Operasi Gigi Depok

Operasi gigi depok

Operasi gigi depok

 

Operasi Gigi Depok

Operasi gigi depok – Prosedur operasi pada gigi paling sering dilakukan pada gigi bungsi. Gigi bungsu merupakan gigi geraham atau molar ketiga permanen yang tumbuh paling akhir dan biasanya tumbuh di usia 18 tahun sampai dengan usia 23 tahun. Karena tumbuh terakhir maka gigi tersebut biasanya akan kekurangan ruang untuk tumbuh dengan baik. Keadaan ini disebut dengan impaksi. 

Cabut Gigi Depok – Gigi yang mengalami impaksi bisa tertutup oleh jaringan lunak misalnya gusi, tertutup oleh tulang alveolus, dan bisa pula hanya tumbuh sebagian atau bahkan terpendam seluruhnya di dalam tulang atau disebut imbeded. Kondisi-kondisi seperti ini tidak hanya dapat terjadi pada gigi molar ketiga saja tetapi juga dapat terjadi pada gigi lainnya seperti gigi geraham kecil atau premolar, gigi taring atau caninus, dan gigi seri atau incisivus.

Operasi Gigi Bungsu Depok – Banyak keluhan yang dialami oleh pasien seperti sakit dari kepala hingga tengkuk dan pundak, nyeri pada gusi karena tergigit oleh gigi atasnya (perikoronitis), kerusakan gigi molar kedua, sulit membuka mulut karena bengkak dan nyeri (trismus), bahkan bengkak bernanah yang mengancam jiwa (abses submandibular) selain itu, gigi yang terpendam juga berpotensi menjadi kista atau tumor rahang.

Operasi gigi depok – Gigi yang terpendam berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit lain sehingga dokter akan menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi pengambilan gigi terpendam tersebut, baik untuk mengobati penyakit yang telah timbul atau sebagai tindakan pencegahan sebelum penyakit tersebut muncul. Gigi bungsu yang terpendam juga harus diambil apabila diperlukan perawatan ortodonsi ataupun pembuatan gigi tiruan.

Operasi gigi depok – Apabila kamu memiliki masalah dengan gigi impaksi, segera konsultasikan dengan dokter gigi khususnya spesialis bedah mulut dan maksilofasial. Dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah memang perlu dicabut atau dilakukan tindakan operasi. Berbeda dengan gigi lainnya, gigi geraham bungsu ataupun gigi terpendam perlu teknik pencabutan yang lebih rumit karena harus melalui prosedur pembedahan.

Bagaimana prosedurnya?

Operasi gigi depok – Operasi gigi terpendam atau gigi impaksi tidak terasa sakit karena dokter gigi akan mengusahakan operasi yang nyaman, dan tanpa terasa nyeri baik pada saat operasi ataupun setelah operasi dilakukan. Dokter akan menggunakan anestesi, tergantung pada seberapa rumitnya impaksi gigi. Berikut ini adalah anastesi yang biasa digunakan pada operasi impaksi gigi :

  • Anestesi regional blok nervus alveolaris inferior menggunakan lokal anestesi infiltrasi 

Anastesi ini diberikan dengan cara menyuntikkannya di dalam pterigo mandibula di dekat foramen mandibula tempat masuknya nervus alveolaris inferior yang mempersarafi gigi serta nervus lingualis untuk membius saraf gigi, gusi, dan lidah. Selain itu dilakukan penyuntikan pula pada titik dekat gigi yang akan dicabut. Dengan anastesi ini, pasien akan tetap sadar selama proses pencabutan berlangsung.

  • Anestesi sedasi plus regional blok menggunakan anestesi IAN

Anastesi ini diberikan melalui intravena di lengan pasien. Anestesi ini akan menekan kesadaran pasien, sehingga pasien sedikit tidak sadar selama proses pencabutan. Anastesi jenis ini tergantung fasilitas yang ada di rumah sakit dan persetujuan dari dokter spesialis anestesi.

  • Anestesi general

Prosedur operasi gigi impaksi menggunakan bius, umum dilakukan jika pengambilan gigi terpendam dilakukan secara multiple (dua atau lebih gigi), atau gigi yang terpendam dalam (imbeded), pasien dengan kecemasan, pasien yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang merupakan kontraindikasi lokal anestesi, gigi impaksi dengan kelainan seperti kista, tumor rahang, tumor jinak jaringan lunak, perikoronitis, pasien yang sulit membuka mulut atau trismus, dsb. 

Pada anastesi ini, pasien akan menghirup obat melalui hidung kemduian pasien akan kehilangan kesadaran. Tim dokter akan memonitor pernapasan pasien, temperatur, cairan, dan tekanan darah. Pasien akan kehilangan memori selama operasi dan tidak merasakan sakit setelah operasi selesai.

 

Apa saja persiapan menjelang operasi?

Operasi gigi depok – Operasi yang dilakukan menggunakan lokal anestesi akan dilakukan perawatan rawat jalan. Pasien bisa pulang di hari yang sama setelah menjalani pencabutan gigi geraham bungsu atau gigi impaksi. Namun, hal ini tergantung pada seberapa rumit impaksi gigi yang diderita pasien. Apabila pasien mengalami komplikasi pasca operasi maka pasien harus di rawat inap. Sebelum dilakukan operasi, pasien akan mendapatkan instruksi dari mengenai apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah operasi. Untuk pasien yang dilakukan tindakan bius umum atau general anestesi memerlukan rawat inap selama 2-3 hari di Rumah Sakit.

Apa yang terjadi setelah pencabutan?

Operasi gigi depok – Apabila pasien menggunakan anestesi general, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan setelah operasi dan akan melakukan rawat inap di Rumah Sakit. Tetapi jika hanya lokal anestesi, pasien bisa langsung pulang selesai operasi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat terjadi setelah pencabutan :

  • Pasien mungkin akan mengalami perdarahan setelah pengangkatan gigi. Ganti kasa secara berkala seperti yang sudah diarahkan oleh dokter gigi.
  • Apabila terasa rasa sakit, minumlah obat yang telah diresepkan oleh dokter. Selain itu, bisa juga dengan mengompres dengan es batu pada pipi pada sisi rahang area gigi yang dioperasi untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
  • Pasien akan mengalami pembengkakan atau memar pada pipi pasien. Tetapi hal ini akan mereda dalam waktu beberapa hari. 
  • Setelah pencabutan lebih baik pasien beristirahat terlebih dulu sehingga nantinya bisa kembali beraktivitas seperti biasa secepatnya.
  • Pastikan untuk minum banyak air putih setelah operasi. Hindari minuman seperti alkohol, kafein, minuman bersoda, atau minuman panas pada 24 jam pertama pasca operasi. Hindari juga meminum lewat sedotan karna dapat membuat gumpalan darah kembali keluar.
  • Pilihlah makanan yang bertekstur lembut seperti yogurt dan bubur selama 24 jam pertama.  Hindari makanan yang keras untuk dikunyah, panas, ataupun pedas karena makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada luka operasi.
  • Bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan obat kumur secara perlahan
  • Hindari pula menggosok gigi pada 24 jam pertama. Setelahnya dapat menggosok gigi dengan sikat gigi kecil berbulu sikat lembut.
  • Apabila pasien adalah perokok, sebaiknya jangan merokok dulu selama 3 hari setelah operasi atau selama mungkin hingga benar-benar sembuh, karena rokok dapat menghambat proses penyembuhan.

Yang mungkin terjadi pasca operasi

Operasi gigi depok – Apabila terjadi komplikasi maka pasien dapat menghubungi dokter atau kembali ke rumah sakit. Berikut ini adalah beberapa komplikasi pasca tindakan yang mungkin terjadi :

  • Sulit bernapas
  • Sulit menelan
  • Demam
  • Mengalami perdarahan yang berlebihan
  • Nyeri parah bahkan setelah meminum obat penghilang nyeri
  • Bengkak yang memburuk setelah 2 sampai 3 hari
  • Terasa kebas yang berkepanjangan
  • Mengeluarkan nanah

Apabila terjadi hal-hal di atas maka diperlukan penanganan dengan segera, baik dengan rawat jalan maupun rawat inap tergantung dari keparahan komplikasi pasca operasi.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok di Dalam Gedung ITC-nya yaa..)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof