Ongkos Bersihin Karang Gigi Depok

Ongkos bersihin karang gigi depok

Ongkos bersihin karang gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Tahukah kalian, karang gigi adalah salah satu masalah yang sering disepelekan. Padahal jika kita telaah lebih dalam organ gigi dan mulut menjadi satu kesatuan dalam tubuh kita. Keduanya tentu perlu dijaga dengan baik, dikarenakan apabila salah satunya mengalami masalah hal tersebut dapat mengganggu keberlangsungan sistem kerja satu sama lainnya hingga dapat menimbulkan beberapa komplikasi penyulit berupa peradangan pada gusi dan jaringan sekitarnya.

Perlu diingat bahwa munculnya karang pada gigi bukan hanya dapat mengganggu senyum indahmu saja akan tetapi dapat juga mengganggu bau nafas dan kesehatan gigi dan mulutmu. Mengapa karang gigi bisa menyebabkan gangguan penampilan dan kesehatan gigi dan mulut kita? Hal ini dikarenakan pada dasarnya karang gigi merupakan lapisan plak yang berasal dari sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel pada enamel gigi dan lama kelamaan mengalami pengerasan.

Karang gigi ini umumnya bertekstur kasar dan berwarna lebih gelap dari lapisan enamel gigi sehat kita selain itu karang gigi ini juga menjadi salah satu rumah untuk berkembang biak dari bakteri jahat, sehingga inilah yang menyebabkan karang gigi dapat mengakibatkan beberapa masalah yang disebutkan diatas tadi.

Membersihkan Karang Gigi

Ongkos bersihin karang gigi depok – Perawatan harian seperti menyikat gigi memang menjadi cara yang mudah dan sederhana dalam merawat gigi, namun dengan menyikat gigi saja tidak dapat menghilangkan karang gigi yang sudah terlanjur mengeras. Sehingga diperlukan cara lain untuk dapat membersihkan karang gigi tersebut. saat ini sudah ada metode medis yang aman untuk menghilangkan karang gigi yaitu dengan scaling gigi.

Scaling gigi adalah prosedur perawatan gigi non-bedah yang bertujuan untuk menghilangkan karang pada permukaan gigi dan sela-sela gusi. Dalam prosedurnya perawat scaling akan menggunakan alat khusus yang disebut scaler. Saat ini telah terdapat dua jenis scaler, baik itu yang manual maupun ultrasonic. Untuk jenis scaler manual, alat ini akan mengangkat plak dan karang gigi dengan gerakan dan tumpuan (fulcrum) alat pada permukaan gigi.

Biasanya scaler manual akan digunakan untuk karang gigi dan plak dalam jumlah sedikit, atau pada area gigi individu yang sangat sensitif terhadap rasa ngilu hal ini karena sifatnya yang manual tentu akan membuat dokter lama dalam mengerjakannya serta pasien juga lelah untuk selalu membuka mulutnya. Sedangkan alat scaler ultrasonic menggunakan getaran untuk membersihkan karang gigi terutama pada kasus karang gigi yang luas dan tebal. Untuk lebih jelasnya mengenai scaling, mari kita simak uraian dibawah ini!

Apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan scaling gigi?

Ongkos bersihin karang gigi depok– Sebenarnya untuk melakukan scaling gigi. kita tidak perlu menyiapkan persiapan khusus akan tetapi, beberapa hal ini dapat kamu lakukan sebelum melakukan scaling tapi semua ini bertujuan demi kenyamanan kamu sendiri, hal-hal berikut yaitu:

  • Makan dan minum yang cukup, hal ini dikarenakan setelah scaling mungkin kamu akan merasakan rasa tidak nyaman dengan gigi kamu sehingga akan berefek saat gigi digunakan untuk makan. Maka dari itu demi kenyamanan kamu bisa mengantisipasinya dengan cara makan terlebih dahulu sebelum melakukan scaling gigi.
  • Menyikat gigi sebelum berangkat ke dokter gigi, ini baik dilakukan untuk sekaligus membersihkan sisa makanan yang baru selesai kamu makan sebelum scaling.
  • Hentikan konsumsi obat apapun sebelum melakukan scaling gigi, sebenarnya hal ini lebih diperhatikan apabila kamu adalah seseorang yang rutin mengkonsumsi obat seperti pengencer darah. Hal ini dikarenakan obat tersebut dapat membuat darah sukar membeku saat terjadi pendarahan. Meskipun dalam prosedur scaling ini akan terjadi pendarahan yang minimal seorang dokter harus tetap meminimalkan risiko yang akan terjadi. Kamu Pun sebagai pasien tentu tidak ingin mengalami pendarahan hebat saat scaling bukan?
  • Beri tahukan dokter gigi bila kamu punya alergi terhadap obat bius atau obat-obatan jenis lain karena cara ini baik untuk mencegah terjadinya reaksi alergi terhadap obat yang nanti akan digunakan.
  • Beritahukan semua riwayat penyakitmu, terutama jika kamu memiliki penyakit jantung, katup jantung, atau pernah melakukan transplantasi katup jantung buatan maupun organ lainnya.

Apa yang harus dilakukan setelah selesai scaling gigi?

Ongkos bersihin karang gigi depok – Setelah prosedur scaling gigi selesai, kamu bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan demi kenyamanan setelah selesai scaling, yaitu:

  • Hindari makan atau minum apa pun dalam rentang 30-60 menit ke depan, hal ini untuk mengantisipasi rasa tidak nyaman pada gigi dan gusi setelah scaling, dikarenakan scaling umumnya dapat menyebabkan sedikit rasa ngilu yang ini dapat hilang dengan cepat.
  • Pilih makanan yang teksturnya lembut dan mudah dikunyah seperti kentang tumbuk, roti, atau bubur, hindari beberapa makanan seperti: Makanan yang teksturnya keras karena bisa menekan permukaan gigi dan merusak hasil scaling, Makanan dan minuman manis, seperti permen atau soda, Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, supaya gigi tidak ngilu setelah scaling
  • Menyikat gigi dengan lembut minimal dua kali sehari (pagi dan malam)
  • Rajinlah menggunakan flossing gigi untuk menjaga kebersihan sela-sela gigimu
  • Hindari merokok untuk mencegah timbunan plak pada gigi yang telah di-scaling.
  • Buatlah jadwal kunjungan selanjutnya untuk mengontrol kondisi gigi dan mulut serta memastikan tidak ada permasalahan gigi dan mulut maupun risiko komplikasi minimal tiap 6 bulan sekali.

Temukan perawatan scaling yang sesuai kantongmu

Ongkos bersihin karang gigi depok – Seperti kata pepatah “sehat itu mahal”. Umumnya untuk sekali melakukan perawatan scaling gigi, memang tidaklah murah, biaya yang dikeluarkan dapat berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 400.000. Perbedaan harga ini tentunya berbeda antar tempat scaling baik itu di puskesmas, klinik, dokter gigi, atau rumah sakit. Selain itu faktor lain seperti jenis alat scaler yang digunakan, tebal dan luasnya karang gigi yang hendak dibersihkan serta penyulit yang mungkin ada dalam prosedur scaling dapat mempengaruhi harga.

Terlebih apabila kamu bukan pengguna BPJS Kesehatan. Ya benar sobat, dengan BPJS Kesehatan kamu bisa mendapatkan scaling gratis satu kali dalam setahun, lumayang bukan? Namun tentunya ini bisa digunakan hanya pada fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera dalam kartu keanggotaan BPJS kalian masing-masing. Untuk prosedurnya kamu hanya cukup datang membawa kartu BPJS untuk melakukan scaling gigi, mudah bukan?

Nah, itu tadi adalah beberapa ulasan singkat mengenai scaling gigi, jika kamu sebelumnya ragu dan saat ini sudah mantap untuk melakukan scaling, kamu bisa segera datang ke dokter gigi kepercayaanmu ya. “Ingat sehat memang mahal, tapi sungguh sakit akan tambah mahal dan lebih tidak nyaman” sekian terima kasih.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezzanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya ya)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg Arnof