Olahraga Maraton (Endurance) & Kesehatan Gigi – Part 2

Olahraga Maraton (Endurance) & Kesehatan Gigi – Part 2

Global Estetik – Faktanya adalah saliva berubah selama latihan daya tahan. Alasan utama untuk perubahan itu adalah mulut kering. Selama latihan keras, berlari atau berenang, misalnya, Anda umumnya bernapas melalui mulut Anda. Saat sesi latihan berlangsung, mulut Anda mengering, penurunan kualitas air liur dan aliran air liur melambat, bahkan berhenti!

Olahraga Maraton & Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Olahraga Maraton & Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Atlet tahu fenomena ini yang disebut sebagai mulut kapas, dan ya, itu bisa terjadi pada perenang juga. Laju air liur yang lebih rendah menurunkan kemampuan mulut untuk melawan bakteri pembentuk asam, dan menjaga dirinya tetap bersih. Tambahkan bar dan minuman energi bergula, dikonsumsi terus selama latihan panjang dan panggung untuk kerusakan gigi akan semakin besar. Gigi kini tidak berdaya terhadap efek asam yang dihasilkan oleh bakteri berbahan bakar gula.

Manfaat kesehatan dari latihan kardiovaskular jauh lebih besar daripada kerugiannya. Anda dapat secara signifikan mengurangi keseluruhan faktor risiko kerusakan gigi hanya dengan membuat beberapa perubahan mendasar pada bagaimana dan kapan Anda mengisi “bahan bakar:, dan bagaimana Anda merawat mulut dan gigi saat Anda tidak berolahraga. Berikut beberapa kiat yang benar-benar dapat mengubah keadaan tersebut:

  • Tetap terhidrasi dan jika Anda seorang pelari lintas negara atau jarak, pertimbangkan untuk meningkatkan asupan garam Anda, yang memungkinkan tubuh Anda untuk mempertahankan jumlah air;
  • Pilih bar energi dan minuman Anda dengan hati-hati. Cherry-pick bahan bakar latihan yang rendah gula dan asam, dan cobalah untuk tidak mengambil teguk atau gigitan dari yang manis-manis selama latihan;
  • Bilas mulut Anda dengan air jika Anda harus cepat mengonsumi bar dan minuman manis. Stasiun bantuan di 5k atau setengah maraton Anda mungkin memiliki pilihan minuman olahraga atau air. Ambil satu dari masing-masing, lalu bilas dengan air dan ludah saat Anda pergi;
  • Olahraga Maraton & Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
    Olahraga Maraton & Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

    Pengisian energi alternatif dengan permen karet bebas gula selama latihan Anda dan pop mint bebas gula dengan xylitol sesudahnya untuk mengimbangi bakteri dan memungkinkan kelenjar air liur Anda untuk mulai bekerja kembali.

  • Tanyakan kepada dokter gigi tentang perawatan sealant dan fluoride. Beri tahu dokter gigi pilihan Anda bahwa Anda adalah atlet ketahanan dan kami dapat mendiskusikan berbagai cara untuk membantu Anda mencegah kerusakan gigi sejak awal;
  • Sikat dan floss setidaknya dua kali sehari. Jika mulut Anda merasa kering terutama setelah latihan, sikat dan floss setelahnya.

Menambahkan beberapa menit tambahan dalam upaya kebersihan mulut ke dalam latihan harian jauh lebih mudah daripada menyelesaikan setengah maraton. Tetapi ukuran perhatian ekstra itu dapat memastikan gigi Anda tetap sehat dan terkondisi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat