pematauan obat, pernapasan, suhu tubuh, cairan, dan pengecekan tekanan darah. Selama menjalani tindakan operasi gigi geraham bungsu dengan bius total, penderita tidak akan merasakan sakit dan tidak sadarkan diri untuk sementara. Jangan khawatir, operasi gigi geraham bungsu pada dasarnya tidaklah berbahaya dan tidak menyebabkan komplikasi jangka panjang. Risiko terjadinya komplikasi pasca-operasi gigi bungsu biasanya berasal dari infeksi bakteri karena perawatan yang tidak tepat.

Apakah operasi gigi geraham bungsu diharuskan untuk bius total?

Cabut gigi bungsu bogor – Operasi gigi geraham bungsu tidak selalu memakai bius total. Dokter gigi dan ahli bedah menggunakan pilihan bius lokal atau bius total, tergantung kondisi pada gigi dan kesehatan penderita.

Operasi gigi geraham bungsu perlu dilakukan bius total apabila:

  1. Gigi geraham bungsu dicabut bersamaan dengan gigi lain, atau lebih dari satu gigi yang akan dicabut.
  2. Gigi geraham bungsu yang akan dicabut posisinya cukup dalam.
  3. Penderita mengalami kecemasan yang berlebihan.
  4. Penderita memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta.
  5. Adanya kelainan di gigi geraham bungsu, seperti tumbuhnya kista, tumor pada rahang, tumor jinak yang terdapat di jaringan lunak, atau perikoronitis (radang gusi).
  6. Penderita sulituntuk membuka mulut.

Persiapan operasi gigi geraham bungsu

Persiapan operasi gigi geraham bungsu tergantung kondisi kesehatan dan jenis tindakan operasi yang dijalani pasien, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kapan jadwal operasi, dan kapan harus tiba di klinik atau rumah sakit sebelum tindakan operasi.
  2. Menanyakan pada dokter terkait ada tidaknya pantangan makanan dan minuman sebelum operasi.
  3. Perlu tidaknya berpuasa sebelum tindakan operasi. Jika iya, kapan mulai untuk berpuasa.
  4. Perlu tidaknya meminum obat tertentu sebelum tindakan operasi.

Dokter biasanya akan memberikan instruksi lebih lanjut untuk persiapan operasi gigi geraham bungsu. Operasi ini biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit terlalu lama. Beberapa pasien juga diperbolehkan langsung pulang di hari yang sama dengan jadwal operasi gigi geraham bungsu.

 

operasi gigi geraham di bogor

operasi gigi geraham di bogor

 

Apa saja prosedur operasi gigi geraham bungsu?

Berikut beberapa prosedur tindakan operasi gigi geraham bungsu, yaitu:

  1. Memberikan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit, bisa menggunakan bius total atau lokal.
  2. Membuat sayatan di jaringan gusi, supaya gigi mudah untuk dicabut.
  3. Menghilangkan tulang yang menghalangi akses menuju akar gigi.
  4. Memotong gigi yang akan dicabut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk dicabut.
  5. Melakukan pencabutan gigi.
  6. Membersihkan karang gigi yang akan dicabut, serta bagian sekitarnya dari kotoran.
  7. Mejahit bagian luka pada gigi hingga tertutup untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.
  8. Menempelkan kain kasa di atas gigi yang dicabut untuk mengontrol pendarahan.

Efek Samping Operasi Gigi Geraham Bungsu

Harga cabut gigi bogor – Operasi gigi geraham bisa mengalami beberapa efek samping seperti pendarahan, perih atau nyut-nyutan di area gigi yang dicabut dan bekas lubangnya mengalami peradangan,sehingga terjadi pembengkakan pada pipi.Selain itu, karena terlalu lama membuka mulut saat proses penanganan operasi berlangsung rahang terasa pegal. Darah beku di bekas lubang pencabutan gigi rawan pecah. Jika hal tersebut terjadi pada bekas pencabutan, tulang penyokongnya yang berwarna putih akan nampak dan menjadi penyebab rasa sakit yang berlebih.

Tips Penyembuhan Pasca-operasi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pasien pasca-operasi gigi bungsu, yaitu:

  1. Mengonsumsi obat-obatan yang telah diberikan oleh dokter.
  2. Menghindari minuman yang bersuhu panaspasca-operasi.
  3. Dilarang berkumur atau meludah dengan keras.
  4. Hindari menyenggol atau memainkan luka bekas pencabutan gigi dengan lidah.
  5. Menghindari merokok. Merokok bisa memperlambat proses pemulihan pasca-operasi impaksi gigi, serta dapat menyebabkan peradangan di luka bekas pencabutan.
  6. Berkumur menggunakan air garam hangat.
  7. Sikat gigi dengan hati-hati karena dapat membersihkan gigi dari sisa makanan atau kotoran yang mengganjal di gigi, seperti plak atau karang gigi yang bisa menyebabkan infeksi.
  8. Menggunakan kompres air dingin atau es.
  9. Memperbanyak konsumsi cairan. Namun, jangan menggunakan sedotan. Gerakan menyedot dapat menyebabkan blood clot atau pembekuan darah di area operasi terlepas, sehingga memicu komplikasi perdarahan.
  10. Menghindari olahraga atau latihan fisik berat. Jika ingin tetap berolahraga, mulailah dengan aktivitas rendah untuk menghindari pusing, karena asupan kalori akan berkurang pasca operasi.
  11. Pilihlah makanan yang tepat. Menghindari makanan yang berpotensi masuk ke lubang bekas operasi gigi, seperti kacang-kacangan, popcorn, biji-bijian, nasi dan sejenisnya.
  12. Jika rasa sakit pasca-operasi gigi geraham bungsu tidak bisa ditahan, segera minum atau konsumsi obat pereda rasa sakit yang diresepkan dokter.
  13. Jadwalkan check up atau kontrol lagi ke dokter agar hasil jahitan operasi gigi geraham bungsu bisa dilihat perkembangan proses pemulihan dan memastikan tidak adanya infeksi atau komplikasi pasca-operasi gigi geraham bungsu.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KSTubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof