Operasi Gigi Bogor

Operasi Gigi Bungsu

Definisi

Apa itu operasi gigi geraham bungsu?

Operasi Gigi bungsu Bogor – Gigi geraham ketiga atau bisa disebut (gigi bungsu) akan tumbuh di usia sekitar 17-24 tahun. Namun, dengan tumbuhnya gigi bungsu tidak selalu sempurna. Gigi bungsi akan tumbuh miring ke arah yang berbeda-beda. Gigi geraham bungsu ini juga dapat terjebak di dalam gusi. Pertumbuhan pada gigi bungsu yang tidak semestinya dan menyebabkan rasa sakit disebut dengan impaksi gigi. 

Operasi Gigi bungsu di  Bogor – Selanjutnya Operasi impaksi gigi adalah sebuah prosedur untuk mencabut gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak wajar dan berguna mencegah munculnya potensi masalah di masa depan. Prosedur operasi pada impaksi gigi geraham bungsu umumnya membutuhkan teknik yang berbeda dan lebih rumit dari cabut gigi pada umumnya.

operasi gigi bogor

operasi gigi bogor

Kapan saya harus menjalani operasi impaksi gigi bungsu?

Operasi Gigi bungsu bpjs Bogor – Anda kemungkinan disarankan untuk operasi guna mengobati impaksi gigi supaya tidak terlanjur parah setelahnya. Namun, tidak semua kasus impaksi gigi geraham bungsu perlu langsung operasi. Dokter biasanya akan memeriksa terlebih dahulu kondisi mulut dan gigi Anda dulu sebelum memutuskannya. 

Operasi Gigi bungsu Bogor – Jika gigi geraham bungsu Anda tumbuh miring tapi tidak mengganggu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk memerhatikan perkembangannya saja. Anda mungkin juga akan diminta untuk kontrol gigi lebih rutin dari biasanya agar dokter bisa terus memantau perkembangan arah tumbuhnya. Bila sewaktu-waktu dokter menemukan adanya sebuah masalah pada gigi geraham bungsu itu, barulah ia merekomendasikan untuk melakukan operasi. 

Umumnya, operasi impaksi gigi dibutuhkan apabila:

  • Pada Gigi geraham bungsu mengalami infeksi atau juga penyakit gusi (periodontitis)
  • Pada Gigi geraham bungsu yang bermasalah mengalami karies parah
  • Dengan Muncul kista atau tumor di sekitar gigi geraham yang bermasalah
  • Gigi geraham yang tumbuh miring menabrak gigi di sebelahnya.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum operasi gigi geraham bungsu?

Operasi Gigi bungsu di  Bogor – Berikut Salah satu persiapan yang paling penting sebelum menjalani operasi cabut gigi bungsu adalah konsultasi ke dokter gigi. Sebelum operasi benar-benar akan dilakukan, cobalah untuk menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini ke dokter.

  • Apa tipe anestesi yang akan saya terima dok?
  • Seberapa rumit prosedur pencabutan yang akan dilakukan dok?
  • Berapa lama pencabutan tersebut berlangsung dok?
  • Akankah gigi geraham bungsu tersebut memicu kerusakan pada gigi lainnya dok?
  • Adakah risiko yang akan saya dapatkan seperti kerusakan saraf dok?
  • Adakah perawatan gigi yang harus saya lakukan setelah operasi ini dok?
  • Berapa lama waktu penyembuhan setelah operasi dan kapan saya bisa memulai aktivitas lagi?
  • Apakah seorang ibu hamil bisa menjalani operasi pada gigi bungsu? Sebenarnya, tidak ada alasan bahwa prosedur pencabutan akan berpengaruh pada kondisi kehamilan. Akan tetapi, lebih baik Anda perlu menanyakannya kepada dokter, sebab beberapa dokter mungkin akan menunggu perawatan hingga proses kelahiran selesai.
  • Berapa banyak kemungkinan gigi bungsu yang harus dicabut?
  • Apakah saya akan membutuhkan seseorang untuk menemani dalam perjalanan pulang ke rumah, karena efek anestesi yang anda berikan?
  • Haruskah saya datang lebih awal untuk berjaga-jaga jika ada beberapa pengecekan dok?
  • Haruskah saya berpuasa dari makanan dan minuman sebelum operasi?
  • Jika ya, berapa lama saya harus berpuasa?
  • Haruskah saya menghindari mengonsumsi beberapa obat-obatan tertentu sebelum proses operasi?

Persiapan & Proses

Apa yang harus dipersiapkan sebelum operasi gigi geraham bungsu?

Operasi Gigi bungsu bpjs Bogor – Selanjutnya Dokter biasanya tidak langsung serta-merta merekomendasikan Anda untuk menjalani operasi pada impaksi gigi. Dokter biasanya akan lebih dulu memeriksa rongga pada mulut dan kondisi gigi Anda, serta akan menanyakan riwayat kesehatan dan juga kondisi tubuh Anda secara umum. 

Operasi Gigi bungsu Bogor –  Dan Bila Anda sedang rutin minum obat antibiotik atau juga obat lainnya, jangan lupa untuk beri tahu dokter soal hal ini. Begitu pula apabila Anda punya riwayat medis tertentu sebelumnya, seperti alergi obat anestesi, penyakit diabetes, hipertensi, atau juga ganguan pembekuan darah.

Operasi Gigi bungsu di  Bogor – Setelah pemeriksaan awal sudah selesai, dokter mungkin juga akan melanjutkan dengan rontgen pada gigi untuk melihat keadaan gigi, gusi dan juga tulang penyokong gigi Anda dengan lebih jelas. Supaya hasil rontgennya optimal, ada baiknya juga Anda menyikat gigi terlebih dulu.

Operasi Gigi bungsu bpjs Bogor –Selain itu juga, lepaslah semua aksesoris yang menempel di dada hingga bagian kepala keatas. Mulai dari perhiasaan, jam tangan, kacamata, dan juga alat-alat lain yang mengandung logam pada tubuh. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar ketika Anda akan menjalani prosedur ini.

Operasi Gigi bungsu Bogor – Setelah itu Beri tahu dokter bila Anda punya tambalan gigi berbahan amalgam atau juga Anda pakai gigi palsu. Keduanya dapat memblokir sinar X untuk menembus ke dalam tubuh. Dan Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan laboratorium yang meliputi pada tes darah dan tes urin untuk membantu memantapkan diagnosis pada dokter.

Jika sudah dijadwalkan operasi impaksi gigi bungsu, Anda umumnya tidak butuh persiapan khusus apa pun sebelumnya selain yang sudah disebutkan di atas.

Bagaimana proses operasi gigi geraham bungsu?

Operasi Gigi bungsu di  Bogor – Selanjutnya Sebelum melakukan operasi impaksi gigi, dokter selanjutnya akan menyuntikan obat bius di area gusi yang sedang bermasalah. Obat bius ini akan membuat gusi menjadi kebas atau juga mati rasa, sehingga Anda tidak akan merasa sakit selama prosedur berlangsung nantinya.

harga operasi gigi bogor

harga operasi gigi bogor

Operasi Gigi bungsu bpjs Bogor – Biasanya, ada tiga jenis obat bius yang akan digunakan dokter ketika melakukan prosedur bedah. Tergantung pada seberapa rumitnya impaksi gigi Anda selanjutnya, berikut jenis-jenis obat bius yang digunakan saat akan melakukan prosedur operasi gigi geraham bungsu.

  • Pertama yaitu Anestesi sedasi diberikan melalui suntikan di lengan Anda. Anestesi ini akan menekan kesadaran Anda, sehingga Anda memiliki memori yang terbatas selama proses pencabutan. Anda pun tidak akan merasakan nyeri selama operasi impaksi gigi berlangsung.
  • Kedua Anestesi general diberikan pada situasi yang mendesak. Anda mungkin akan menghirup obat melalui hidung dan atau mendapatkan suntikan di lengan. Ketika diberikan anestesi ini, Anda akan hilang kesadaran tidak merasakan sakit. Tim dokter Anda akan memonitor pengobatan, pernapasan, temperatur, cairan dan tekanan darah selama dibius.
  • Ketiga yaitu Anestesi lokal diberikan dengan cara menyuntikkan satu atau lebih suntikan pada titik dekat gigi yang akan dicabut. Anda akan tetap terjaga selama proses pencabutan. Walaupun Anda akan merasakan tekanan dan pergerakan, Anda tidak akan merasakan rasa nyeri selama operasi impaksi gigi berlangsung.

Operasi Gigi bungsu Bogor – Dan Setelah diberikan obat bius, dokter akan menyayat gusi Anda. Lalu dokter akan mengangkat bagian tulang rahang yang menghalangi pertumbuhan pada gigi geraham bungsu. Saat gigi berhasil dicabut, Anda akan mengalami perdarahan. Perdarahan ini adalah hal yang normal dan akan cepat mereda setelahnya.

Operasi Gigi bungsu di  Bogor – Setelahnya dokter akan menutup luka sayatan dengan sebuah jahitan dan juga lubang bekas gigi dengan kain kasa. Dokter umumnya akan meminta pasien untuk menggigit kain kasa tersebut selama satu jam supaya gumpalan darah terbentuk di bekas lubang gigi yang dicabut tersebut.

Dan Jika Anda mendapat anestesi sedasi dan general, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan setelah operasi. Jika hanya lokal anestesi, Anda bisa langsung pulang setelah selesai operasi.

Operasi Gigi bungsu bpjs Bogor – Umumnya jika perawatan yang dilakukan setelah operasi adalah rawat jalan. Anda bisa langsung pulang ke rumah di hari yang sama setelah menjalani operasi gigi geraham bungsu. Namun, semua tergantung pada seberapa rumit impaksi gigi Anda. Ada juga pasien yang harus menjalani rawat inap karena mengalami beberapa kendala setelahnya.

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Kota Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

 

Penulis oleh Drg.Arnof