Operasi Gigi Bungsu BPJS Depok

operasi gigi bungsu bpjs depok

operasi gigi bungsu bpjs depok

 

Operasi Gigi Bungsu dengan BPJS

Operasi gigi bungsu bpjs depok – Tindakan operasi gigi bungsu atau odontektomi ini tindakan yang termasuk ke dalam prosedur perawatan gigi dan mulut yang dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kita harus terdaftar sebagai peserta BPJS dan memeriksakan gigi di fasilitas kesehatan tingkat 1 atau Faskes I, yaitu di puskesmas ataupun klinik. Terdapat beberapa kriteria khusus untuk faskes 1 yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk memeriksakan gigi, yaitu faskes 1 harus memiliki dokter gigi, bidan, lab, serta sarana penunjang lainnya.  Apabila faskes tingkat 1 yang didatangi tidak lengkap untuk syarat dari pemeriksaan gigi, kita harus datang ke klinik dokter praktik perorangan atau juga bisa ke dokter umum yang telah bekerja sama dengan layanan BPJS. Setelah memeriksakan kondisi gigi bungsu, dokter akan memberi penjelasan hasil diagnosis dan juga memnginformasikan mengenai keperluan operasi gigi bungsu. Apabila dokter memberikan rekomendasi untuk operasi, kita akan mendapat surat rujukan yang bisa digunakan untuk operasi gigi bungsu lewat tanggungan BPJS tanpa biaya.

Jenis Anestesi yang Digunakan untuk Pencabutan Gigi

Operasi gigi bungsu bpjs depok – Operasi gigi bungsu pada umumnya akan memakan waktu antara 30 sampai 60 menit. Tetapi, bisa lebih dari waktu perkiraan tergantung dengan tingkat kesulitan atau posisi gigi bungsunya. Operasi dilakukan dengan tiga jenis anestesi yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu:

  • Anestesi lokal merupakan anestesi yang diberikan di daerah dekat gugu yang akan dicabut. Apabila menggunakan anestesin jenis ini, kita akan terjaga selama operasi. Kita akan merasakan semua tindakan yang dilakukan dokter pada gigi bungsu kita. Tetapi, kita tidak akan merasakan sakit.
  • Anestesi sedari akan tetap membuat kamu sedikit tidak sadar dan tidak bisa mengingat proses operasi yang dijalani. Pemberian anestesi ini jenis ini dengan cara menyuntikkannya di lengan.
  • Anestesi umum ini hanya dilakukan pada saat kondisi benar-benar mendesak. Kita akan mendapatkan anestesi ini melalui suntikan di lengan atau dengan menghirupnya melalui hidung. Setelah obat bius mulai masuk kedalam tubuh, kita tidak akan sadar dan juga tidak merasakan sakit. 

Jagalah Kesehatan Gigi Supaya Meringankan Biaya Operasi Gigi Bungsu 

Operasi gigi bungsu ditanggung bpjs – Mengonsumsi makanan ataupun minuman sehat tidak hanya berdampak pada  kesehatan tubuh, tetapi juga bisa membantu memperkuat serta menyehatkan gigi. Ada beberapa jenis  makanan dan minuman yang bisa membantu mengoptimalkan fungsi gigi dan tentunya juga dapat menghindarkan kita dari permasalahan gigi. Beberapa makanan yang dapat menyehatkan gigi, di antaranya seperti susu dan yoghurt rendah lemak,  teh hijau,  buah-buahan , keju, sayuran, seledri, biji wijen, dan makanan sumber protein. Selain itu juga, bagi yang sangat menyukai permen, maka kamu bisa mencoba permen karet ysng tanpa gula. Manfaat mengonsumsi permen ini, yaitu air liur yang dihasilkan akan terstimulasi serta bisa menghilangkan bakteri yang berasal dari dalam mulut. 

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Dilakukan Prosedur Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu bpjs bandung – Karena odontektomi ini meliputi tindakan bedah, maka masa penyembuhannya juga cukup lama, kira-kira sekitar satu minggu atau lebih untuk pemulihanya. Pemulihannya akan sangat bergantung kepada kepatuhan pasien terhadap anjuran yang diberikan dokter gigi, termasuk juga dalam hal makanan. Nutrisi yang tepat bisa membantu pasien dalam proses penyembuhan luka. Selain itu, bisa mengurangi rasa sakit, nyeri, dan bengkak yang akan timbul setelah pencabutan gigi bungsu. Berikut merupakan daftar makanan yang bagus untuk dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu :

a. Makanan Cair

Operasi gigi bungsu bpjs depok – Makanan cair seperti sup atau kaldu bagus dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. Makanan jenis ini akan memudahkan ketika dimakan karena tidak perlu mengunyah dan bisa  mengurangi risiko makanan masuk ke dalam soket bekas pencabutan gigi. Selain sup, juga bisa membuat minuman seperti smoothies buah atau sayuran untuk memberikan nutrisi bagi tubuh. Satu hal yang penting hindari minum menggunakan sedotan karena bisa membuat bekuan darah terlepas dari soket gigi. Sehingga bisa mengakibatkan darah keluar semakin banyak dari daerah pencabutan.

b. Makanan yang Lembut

Operasi gigi bungsu bpjs depok – Setelah 3 hari pasca pencabutan gigi, kita bisa melatih dengan makan makanan dengan tekstur sedikit lebih padat. bubur atau oatmeal bisa menambah sumber energy pada tubuh. Mengunyah makanan yang sedikit padat dapat membantu melonggarkan otot-otot. Untuk mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya kita mengunyah pada satu sisi mulut saja selama beberapa hari. Setelah rasa sakit mulai berkurang, kita dapat menaikkan tekstur makanan kembali seperti biasanya.

c. Greek Yoghurt

Greek yoghurt adalah olahan susu yang tinggi protein. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu karena kandungannya yang sangat kaya protein. Perlu diketahui bahwa makanan tinggi protein juga dapat mempercepat penyembuhan luka setelah operasi gigi bungsu. Selain itu, greek yoghurt mempunya tekstur yang lembut, bersuhu dingin, serta dapat menyejukkan rongga mulut sehingga bagus apabila dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu.

d. Es Krim Pisang

Operasi gigi bungsu dengan bpjs depok – Makanan selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi setelah cabut gigi bungsu adalah es krim. Namun, sebenarnya es krim juga ke dalam makanan kurang bergizi karena kandungan gulanya yang tinggi. Meski begitu, kita bisa mencampurkan es krim dengan buah pisang ataupun buah yang lain. Selain rasanya menjadi lebih enak, campuran pisang dapat menjadi tambahan nutrisi sehingga membuat perut menjadi cepat kenyang. Makan es krim pisang yang mempunyai rasa dingin dapat menenangkan luka bekas operasi.

e. Alpukat

Buah alpukat bisa membuat perut merasa kenyang. Selain itu, daging buahnya yang lembut juga menjadikan alpukat sebagai makanan yang sangat mudah untuk dimakan setelah operasi gigi bungsu. Alpukat memiliki sumber vitamin K, vitamin C, serta kalium yang sangat baik untuk tubuh. Setelah pencabutan gigi, kita bisa mengonsumsi alpukat yadengan pengolahan seperti di kocok ataupun dibuat jus supaya lebih mudah untuk dinikmati.

f. Ikan Salmon

makanan yang bagus dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu selanjutnya ada ikan salmon, tekstur ikan salmon yang lembut dan mudah dikunyah. Ikan ini juga memiliki banyak kandungan yang kaya nutrisi. Salmon adalah sumber protein dan juga lemak baik, yaitu asam lemak omega-3. Omega-3 dapat membantu penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan setelah pencabutan gigi.

g. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk, atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan mashed potato, adalah salah satu makanan yang cukup baik dikonsumsi pasca operasi gigi bungsu. Teksturnya kentang yang menjadi lembut serta mudah dikunyah, sehingga akan aman serta tidak mengganggu penyembuhan luka. Seperti yang kita ketahui bahwa kentang juga mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. 

Operasi gigi bungsu dengan bpjs depok – Itulah beberapa makanan yang baik apabila dikonsumsi setelah operasi gigi bungsu. Dengan mengonsumsi makanan di atas, harapanya luka bekas operasi bisa segera sembuh. Hindari terlebih dahulu makan makanan yang bertekstur keras dan bersuhu panas karena bisa  memperlambat proses penyembuhan.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof